Rekomendasi Bootcamp: Digital Skola VS Bootcamp Lain

digitalskola

digitalskola

8 Juni 2022

          Rekomendasi Bootcamp (Photo by John Schnobrich on Unsplash)

Di era serba digital seperti sekarang, kemampuan akan teknologi bukan lagi menjadi nilai plus melainkan menjadi hal yang wajib dimiliki. Apalagi, seiring dengan perkembangan teknologi, lingkup dunia pekerjaan juga ikut menjadi serba digital. Ada banyak contoh dari kemampuan digital yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, diantaranya Digital Marketing, Full Stack Developer, Data Engineer, Data Science, dan masih banyak lagi. Tidak heran banyak orang mencari informasi mengenai cara belajar skill digital maupun rekomendasi bootcamp.

Berbicara mengenai Digital Marketing, tak cukup hanya mahir menggunakan berbagai media sosial, tapi kemampuan Digital Marketing meliputi pengoptimalan pengenalan merek hingga penjualan menggunakan media digital yang bisa menjangkau konsumen secara tepat (Sumber: Marketo)

Faktanya, saat ini ada banyak sekali lowongan pekerjaan untuk Digital Marketer, dengan gaji yang ditawarkan perusahaan pun sangat menggiurkan, mulai dari ​​Rp. 4,769,229 per-bulan (Sumber: Indeed). Sayangnya ketersediaan digital talent yang memiliki kemampuan Digital Marketing tidak sebanding dengan banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia. 

Tak bisa dipungkiri, kemampuan Digital Marketing untuk berkarier di industri digital tidak akan sepenuhnya kamu dapatkan saat mengambil pendidikan formal. Namun, kamu tetap bisa mempelajari skill ini melalui berbagai cara mulai dari otodidak dari berbagai sumber gratis di internet hingga mengikuti pelatihan atau bootcamp. Untuk kamu yang kesulitan belajar secara otodidak, mengikuti bootcamp bisa menjadi jalan pintas terbaik. Dari sekian banyak bootcamp yang ada, rekomendasi bootcamp terbaik mana yang bisa membimbing kamu menjadi Digital Marketer Profesional? Digital Skola adalah jawabannya!

Berbeda dengan bootcamp lain, Digital Skola memiliki banyak keunggulan dari berbagai aspek yang bisa membantu perjalanan kariermu menjadi Digital Marketer lebih terarah. Apa saja perbedaan Digital Skola dengan bootcamp lain? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Bootcamp Digital Marketing Terlengkap dari Digital Skola

Apa itu Digital Skola?

Digital Skola adalah bootcamp yang menyediakan kursus digital skills secara daring seperti kursus Digital Marketing, Data Engineer, Data Science, Full Stack Developer, dan kelas digital skills lainnya. Saat ini, Digital Skola menyediakan bootcamp untuk umum dan perusahaan. Oleh karena itu, peserta Digital Skola berasal dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa, pengusaha, hingga profesional di berbagai industri.

Jika selama ini kamu khawatir tidak bisa beralih karier menjadi digital talent, maka rekomendasi bootcamp yang cocok adalah Digital Skola. Kamu yang tidak memiliki latar belakang apapun, tetap bisa memiliki kemampuan digital, dan meraih karier impianmu. 

Apa Bedanya Digital Skola dengan Bootcamp Lain?

Salah satu kelas yang Digital Skola sediakan adalah Digital Marketing. Memang ada banyak bootcamp lain yang menyediakan kursus Digital Marketing juga, namun Digital Skola tetap menjadi rekomendasi bootcamp terbaik untuk para calon Digital Marketer. Ada banyak aspek yang menjadi nilai tambah dan pembeda antara kelas Digital Marketing Digital Skola dengan bootcamp lain, diantaranya: 

Sertifikat

Digital Skola akan memberikan kamu 2 sertifikat, yaitu sertifikat BNSP dan sertifikat dari Digital Skola. Sedangkan, bootcamp lain hanya memberikan 1 sertifikat saja yaitu sertifikat keikutsertaan. Bukan rahasia lagi, sertifikat BNSP merupakan sertifikasi nasional yang penting untuk karier. Sertifikat BNSP bisa memperkuat dan melegitimasi keahlian yang kamu miliki. 

Namun, apabila kamu merasa tidak memerlukan sertifikat BNSP, Digital Skola tetap menjadi rekomendasi bootcamp yang pas, karena Digital Skola juga menyediakan kelas Digital Marketing tanpa sertifikasi BNSP.

Jenis Peserta

Berbeda dengan bootcamp lain yang jumlah peserta dalam satu kelasnya sampai ratusan orang, Digital Skola membatasi jumlah peserta yaitu maksimal 30 di setiap batch. Oleh karena itu, kelas Digital Marketing di Digital Skola lebih efektif dibandingkan dengan bootcamp lain. Benefit lainnya dari kelas Digital Skola yang dibatasi jumlah pesertanya adalah kelas akan lebih fokus pada diskusi antara tutor dan peserta, oleh karena itu komunikasi dalam kelas akan berjalan secara dua arah sehingga pemahaman lebih optimal. Sebaliknya, karena bootcamp  lain tidak membatasi jumah peserta, maka pembelajaran akan bersifat satu arah dan materi yang disampaikan pada umumnya tidak dapat diserap secara optimal oleh seluruh peserta.

Kurikulum

Kurikulum merupakan aspek yang sangat penting saat memilih bootcamp Digital Marketing. Bootcamp lain hanya memberikan materi parsial saja, dipilih sesuai poin-poin yang dirasa wajib dikuasai dalam digital marketing. Sementara itu, Digital Skola memberikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri, dan tentunya materi yang disediakan sangat lengkap (komprehensif) dan kamu akan belajar mulai dari basic stage, strategic and technical stage, final stage and career preparation. 

Proses Belajar

Bagaimana rasanya jika kamu ikut bootcamp tapi saat kelas hanya fokus pada teori saja? Pasti tidak efektif, ya! Nah, berbeda dengan bootcamp lain yang hanya fokus pada teori saja, proses belajar di Digital Skola meliputi teori, praktik, dan review, oleh karena itu saat kamu belajar Digital Marketing di Digital Skola tak hanya memahami teori kamu juga akan bisa mengaplikasikannya di dunia kerja.

Setiap sesi kelas Digital Marketing Digital Skola fokus pada praktik tools maupun konsep yang diajarkan. Kamu bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat bersama teman-teman sekelas, sekaligus didampingi tutor dalam prosesnya. Hal ini akan membuat latihan lebih terarah dan ketepatan pemahaman menjadi lebih terjamin.

Pendamping Belajar

Saat mengikuti bootcamp, pastinya kamu membutuhkan “support system” yang bisa membantu proses belajar di kelas. Bootcamp lain tidak menyediakan support system tersebut, sedangkan Digital Skola menyediakan Class Representative yang siap membantu kamu saat proses belajar di kelas. Apapun pertanyaan, keluhan, atau hal-hal yang kamu butuhkan selama kelas, Class Representative akan dengan sigap membantu mengatasi dan menyediakannya. Tak hanya itu, Digital Skola juga menyediakan konsultasi tutor, jadi jika kamu merasa ada materi yang kurang dipahami, kamu bisa kapan saja menanyakan kepada tutor. 

Baca juga: Rekomendasi Kursus Digital Marketing (Gratis & Berbayar)

Review Session Project

Lagi-lagi Digital Skola memiliki nilai tambahan untuk kamu masukan ke list rekomendasi bootcamp Digital Marketing. Di saat bootcamp lain hanya memberikan project saja, Digital Skola memberikan project dan memberikan sesi review untuk project yang dikerjakan oleh kamu. Di sesi tersebut, kamu akan mendapatkan review langsung dari tutor dan memastikan kecocokan tugas yang dikerjakan dengan arahan dari tutor. Sesi ini akan membantu kamu untuk “keep on track” saat mengerjakan project.

Professional Branding

Salah satu penunjang untuk kamu bisa mendapatkan pekerjaan di era digital adalah dengan membangun Linkedin yang menarik dan profesional. Digital Skola akan membantu kamu untuk membangun professional branding agar profil kamu makin menarik bagi para recruiter. Tentunya, fasilitas ini tidak akan kamu temukan di bootcamp lain. 

Career Coaching & Mentoring

Di saat bootcamp lain memberikan sesi career coaching & mentoring secara bersamaan dan terdiri dari seluruh peserta kelas, Digital Skola memberikan fasilitas sesi career coaching & mentoring one on one alias satu per satu antara praktisi HR dengan siswa. Tentunya, kamu akan mendapatkan insight yang lebih lengkap, sesi konseling yang lebih personal terkait proses interview dan persiapan karier. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan insight dari para tutor Digital Marketing tentang karier di dunia Digital Marketing. 

Baca juga: Riset: Ada 7 Langkah Memulai Karier Digital Marketer

Magang

Setelah mempelajari ilmu Digital Marketing, maka tidak lengkap jika kamu tidak mempraktekkan ilmu tersebut di dunia pekerjaan. Digital Skola memberikan fasilitas magang yaitu online remote internship bersama real client atau bisnis. Ini akan menjadi nilai tambahan untuk pengalaman kamu karena sudah pernah bekerja secara langsung di klien atau bisnis yang real. Tentunya, fasilitas ini tidak disediakan oleh bootcamp lain.

Portofolio

Salah satu hal yang menjadi penunjang kamu untuk mendapatkan pekerjaan adalah portofolio. Portofolio akan menunjukan kemampuan kamu dan membantu kamu lebih menonjol dibandingkan kandidat lain. Digital Skola memberikan fasilitas kepada siswa untuk membuat Portofolio Fullstack Digital Marketing dan selama pembuatan portofolio akan didampingi oleh tutor. Bootcamp lain akan mengarahkan siswa untuk membuat portofolio sendiri tanpa didampingi tutor.

Dari semua kelebihan Digital Skola dibandingkan bootcamp lain, menunjukan bahwa Digital Skola merupakan rekomendasi bootcamp terbaik untuk kamu yang sedang ingin mempelajari digital skills seperti Digital Marketing, dengan harga terbaik, kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, dan fasilitas penunjang lainnya, kamu akan siap mewujudkan mimpimu menjadi seorang Digital Marketer Profesional. Mulai perjalanan kariermu dengan mengklik tombol di bawah ini:

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat