Kursus Full Stack Developer yang Cocok Bagi Pemula

digitalskola

digitalskola

17 Oktober 2021

kursus full stack developer
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Perjalanan menjadi seorang Full Stack Developer adalah proses yang panjang dan tidak mudah. Kamu harus memiliki kemampuan di bidang terkait profesi ini dan mampu bersikap detail ketika mengerjakan suatu proyek. Dalam mencapai kesuksesan sebagai seorang profesional, kamu tidak akan lepas dari keharusan menempuh proses belajar dan mengasah skill semaksimal mungkin. Selain menambah wawasan melalui buku, website, maupun podcast, ilmu terkait bidang ini juga dapat diperoleh melalui kursus Full Stack Developer yang tersedia secara gratis maupun berbayar.

Bagi seorang pemula, kursus gratis masih menjadi incaran yang populer dan punya banyak peminat. Namun, sebelum mulai mencari kursus full stack developer terbaik, kamu harus memahami fondasi ilmunya terlebih dahulu. Tentu akan terasa sulit untuk mempelajari dan mengerjakan proyek kompleks ketika kamu belum menguasai praktik CSS atau HTML sebagai dasar dari full stack development. Oleh karena itu, kursus gratis adalah upaya awal yang baik dalam meningkatkan kapabilitas belajar sekaligus mempersiapkan diri sebagai tenaga kerja andal di bidang tersebut.

Terkadang, kamu merasa kebingungan mencari kursus yang cocok dipelajari sesuai level keahlianmu. Tidak perlu kebingungan lagi karena ada beberapa rekomendasi kursus bagi pemula dalam bidang full stack development. Dengan begitu, penguasaan keahlian teknis jadi lebih efektif untuk dipelajari secara aktif dan berkelanjutan.

Kursus Full Stack Developer yang Cocok Bagi Pemula

Skillshare – Full stack Web Developer Course

Kursus untuk pemula yang satu ini akan memberikan gambaran dan pengenalan mendalam seputar dunia web development masa kini. Hingga saat ini, ada lebih dari 2.000 peserta kelas yang ikut belajar dan meningkatkan kapabilitasnya di dunia full stack development. Instruktur yang bertugas untuk mengajar di kursus ini adalah Andrei Neagoie. Ia adalah seorang software developer yang punya pengalaman luas untuk mengembangkan produk-produk inovatif  di Silicon Valley. Ya, kamu berada di tangan pengajar yang luar biasa!

Kursus ini berdurasi sekitar 4 jam dengan 49 modul belajar yang telah dirancang secara terstruktur dan menyesuaikan keperluan industri. Beberapa diantaranya termasuk tools yang umum ditemui di dunia frontend dan backend development, antara lain CSS, HTML, Flexbox, JavaScript, PostgreSQL, Node.js, hingga git dan GitHub. Selain itu, kamu juga belajar mengoperasikan tools-tools tersebut berdasarkan scalable infrastructure, security, deployment, dan lain-lain. Bila tergolong pengguna baru, kamu berkesempatan untuk mendapatkan akses kursus gratis selama 1 bulan.

Udacity – Full Stack Web Developer

Jika kamu sudah memiliki pengalaman untuk mengoperasikan Python dan berminat menjadi Full Stack Developer, pertimbangkan mendaftarkan diri di kursus Nanodegree ini. Ada lebih dari 450 ulasan positif dengan rating kursus sebesar 4,6/5. Melalui kursus ini, kamu akan diajar oleh tim web developer ahli yang terdiri dari Caryn McCarthy, Amy Hua, Gabriel Ruttner, hingga Kennedy Behrman. Semuanya punya pengalaman yang cukup panjang dalam dunia pembangunan aplikasi full stack.

Selama 4 bulan, kamu akan menghabiskan waktu belajar di level pemula. Kamu dapat mempelajari hal-hal penting yang diperlukan dalam membangun aplikasi berdasarkan kasus atau kebutuhan perusahaan. Beberapa diantaranya termasuk SQL dan data modelling untuk web, API development dan documentation, identity access management, server deployment, hingga containerization. Tidak hanya belajar proyek secara langsung, kamu juga berpeluang menerima career coaching dari para ahli di bidangnya.

Coursera – Full Stack Web and Multiplatform Mobile App Development

Kursus Full Stack Development ini cocok untuk kamu yang merasa nyaman ketika mengoperasikan CSS, HTML, serta JavaScript. Instruktur yang mengajar di kursus ini adalah Jogesh K. Muppala, seorang profesor computer science di Hong Kong University of Science and Technology. Jogesh juga telah memberikan akses pembelajaran kepada lebih dari 350 ribu siswa dari seluruh dunia melalui 12 kursus yang sudah dipublikasikan lewat Coursera.

Selama 5 bulan program pembelajaran level menengah, kamu akan memperoleh 5 modul pelajaran mengenai keterampilan yang harus dimiliki seorang Full Stack Developer. Modul ini sudah termasuk framework frontend berupa Angular dan Bootstrap-4, Ionic Cordova, NativeScript bagi aplikasi seluler, Node.js, dan lain-lain. Coursera juga menghadirkan pembagian sertifikat di akhir kursus setelah membayarkan sejumlah biaya sebagai persyaratannya.

BACA JUGA: Mengenal Pendekatan Microservices dalam Full Stack

Udemy – The Complete Full-Stack JavaScript Course

Apakah kamu sedang mempelajari web development dan mencari proyek JavaScript untuk menguasai bahasa pemrograman tersebut? Kursus dari Udemy adalah jawabannya. Kursus online ini menghadirkan Joseph Delgadillo dan Nick Germaine sebagai instruktur terbaik untuk memandu kamu selama proses belajar. Joseph merupakan seorang pemilik e-learning company, JTDigital. Ia memiliki hampir 1 juta siswa di Udemy. Sedangkan, Nick telah memberikan pembelajaran kepada lebih dari 755 ribu siswa dengan peringkat cukup memuaskan.

Selama 24 jam, kamu akan berkutat dengan dunia JavaScript disertai level kursus tingkat menengah. Berbagai modul JavaScript yang akan kamu temui adalah ReactJS, NodeJS, Redux, UI material, REST API, hingga socket programming. Kamu juga berkesempatan mengerjakan dan menyelesaikan tiga proyek secara langsung untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Bila ingin mendapatkan akses seumur hidup, kamu dapat melakukan pembayaran total dengan diskon hingga 86% agar lebih hemat.

Simplilearn – Full Stack Web Developer: MEAN Stack

Simplilearn adalah salah satu dari sekian banyak penyedia kursus yang menawarkan program kelas online Full Stack Developer layaknya belajar gelar Magister. Jika ingin mendalami full stack development selama satu tahun disertai pengalaman belajar yang berkesan, jangan lewatkan kursus satu ini. Instruktur yang akan menemani proses pembelajaran merupakan tim ahli industri yang telah diseleksi langsung oleh Simplilearn. Dengan begitu, serangkaian ilmu yang kamu terima akan terus terjaga bersama para ahli berkualitas.

Program tingkat pemula ini akan memberikan waktu belajar hingga 12 bulan. Terdapat lebih dari 15 software development tools yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek model apa pun. Beberapa diantaranya adalah Agile, HTTP, HTML, Angular, Express.js, Docker, MongoDB, Node.js, dan lain-lain. Setelah menyelesaikan pembelajaran, kamu berpeluang memperoleh sertifikat kelulusan yang berpengaruh bagi karier di masa mendatang. Selain itu, ada juga fasilitas career coaching bersama instruktur dari Simplilearn.

Treehouse – Full-stack JawaScript Techdegree

Program Techdegree yang disediakan oleh Treehouse dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai JavaScript melalui implementasi proyek langsung. Kursus ini dapat menjadi batu loncatan dalam mendukung karier sebagai ahli software di masa depan sebagai Full Stack Developer. Tim Treehouse yang berperan sebagai instruktur merupakan developer berpengalaman dengan keahlian di bidang yang beragam. Contohnya adalah Python, web dan game development, HTML, serta JavaScript.

Sebagai kursus Full Stack Developer bagi pemula, kamu akan mengerjakan sembilan proyek berbeda mengenai macam-macam topik sesuai kebutuhan. Beberapa proyek yang akan ditemui adalah membangun random quote generator, list pagination and filtering, interactive form, public API requests, React gallery app, SQL library manager, dan lain-lain. Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memahami dan menguasai dasar-dasar development. Uji coba gratis dari Treehouse berlangsung selama 7 hari dan bisa diakses secara maksimal.

BACA JUGA: Full Stack Developer Roadmap: Dari Pemula ke Profesional

Codecademy – Web Development (Career Path)

Codecademy mengembangkan program Career Path yang mengajarkan seluruh keterampilan sesuai kebutuhan industri masa kini. Semuanya diperlukan untuk menjadi developer profesional, baik dalam hal memulai jenjang karier sampai membangun portofolio mengesankan. Program ini menawarkan pembelajaran dari nol sehingga tidak perlu khawatir bila belum berpengalaman untuk mempelajarinya. Codecademy juga telah menghadirkan ahli industri terkemuka sebagai instruktur dalam bidang pemrograman serta web development.

Seorang pemula bisa menyelesaikan kursus ini dalam waktu 30 minggu. Berbagai teknologi development ikut dipelajari, seperti JavaScript, Node.js, SQL, Express.js, dan React. Career Path tersedia secara gratis dan terbatas. Namun, kamu bisa mendapatkan versi Pro bila ingin membayar sejumlah nominal berdasarkan paket yang tersedia.

Daftar kursus Full Stack Developer gratis di atas dapat kamu pertimbangkan sebagai pemula maupun pembelajar tingkat menengah. Berbagai kelebihan dan manfaat wawasan akan kamu peroleh dalam mendukung persiapan karier sebagai Full Stack Developer profesional. Pastikan kamu memanfaatkan fasilitas yang tersedia melalui masing-masing kursus gratis online di atas.

Ingin belajar Full Stack Developer secara intensif selama 3,5 bulan dengan harga terjangkau? Belajar sekarang di Bootcamp Fullstack Developer dan dapatkan pembelajaran menyeluruh sebagai persiapan di dunia kerja secara intensif, optimal, dan berbasis pada praktik.