Portofolio Python: Definisi Hingga Panduan Lengkap 

digitalskola

digitalskola

2 September 2022

Portofolio Python
Portofolio Python (Photo by Dean Pugh on Unsplash)

Portofolio Python menjadi salah satu persyaratan wajib yang harus dimiliki oleh talenta digital yang tertarik berkarier di bidang programming. Portofolio menjadi sebuah pembuktian dari hasil kerja dan kemampuan yang dimiliki. Tak hanya itu, banyak juga talenta digital yang merancang portofolionya untuk mendapatkan klien secara mandiri alias bekerja sebagai freelancer. Biasanya, portofolio Python dibuat dalam berbagai macam bentuk, misalnya lewat website atau juga berbentuk file

Salah satu bahasa pemrograman yang populer digunakan oleh banyak programmer di dunia adalah Python, yaitu bahasa pemrograman high level yang digunakan di bidang data science, data analyst, hingga application development. Saking populernya, Python menempati posisi kelima bahasa pemrograman paling banyak digunakan oleh developer dengan persentase 31.7% (Sumber: SQLizer). Umumnya, Python digunakan untuk berbagai macam program seperti IoT (Internet of Things), game, aplikasi mobile, web, dll. 

Menariknya, Python jadi salah satu bahasa pemrograman yang disarankan untuk dipelajari oleh pemula. Alasannya, bahasa pemrograman satu ini dikenal sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari karena bersifat interpretatif dan strukturnya mudah dipahami. Jika menguasai bahasa pemrograman Python, kamu bisa memiliki berbagai pilihan karier mulai dari Python developer, web developer, software engineer, data analyst, data scientist, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana cara membuat portofolio Python yang menarik dan profesional? Simak terus artikel ini!

Baca juga: SQL VS Python: Mana yang Lebih Baik?

Portofolio Python: Isi Portofolio

Portofolio Python
Portofolio Python (Photo by Fotis Fotopoulos on Unsplash)

Jika kamu ingin mendapatkan karier impian sebagai Python developer, web developer, software engineer, data analyst, data scientist, dll, membuat CV saja tidak cukup, kamu juga perlu membuat portofolio yang profesional dan menarik agar bisa terlihat lebih unggul dari pelamar lainnya. Karena umumnya, perusahaan akan menilai kemampuan dan potensi dari portofolio yang kamu lampirkan. Misalnya, kamu melamar ke pekerjaan yang memerlukan keahlian dalam bahasa pemrograman Python, maka recruiter akan melihat berbagai project dari portofolio yang membuktikan keterampilan kamu dalam bahasa pemrograman Python. 

Tak cukup hanya menulis keahlian bahasa pemrograman yang dikuasai, kamu juga harus menunjukan secara jelas seberapa mahir kamu dalam pengkodean Python. Biasanya, portofolio Python berisi:

Identitas Pribadi

Tentunya, saat membaca portofolio recruiter atau klien ingin mengenal siapa orang di balik portofolio tersebut. Oleh karena itu, apapun bentuk portofolio yang kamu buat baik itu berbentuk web atau file, awali portofolio kamu dengan halaman identitas pribadi atau biasa disebut bagian about me. Pada bagian ini, kamu harus memperkenalkan diri sebagai individu dan memberikan informasi mengenai pengalaman kerja profesional. Singkatnya, bagian identitas pribadi merupakan personal brand story di mana recruiter atau klien bisa mengenal kamu lebih dalam. Hal-hal harus kamu cantumkan pada bagian ini diantaranya:

  1. Nama lengkap
  2. Foto profesional
  3. Biografi singkat
  4. Keahlian 
  5. Pengalaman profesional 
  6. Media sosial yang dimiliki

Project yang Sudah Dikerjakan

Bagian ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting, kamu bisa memperlihatkan berbagai project unggulan yang pernah kamu kerjakan dan pastikan project terlihat semenarik mungkin agar recruiter bisa menilai dengan baik kemampuanmu dalam menggunakan bahasa pemrograman Python. Selain menaruh bukti berupa screenshot dari project yang dikerjakan, kamu juga harus mencantumkan tautan project yang ditempatkan di GitHub atau platform development lainnya agar recruiter bisa melihat dengan detail. 

Dalam portofolio Python setidaknya kamu harus memperlihatkan beberapa hasil project diantaranya:

  1. Membuat landing page sederhana dengan bahasa pemrograman Python menggunakan Flask sebagai frameworknya
  2. Optimasi sistem website menggunakan bahasa pemrograman Python
  3. Mengembangkan front-end dan back-end dalam satu project kerja menggunakan berbagai fitur menarik dan fungsional

Informasi Kontak

Terakhir tak kalah penting, cantumkan informasi kontak sedetail mungkin agar recruiter atau calon klien bisa menghubungi untuk menggunakan jasa kamu. Pada umumnya, dalam bagian ini mencantumkan informasi:

  1. Alamat email
  2. Profil Linkedin
  3. Profil GitHub
  4. Media sosial lainnya

Namun, perlu diingat jika kamu mencantumkan media sosial, pastikan username media sosial profesional dan relevan dengan pekerjaan. 

Portofolio Python: Tips Menyusun 

Portofolio Python
Portofolio Python (Photo by Max Dujiz on Unsplash)

Setelah mengetahui hal yang harus ada di portofolio, kamu juga harus paham beberapa tips untuk bisa menyusun portofolio yang menarik dan profesional, diantaranya: 

Platform 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa membuat portofolio Python dalam dua bentuk, yaitu:

  1. Membuat situs web sendiri untuk dijadikan portofolio
  2. Membuat portofolio berbentuk file

Jika kamu membuat portofolio Python dalam bentuk web, biasanya kamu harus membayar untuk biaya domain agar bisa membuat URL situs web kamu terlihat lebih profesional. Tak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan berbagai aspek teknis saat membuat dan memelihara situs web portofolio seperti performa web, aksesibilitas, UIUX, dll. Namun, jika kamu memilih untuk membuat portofolio berbentuk file PDF kamu juga harus mencantumkan tautan dalam profil Linkedin, media sosial, atau GitHub yang kamu miliki, jadi tak hanya berisi screenshot hasil project Python tapi kamu juga harus mencantumkan tautan project

Tampilkan Project Terbaik

Alih-alih mencantumkan semua project, kamu cukup mencantumkan project terbaik yang sudah dikerjakan. Setidaknya, dalam portofolio kamu harus mencantumkan kode atau hasil akhir project, contoh kode dan GIF, dan project freelance yang bisa menyoroti keterampilan kamu dalam menggunakan bahasa pemrograman Python. Setelah itu, berikan deskripsi di setiap project yang dicantumkan dan berikan penjelasan mengenai peran kamu dalam setiap project yang dicantumkan. 

Terus Perbarui Portofolio Python

Tentunya, recruiter atau klien ingin mengetahui kompetensi kamu saat ini. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap membuat portofolio Python kamu up-to-date bahkan ketika kamu sedang tidak mencari pekerjaan. Mulailah dengan perbarui portofolio Python setiap kamu menyelesaikan suatu project atau apapun yang bisa relevan dengan portofolio Python.

Kamu bisa menyiapkan portofolio Python sekaligus mempelajari skill bersama short course Python Programming Digital Skola. Selain bantuan tutor expert, kurikulum berbasis industri saat ini, mini project yang bisa dijadikan portofolio, kamu juga akan mendapatkan berbagai fasilitas lengkap lain yang akan mendukung perjalan karier kamu. Penasaran?