Cyber Security Course: Rekomendasi Untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

23 September 2022

Cyber Security Course
Cyber Security Course (Photo by FLY:D on Unsplash)

Cyber security course saat ini mulai banyak dicari oleh talenta digital yang tertarik untuk berkarier di bidang cyber security. Salah satu alasan kepopuleran profesi ini adalah maraknya kasus kebocoran data yang terjadi sehingga perusahaan membutuhkan sosok yang bisa melindungi sistem komputer, aset organisasi, dan aset pengguna terhadap berbagai serangan cyber crime. Menariknya, prospek karier di bidang ini sangat menjanjikan, bahkan gaji yang ditawarkan tak kalah fantastis dibandingkan dengan profesi lainnya di bidang IT. 

Faktanya, kebutuhan akan profesional di bidang cyber crime semakin berkembang pesat, bahkan kebutuhan cyber security di seluruh dunia dalam 1 tahun terakhir meningkat hingga 350%. Tak hanya itu, peneliti di industri cyber security juga memprediksi bahwa dalam lima tahun ke depan jumlah kebutuhan profesional di bidang ini akan semakin meningkat (Sumber: Fortune). Ada beberapa posisi di bidang cyber security yang populer dicari perusahaan diantaranya cyber security analyst, security engineer, security analyst, penetration tester, ethical hackers, information security manager, dan masih banyak lagi (Sumber: TechRepublic).

Namun, untuk bisa berkarier di bidang cyber security setidaknya kamu harus memiliki skill, ilmu, hingga portofolio yang mendukung. Kamu bisa dapatkan semua bekal yang bisa mendukung kamu berkarier di bidang ini dengan mengikuti cyber security course. Apalagi, jika kamu adalah orang yang tidak bisa belajar secara otodidak, maka mengikuti course akan sangat membantu perjalanan meraih karier di bidang cyber security. Salah satu rekomendasi cyber security course Indonesia terbaik adalah Digital Skola. 

Baca juga: Cyber Security Adalah: Definisi dan Prospek Karier

Apa itu Digital Skola?

Digital Skola adalah
Cyber Security Course (Photo by Converkit on Unsplash)

Digital Skola adalah bootcamp yang menyediakan kursus berbagai digital skills secara daring seperti kursus cyber security, digital marketing, data engineer, data science, full stack developer, UI/UX design, copywriting, dan kelas digital skills lainnya. Kelas yang disediakan oleh Digital Skola bisa diikuti oleh siapapun dengan latar belakang apapun mulai dari mahasiswa, pengusaha, hingga profesional di berbagai industri.

Tak hanya menyediakan kelas untuk umum, Digital Skola juga menyediakan pelatihan untuk perusahaan. Menariknya, jika kamu selama ini merasa tidak yakin bisa switch career menjadi digital talent di bidang yang sedang banyak dicari industri saat ini, Digital Skola akan membantu dan membimbing kamu untuk bisa memiliki kemampuan digital dan meraih karier impian. Berbagai fasilitas, kurikulum, portofolio, hingga bimbingangan tutor expert akan membantu siapapun yang ingin berkarier di bidang digital walaupun tidak memiliki latar belakang linear. 

Baca juga: Switch Career: Definisi Hingga Panduan Lengkap 

Mini Bootcamp Cyber Security

Mini Bootcamp Cyber Security Digital Skola
Cyber Security Course (Photo by Bonnie Kittle on Unsplash)

Proyeksi karier cyber security sangat menjanjikan, bahkan berbagai perusahaan mulai dari BUMN, instansi pemerintahan, organisasi non-profit, perusahaan private, dan organisasi skala kecil hingga besar saat ini mencari sosok profesional di bidang cyber security. Oleh karena itu, Digital Skola menyediakan kelas yang bisa diikuti oleh siapapun tanpa latar belakang tertentu. 

Di Mini Bootcamp Cyber Security Digital Skola kamu akan dibimbing untuk memahami pengetahuan dan praktik penetration testing dalam cyber security serta memahami langkah-langkah dan best practice untuk menjadi bug hunter pemula yang baik dan profesional. Melalui kelas ini, kamu akan mampu melakukan penetration testing, membuat dokumentasi hasil temuan kerentanan dalam sebuah laporan (bug bounty report), serta mengkomunikasikan hasil temuan bug kepada pemilik sistem.

Setelah kamu menyelesaikan Mini Bootcamp Cyber Security Digital Skola, setidaknya kamu memiliki 4 peluang karier yang bisa dipilih, diantaranya cyber security dengan rata-rata gaji 11-17 juta/bulan, penetration tester rata-rata gaji 14-18 juta/bulan, security architect rata-rata gaji 8-12 juta/bulan, system security 7-17 juta/bulan, dan freelance bug hunter dengan bayaran sesuai dengan project yang dikerjakan (Sumber: Salary Explorer).

Cyber Security Course: Fasilitas

Fasilitas DIgital Skola
Cyber Security Course (Photo by Dylan Ferreira on Unsplash)

Jika kamu mengikuti Mini Bootcamp Cyber Security Digital Skola, kamu akan mendapatkan banyak fasilitas pendukung yang bisa membantu mempermudah kamu dalam proses pembelajaran, diantaranya:

  1. Sertifikat Digital Skola
  2. Job connector
  3. Learning performance report
  4. Bug bounty report portfolio
  5. 3 mini projects
  6. CompTIA PenTest+ certification
  7. Cybersecurity analyst sharing session
  8. Career coaching and mentoring
  9. Professional branding
  10. Interactive review by tutor
  11. Industry-based curriculum
  12. Focus on practice
  13. Lifetime access to learning ecosystem

Cyber Security Course: Kurikulum

Kurikulum Digital Skola
Cyber Security Course (Photo by Alfons Morales on Unsplash)

Kurikulum merupakan aspek yang sangat penting saat kamu memilih cyber security course. Umumnya, course lain hanya memberikan materi parsial saja yang dipilih sesuai poin-poin yang dirasa wajib dikuasai dalam bidang cyber security. Sementara itu, Digital Skola memberikan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri cyber security saat ini, dan pastinya materi yang diberikan sangat lengkap atau komprehensif sehingga memudahkan kamu untuk menguasai ilmu cyber security secara menyeluruh. Materi yang akan kamu dapatkan di kelas cyber security diantaranya:

  1. Introduction to Penetration Testing
  2. Planning & Scoping
  3. Setup Lab & Information Gathering
  4. Network Mapper (Nmap)
  5. Introduction to Vulnerability Assessment
  6. Nessus & OpenVAS
  7. Introduction to System Exploit
  8. Physical, Wireless & Application-based Security
  9. File Upload, Code Execution & File Inclusion
  10. SQL Injection
  11. Cross Site Scripting (XSS)
  12. Cross Site Request Forgery (CSRF)
  13. Password Cracking
  14. Social Engineering
  15. WebShell & Virus
  16. Post Exploitation & Reporting
  17. HR & Mentor Career Preparation

Cara Daftar

Setelah mengetahui kelebihan, fasilitas, hingga kurikulum, apakah kamu makin tertarik untuk mulai belajar dan terjun ke bidang ini? Mulai perjalanan kariermu dengan mengklik tombol di bawah ini: