SEO Off Page Adalah: Pengertian dan Contoh Terlengkap   

digitalskola

digitalskola

20 Juli 2024

SEO Off page adalah
SEO Off Page Adalah (Photo by NisonCo PR and SEO on Unsplash)         

Kini, online presence jadi salah satu kunci sukses bagi sebuah brand. Apalagi, di era digital seperti saat ini persaingan bisnis semakin ketat, maka dari itu strategi SEO jadi strategi yang tidak bisa diabaikan. Salah satu strategi SEO yang penting untuk dioptimalkan yaitu SEO off page adalah penerapan strategi atau aktivitas di luar situs web yang bisa membantu meningkatkan peringkat dan visibilitas situs di halaman hasil pencarian atau SERP. 

Faktanya, pentingnya strategi SEO off page tidak bisa dianggap remeh, karena tidak hanya membantu meningkatkan peringkat situs di mesin pencari, tapi juga memainkan peran krusial dalam membangun reputasi brand, meningkatkan otoritas domain dan traffic website, bahkan hingga meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Melalui artikel ini, kita akan mengeksplorasi lebih dalam mengenai SEO off page dan perannya yang sangat vital untuk brand yang ingin bertahan dan berkembang di dunia digital.

BACA JUGA: Panduan Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Definisi SEO Off Page 

Definisi SEO Off Page 
SEO Off Page Adalah (Photo by Souvik Banerjee on Unsplash)         

SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website yang kamu kelola. Optimasi strategi SEO off page ini nantinya akan mendukung strategi SEO on page yang berfokus pada perbaikan pada faktor internal di website. Oleh karena itu, meskipun dua strategi ini berbeda, tapi sama-sama penting untuk dioptimalkan oleh brand. 

Berbeda dengan SEO on page yang fokusnya pada mengoptimalkan kualitas konten di website, strategi SEO off page lebih fokus mendorong ranking website dari luar. Singkatkan, SEO off page berfokus mempromosikan website dengan beberapa cara seperti link building, masuk ke forum komunitas, dan mengajak kolaborasi influencer.  

Manfaat SEO Off Page 

Manfaat SEO Off Page 
SEO Off Page Adalah (Photo by Souvik Banerjee on Unsplash)         

SEO off page sangat penting karena membawa banyak manfaat untuk brand, berikut ini diantaranya:

Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Dengan menerapkan strategi SEO off page, brand akan mendapatkan backlink dari situs web yang memiliki otoritas tinggi, ini akan membantu brand meningkatkan peringkat situs di halaman mesin pencari karena mesin pencari seperti Google menganggap backlink sebagai suara untuk situs yang menunjukkan bahwa konten brand memiliki kredibilitas. 

Meningkatkan Traffic dari Traffic Referral

Dengan menerapkan strategi SEO off page, brand akan mendapatkan traffic referral yaitu backlink dari situs lain yang dapat menghasilkan traffic langsung ke situs brand. Ketika pengguna mengklik tautan tersebut, nantinya mereka akan diarahkan situs brand dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah pengunjung. 

Meningkatkan Traffic dari Media Sosial

Strategi SEO off page juga sangat membantu untuk meningkatkan traffic dari visibilitas di media sosial. Aktivitas di media sosial seperti membuat konten yang menarik dan informatif akan menarik perhatian lebih banyak pengguna dan mendorong mereka untuk mengunjungi situs website brand. 

Membangun Otoritas Domain

Dengan mengoptimalkan strategi SEO off page, otoritas domain brand juga akan terbangun karena backlink dari situs web berkualitas tinggi bisa meningkatkan otoritas domain. Bahkan, semakin tinggi otoritas domain maka semakin besar kemungkinan situs brand muncul di posisi teratas mesin pencari.

Membangun Kepercayaan Pengguna

Review positif dan testimoni dari pelanggan di situs review akan membantu meningkatkan reputasi online brand. Reputasi yang baik akan membuat pengguna lebih percaya pada layanan atau produk yang kamu tawarkan.

Meningkatkan Eksposur dan Branding 

Strategi SEO off page akan membantu brand meningkatkan brand awareness dengan memperluas jangkauan konten. Ketika lebih banyak orang melihat dan berbagi konten, maka brand juga akan semakin dikenal. Selain itu, dengan bekerja sama dengan influencer yang memiliki audiens besar dan relevan juga bisa meningkatkan eksposur brand. 

Meningkatkan Relevansi dan Kredibilitas

Berpartisipasi dalam diskusi online, forum, atau komunitas terkait industri akan membantu meningkatkan kredibilitas dan menunjukkan bahwa brand aktif. Selain itu, konten yang dibagikan orang lain juga menunjukkan bahwa konten brand relevan dan memiliki value. 

Meningkatkan Visibilitas di Pencarian Lokal

Dengan mendaftarkan brand di direktori lokal seperti Google My Business atau platform serupa akan sangat membantu brand untuk meningkatkan visibilitas pencarian lokal. Selain itu, jika brand berhasil mendapat review positif dari pelanggan lokal maka akan membantu meningkatkan peringkat pencarian lokal dan menarik lebih banyak pelanggan dari area sekitar.

Meningkatkan Engagement 

Aktivitas di media sosial dapat membantu meningkatkan interaksi dan engagement dengan audiens serta membangun komunitas yang loyal. Selain itu, jika brand bisa mengelola dan menanggapi komentar serta ulasan, itu juga akan meningkatkan interaksi dengan pengguna dan menunjukkan komitmen kamu terhadap layanan pelanggan.

Komponen SEO Off Page 

Komponen SEO Off Page 
SEO Off Page Adalah (Photo by Myriam Jessier on Unsplash)         

Berikut beberapa komponen utama dari SEO off page: 

Backlinks

Mendapatkan backlink dari situs web dengan otoritas tinggi yang relevan dengan industri atau topik brand akan membantu meningkatkan otoritas domain. Perlu diingat, selain kualitas, memiliki sejumlah backlink dari berbagai sumber juga penting agar konten diakui oleh banyak situs.

Social Media Marketing 

Berpartisipasi aktif di platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas konten dan menarik lebih banyak pengunjung. Selain itu, dengan membuat konten yang mudah dibagikan di media sosial juga akan memperluas jangkauan dan menarik lebih banyak backlink. 

Review dan Testimoni

Mendorong pelanggan untuk memberi ulasan positif di situs review seperti Google My Business dan lainnya akan meningkatkan reputasi dan kepercayaan pengguna. 

Guest Blogging 

Menulis artikel untuk blog atau situs web lain dengan tautan ke situs brand juga akan membantu meningkatkan eksposur dan mendapatkan backlink berkualitas.

Content Marketing 

Membuat dan membagikan konten visual yang menarik seperti video atau infografis akan menarik lebih banyak backlink dan share di media sosial.

Forum dan Diskusi Online 

Komponen selanjutnya adalah berpartisipasi di forum terkait industri, memberi jawaban yang berharga, dan menyertakan backlink ke situs brand. Kamu bisa berkontribusi di platform seperti Quora dengan jawaban yang informatif dan relevan.

Listing Lokal

Pastikan saat mendaftar di direktori lokal informasi yang ditulis seperti nama, alamat, nomor telepon, dll konsisten di berbagai platform dan direktori online. 

Influencer Marketing

Bekerja sama dengan influencer yang relevan dengan industri juga merupakan komponen SEO off page yang bisa memperluas jangkauan dan mendapatkan lebih banyak backlink. 

Press Release

Mengeluarkan press release untuk berita atau pengumuman penting terkait bisnis dan menyebarkannya serta membangun hubungan dengan media dan jurnalis untuk mendapatkan liputan media yang bisa memberikan backlink untuk meningkatkan visibilitas.

Bookmarking Social

Menggunakan situs bookmarking sosial seperti Reddit, Digg, atau StumbleUpon untuk membagikan konten akan membantu meningkatkan visibilitas serta traffic.

Tips Menerapkan SEO Off Page

Tips Menerapkan SEO Off Page
SEO Off Page Adalah (Photo by Lukas Müller on Unsplash)         

Menerapkan SEO off page memerlukan strategi yang konsisten dan berkelanjutan. Berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menerapkan SEO off page secara efektif:

Guest Blogging

Tulis artikel berkualitas untuk blog atau situs web lain yang relevan dengan industri dan sertakan backlink ke situs.

Broken Link Building

Cari tautan rusak di situs lain yang relevan dan tawarkan konten kamu sebagai pengganti yang valid.

Content Outreach

Hubungi pemilik situs web atau blogger untuk membagikan konten brand kamu yang berharga dan relevan dengan audiens mereka.

Aktif di Media Sosial

Bagikan konten secara teratur di platform media sosial seperti Facebook, X, LinkedIn, dan Instagram untuk meningkatkan visibilitas dan engagement.

Interaksi dengan Audiens

Tanggapi komentar, pertanyaan, dan feedback dari audiens untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan kepercayaan.

Kolaborasi dengan Influencer

Kerja sama dengan influencer yang relevan dengan industri untuk mempromosikan konten atau produk.

Campaign Berbayar dan Organik

Manfaatkan kombinasi kampanye berbayar dan organik dengan influencer untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Konten Evergreen

Buat konten yang selalu relevan (evergreen) yang dapat menarik backlink dari waktu ke waktu.

Konten Visual

Buat infografis, video, dan konten visual lainnya yang menarik dan mudah dibagikan.

Pantau dan Analisis Kinerja

Gunakan tools seperti Google Analytics, Ahrefs, atau SEMrush untuk memantau backlink, traffic, dan peringkat situs. Selain itu, analisis data untuk melihat apa yang bekerja dan tidak, kemudian sesuaikan strategi untuk hasil yang lebih baik.

Contoh SEO Off Page

Contoh SEO Off Page
SEO Off Page Adalah (Photo by 1981 Digital on Unsplash)         

Berikut beberapa contoh dari strategi SEO off page:

Guest Blogging

Misalnya, jika brand memiliki bisnis di bidang kecantikan, kamu bisa menulis artikel tentang tips kecantikan di blog beauty populer dan menautkan kembali ke situs brand yang kamu kelola.

Backlinks dari Situs Otomotif

Misalnya, jika artikel kamu dikutip atau disebutkan oleh media besar atau situs berita seperti BBC, Forbes, atau TechCrunch, ini akan meningkatkan otoritas domain brand yang kamu kelola.

Review dan Testimoni

Misalnya, restoran yang mendorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan di Google My Business untuk meningkatkan peringkat pencarian lokal.

Collab dengan Influencer

Misalnya, brand fashion yang bekerja sama dengan influencer mode di Instagram untuk mempromosikan koleksi terbaru mereka.

Content Marketing

Misalnya, membuat infografis tentang tren terbaru dalam industri brand yang kamu kelola dan membagikannya di media sosial serta mengirimkannya ke blog atau situs web lain untuk publikasi.

Press Release

Misalnya, perusahaan teknologi yang merilis press release tentang produk baru mereka dan mendapatkan liputan di berbagai media teknologi.

Bookmarking Social

Misalnya, artikel blog yang menarik dibagikan di subreddit yang relevan dengan topik untuk meningkatkan visibilitas dan menarik pengunjung baru.

Belajar Jadi SEO dengan Mentor Expert

Belajar Jadi SEO dengan Mentor Expert
            SEO On Page Adalah (Photo by Tim Gouw  on Unsplash)         

Tertarik mempelajari lebih lengkap mengenai strategi SEO? Kamu bisa belajar secara lengkap ilmu SEO dengan ikut bootcamp Mini Bootcamp SEO Specialist di Digital Skola, dengan harga terbaik, kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, dan fasilitas penunjang lainnya, kamu akan siap mewujudkan mimpimu menjadi seorang SEO specialist andal. Mulai perjalanan kariermu dengan mengklik tombol di bawah ini:

Artikel Rekomendasi