Ini 4 Tanda Utama Kamu Harus Career Switch

digitalskola

digitalskola

4 Februari 2023

Umumnya orang pernah mengalami rasa jenuh terhadap kariernya, biasanya orang tersebut memiliki kecenderungan untuk berhenti kerja atau beralih karier dari yang sudah digelutinya setelah sekian lama, fenomena ini disebut dengan career switch. Fenomena ini sebetulnya bisa membawa dampak positif karena membuka peluang baru untuk mencoba hal baru dan belajar dari awal lagi. Selain itu, career switch juga memberikan peluang besar untuk orang mencapai kepuasan dalam bekerja dan target kerja yang lebih cocok untuk dirinya. 

Mengutip dari Indeed, career switch adalah tindakan untuk mengejar profesi atau posisi tertentu yang berada di luar lingkup profesi atau posisi yang dimiliki sekarang. Contohnya, awalnya kamu bekerja di bidang creative event organizer namun karena satu dan lain hal kamu memutuskan untuk pindah karier dan bekerja di bidang data menjadi data engineer. Faktanya tak hanya bidang, kamu juga bisa melakukan pergantian karier dengan mencari pekerjaan di bidang yang sama namun di industri yang berbeda misalnya sebelumnya kamu jadi content writer di industri kesehatan lalu berpindah karier jadi content writer di industri perbankan. 

Jika kamu saat ini merasa bimbang dan belum yakin untuk pindah karier, maka kamu harus menyimak artikel ini untuk tau penjelasan lengkap mengenai alasan paling populer orang pindah karier, pertanda kamu harus pindah karier, hingga pilihan karier yang cemerlang untuk kamu pilih. 

Infografis career switch

4 Pertanda Harus Career Switch

Pertanda Harus Career Switch
Pertanda Harus Career Switch (Photo by Ben White on Unsplash)

Jangan buru-buru memutuskan untuk career switch, setidaknya ada 4 pertanda yang bisa jadi penentu kamu harus pindah karier, diantaranya: 

Career Switch: Skill Tidak Sesuai Pekerjaan

Ada banyak orang yang sudah berkarier lama di bidang tertentu tapi merasa skill yang dimiliki sebetulnya tidak sesuai dengan pekerjaan, alhasil saat mengerjakan tugas selalu terasa berat bahkan hingga mengalami burnout. Kamu bisa mengatasi ini dengan mempelajari secara perlahan skill yang dibutuhkan di pekerjaan kamu, tapi jika ternyata kamu memang tidak passionate di bidang tersebut, maka career switch bisa jadi salah satu solusinya. 

Career Switch: Merasa Stuck

Salah satu tantangan tersulit untuk dilewati dalam karier adalah ketika berhadap dengan kejenuhan atau rasa stuck. Umumnya, hal ini bisa terselesaikan dengan kemauan untuk introspeksi diri. Namun, jika kamu merasa jenuh, karier tidak berkembang atau stuck atau bahkan gaji setelah bertahun-tahun masih stuck, maka pindah karier bisa jadi salah satu solusinya. 

Career Switch: Tidak Puas Dengan Gaji

Jika kamu merasa sudah lelah bekerja keras dan tidak mendapatkan upah yang setimpal atau kamu saat ini memiliki kebutuhan yang lebih besar, namun perusahaan kamu saat ini tidak bisa memberikan kenaikan gaji, maka pindah karier bisa jadi pilihan untuk kamu coba. 

Burnout

Tak bisa dianggap sepele, burnout berbeda dengan rasa lelah pada umumnya. Jika kamu mengalami mengalami burnout karena pekerjaan itu akan mempengaruhi kesehatan fisik hingga mental. Oleh karena itu jika kamu merasa pekerjaan saat ini menyebabkan kamu burnout dan kamu tidak bisa menemukan solusinya, bisa jadi pindah karier jadi solusi yang baik untuk kamu.

Baca juga: Fresh Graduates Career: Tips dan Panduan

Faktor Kegagalan Career Switch

Faktor Kegagalan
Faktor Kegagalan Career Switch (Photo by Magnet.me on Unsplash)

Ada beberapa faktor kegagalan career switch, diantaranya: 

Kekurangan Finansial

Untuk bisa pindah karier, tentunya kita membutuhkan finansial yang cukup. Sayangnya, ada banyak orang yang tidak menyiapkan finansial yang cukup sebelum pindah karier dan akhirnya gagal untuk melakukan career switch.

Tidak Tahu Bidang yang Diminati

Alangkah baiknya sebelum pindah karier kamu harus tau dulu bidang yang diminati. Jangan sampai kamu mengambil keputusan untuk pindah karier tapi tidak tahu harus pindah ke bidang dan industri yang akan kamu ambil.

Latar Pendidikan Tidak Sesuai

Walaupun saat ini ada profesi yang tidak melihat latar pendidikan, tapi faktanya masih banyak lowongan pekerjaan yang mengutamakan latar belakang pendidikan, apalagi jika kamu sebelumnya tidak memiliki pengalaman di bidang tersebut.

Usia Terlalu Tua

Usia juga umumnya jadi salah satu faktor kegagalan untuk melakukan perpindahan karier, oleh karena itu alangkah baiknya sebelum masuk usia 40 kamu sudah memastikan diri berkarier di bidang yang sesuai dengan keinginan. 

Pilihan Karier Untuk Career Switch

Ada beberapa profesi populer dengan karier yang menjanjikan untuk jadi pilihan kamu, diantaranya:

  1. Data Scientist, kisaran gaji 7-27 juta/bulan
  2. Data Engineer, kisaran gaji 10-24 juta/bulan
  3. Full Stack Developer, kisaran gaji 6-16 juta/bulan
  4. Digital Marketing, kisaran gaji 5-13 juta/bulan
  5. Product Manager, kisaran gaji 12-23 juta/bulan  

Sumber gaji: Glassdoor

Jika kamu masih merasa bingung memilih profesi yang cocok untuk career switch, kamu bisa coba quiz potensi diri gratis di Digital Skola. Penasaran? Coba di sini: