UI UX Design Course: Rekomendasi Belajar Online

digitalskola

digitalskola

26 Agustus 2022

UI UX Design Course
UI UX Design Course (Photo by Faizur Rehman on Unsplash)

UI UX design course belakangan ini banyak dicari talenta digital terutama generasi Z yang tertarik untuk memulai karier menjadi UI/UX designer. Bukan tanpa alasan, profesi ini memang sedang populer dan banyak dicari perusahaan, bahkan lowongan pekerjaan UI/UX designer dalam satu tahun terakhir ada sekitar 6.800 formasi. Tak heran profesi ini masuk dalam daftar pekerjaan yang paling besar pertumbuhan pembukaan kerjanya versi indeks CJOF (Sumber: Cognizant Jobs of the Future).

User Interface (UI) Designer tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX) Designer. UI designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi atau situs web, sedangkan UX designer memiliki tugas membuat aplikasi atau situs web bisa beroperasi dengan mudah dan nyaman. Saat bekerja, keduanya sama-sama harus berlandaskan pada hasil riset agar aplikasi atau situs web yang dirancang benar-benar efektif dan nyaman digunakan oleh pengguna. 

Menariknya, untuk menjadi UI/UX designer tidak harus memiliki latar pendidikan tertentu, bahkan bagi kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang teknologi tapi tidak menguasai coding dan tidak punya atau masih minim pengalaman dalam bidang ini tetap bisa mempelajarinya secara mandiri atau mengikuti UI UX design course, ada banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti agar siap menjadi UI/UX designer profesional. Namun, dari sekian banyak pelatihan yang ada, mana yang paling baik dan bisa membantu kamu meraih karier menjadi UI/UX designer? Simak terus artikel ini!

UI UX Design: Definisi  

UI UX Design Course
UI UX Design Course (Photo by UX Store on Unsplash)

Secara umum, profesi UI/UX designer bertugas mengurus UI dan UX dengan memaksimalkan pengalaman user saat menggunakan suatu aplikasi atau situs web. UI dan UX designer memang saling berkaitan, bahkan banyak yang mengira keduanya sama. Namun, meskipun sama-sama bekerja di bidang desain, keduanya memiliki fokus yang berbeda. 

UI design adalah proses yang dilakukan oleh desainer untuk membangun interface dalam suatu perangkat lunak yang berfokus pada tampilan, oleh karena itu UI designer bertanggung jawab untuk membuat desain interface agar aplikasi atau situs web mudah menarik bagi pengguna. UI designer bertanggung jawab atas elemen-elemen visual dalam suatu aplikasi seperti tombol, skema warna, tipografi, ukuran teks, ilustrasi, dan lain sebagainya (Sumber: Interaction Design Foundation). 

Jika UI design fokus ke penampilan aplikasi atau situs web, UX design fokus kepada perasaan pengguna ketika menggunakan aplikasi. UX designer bertanggung jawab membuat aplikasi mudah digunakan dan bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna, biasanya UX designer membutuhkan proses riset pasar agar bisa diimplementasikan ke dalam bentuk desain atau interface.  

Baca juga: Beda UI UX Designer: Tugas dan Skill Kunci

UI UX Design: Skill   

UI UX Design Course
UI UX Design Course (Photo by Alvaro Reyes on Unsplash)

Untuk menjadi UI/UX designer kamu harus menyiapkan beberapa skill agar aplikasi atau situs web yang diciptakan bisa tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan pengguna, berikut skill yang harus dimiliki seorang UI/UX designer

Kemampuan Riset

Seorang UI/UX designer wajib memiliki kemampuan riset yang baik, mulai dari memahami pengguna, melakukan user testing, dan melakukan berbagai metode pengumpulan data untuk memperoleh informasi mengenai penggunanya. Dengan memiliki kemampuan riset yang baik, kamu bisa merencanakan hingga menganalisis temuan dari berbagai hasil riset.

Kemampuan Analisis

Setelah melakukan riset, kamu juga harus melakukan analisa dan mengambil informasi dari hasil riset yang dilakukan menjadi kesimpulan yang berguna untuk aplikasi atau situs web yang sedang dibuat, bahkan bisa juga berguna untuk kemajuan bisnis.

Kemampuan Visualisasi

Selanjutnya, UI/UX designer harus mampu memvisualisasikan hasil analisis yang didapatkan dari hasil riset menjadi user flow termasuk menentukan warna, tipografi, gambar, dan elemen desain lainnya agar desain akhir yang siap dikembangkan menjadi aplikasi atau situs web sudah bisa nyaman digunakan oleh user.

Kemampuan Desain

Kemampuan desain merupakan skill paling penting yang harus dimiliki  UI/UX designer, profesi ini diharuskan mampu mendesain interaksi setiap elemen yang ada pada halaman aplikasi atau situs web sehingga memudahkan pengguna saat mengaksesnya dan menampilkan interface menggunakan segi warna, gambar, animasi, jenis huruf, dll yang baik.

UI UX Design: Peran dan Tanggung Jawab 

UI UX Design Course
UI UX Design Course (Photo by Firos nv on Unsplash)

Ada beberapa tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh seorang UI/UX designer, diantaranya: 

  1. Mengumpulkan data pengguna
  2. Melakukan riset, survei, analisis, user testing, dan berbagai metode pengumpulan data lainnya untuk memperoleh informasi seputar pengguna
  3. Menganalisis profil pengguna aplikasi atau situs web
  4. Memvisualisasikan user flow menjadi desain produk yang menarik
  5. Menyusun tata letak halaman yang ada di aplikasi atau situs web
  6. Menampilkan interface dengan keseragaman yang baik dari segi jenis huruf, gambar, warna, dll
  7. Membuat aplikasi atau situs web dengan memanfaatkan wireframe dan prototype
  8. Melakukan iterasi pada desain yang sudah dibuat
  9. Memaksimalkan pengalaman pengguna pada desain interface
  10. Mendesain interaksi setiap elemen yang ada di aplikasi atau situs web

UI UX Design Course: Rekomendasi Terbaik

UI UX Design Course
UI UX Design Course (Photo by Jason Goodman on Unsplash)

Ada banyak pilihan UI UX design course yang tersedia secara online. Namun, alangkah lebih baik kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa lembaga kursus tersebut benar-benar profesional dan terpercaya, jangan sampai uang, waktu, dan tenaga yang sudah kamu keluarkan menjadi sia-sia. Salah satu rekomendasi UI UX design course terbaik yang bisa kamu coba adalah Digital Skola. Lewat program Mini Bootcamp UI/UX Design, kamu akan punya kesempatan untuk belajar bersama tutor expert dengan kurikulum berbasis industri saat ini, diantaranya:

  1. Introduction to UI/UX Design
  2. Strategic & Technical Stage Design
  3. UX Writing
  4. Preparing & Reporting in Usability Testing
  5. Preparation Advanced Design
  6. User Flow & Wireframe
  7. UI Fundamentals
  8. Prototype
  9. Conducting in Usability Testing
  10. Soft Skill

Tak hanya itu, kamu juga bisa punya kesempatan membuat portofolio sendiri untuk web/desktop, Android, iOS yang bisa menunjang kamu untuk menjadi UI/UX designer profesional. Tunggu apalagi? Yuk, segera wujudkan impianmu menjadi UI/UX designer andal lewat UI UX course Digital Skola. Klik link ini untuk daftar sekarang:

Artikel Rekomendasi