12 Fasilitas Online Bootcamp Data Science Untuk Karier

digitalskola

digitalskola

27 Oktober 2023

Online Bootcamp Data Science
Online Bootcamp Data Science (Photo by NordWood Themes on Unsplash)

365 Data Science merilis report mengenai profesi data scientist yang menunjukkan dari 1000 lowongan kerja data science yang dianalisis, ternyata hanya 33% yang secara spesifik mensyaratkan jurusan data science. Dengan kata lain, 2 dari 3 lowongan data science terbuka untuk jurusan yang beragam. Salah satu cara untuk kamu yang ingin berkarier jadi data scientist tanpa memiliki latar belakang yang linier adalah dengan mengikuti online bootcamp data science. 

Fakta menarik lainnya, di berbagai job platform termasuk di Indonesia, hanya sedikit sekali lowongan data science yang mencantumkan syarat lulusan jurusan data science di requirement-nya. Kebanyakan latar belakang yang dicari masih sangat beragam seperti:

  • Statistika
  • Matematika
  • Teknik komputer
  • Ekonomi 

Bahkan, tak sedikit juga perusahaan yang tidak terlalu fokus pada latar belakang pendidikan. Karena jika kamu kulik, mayoritas lowongan data science memang lebih fokus pada skill yang spesifik seperti:

  • Machine learning
  • Programming language 
  • Predictive modeling 
  • Data visualization
  • Dataframe

Dari hasil statistik tersebut juga bisa menjadi alasan kuat untuk kamu yang ingin berkarier jadi data scientist dari nol mulai belajar melalui online bootcamp data science. Contohnya, online bootcamp data science dari Digital Skola, selain mendapatkan pelatihan skill yang lebih komprehensif sesuai dengan kebutuhan industri dengan mentor expert yang merupakan praktisi ahli di bidangnya, kamu juga akan mendapatkan banyak fasilitas penunjang dari online bootcamp data science yang bisa membantu karier. 

Penasaran apa saja fasilitas yang akan kamu dapatkan dari mengikuti online bootcamp data science Digital Skola? Simak artikel ini sampai akhir! 

Fasilitas Online Bootcamp Data Science 

Bootcamp kini menjadi salah satu solusi untuk orang-orang yang tertarik terjun ke bidang data dari nol. Online bootcamp data science sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kemampuan secara hard skills dan juga soft skills. Di online bootcamp data science Digital Skola kamu akan mendapatkan materi serta study case yang terjadi di industri tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk kamu setelah lulus agar lebih siap menghadapi industri.   

Secara umum, ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti online bootcamp data science, diantaranya: 

  • Meningkatkan skill praktikal
  • Latihan sekaligus menyusun portfolio 
  • Memperluas koneksi dengan sesama data enthusiast 
  • Dapat bimbingan dari para expert 
  • Meningkatkan nilai jual dan kualitas diri

Nah, manfaat-manfaat tersebut tentu akan kamu dapatkan jika mengikuti online bootcamp data science yang memberikan fasilitas penunjang karier yang lengkap seperti: 

Fasilitas Online Bootcamp Data Science: Job Connector

Fasilitas pertama yang akan sangat bermanfaat untuk karier kamu sebagai data scientist adalah job connector. Fasilitas ini merupakan penyaluran kerja ke hiring companies, hiring partner, atau job opening yang sedang terbuka di bidang data science. Tentunya, untuk bisa mendapatkan kerja melalui fasilitas job connector kamu juga harus memastikan skill yang kamu miliki sudah mumpuni dan sesuai kebutuhan industri. 

Jika kamu mengikuti online bootcamp data science Digital Skola, kamu akan mendapatkan fasilitas job connector yang dilakukan setelah proses belajar selesai, nanti kamu akan diarahkan untuk membuat cover letter serta CV yang ke Digital Skola, dan nantinya team Digital Skola akan membantu menyalurkan kerja ke berbagai hiring companies dan hiring partner seperti DANA, Unilever, dan masih banyak lagi. Di online bootcamp data science Digital Skola, fasilitas job connector ini akan terus dilakukan sampai akhirnya kamu mendapatkan pekerjaan. 

Baca juga: Wajib Diasah! Ini Cara Meningkatkan Softskill untuk Jobseeker

Fasilitas Online Bootcamp Data Science: Sertifikat BNSP Data Science 

Setiap perusahaan tentunya ingin memiliki karyawan yang bisa melakukan pekerjaanya dengan tepat dan baik, termasuk karyawan yang berprofesi sebagai data scientist. Salah satu cara untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu merupakan kandidat yang kompeten adalah dengan memiliki sertifikat BNSP yaitu sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang dibentuk oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di semua bidang profesi termasuk data scientist. 

Maka dari itu, jika mengikuti online bootcamp data science alangkah baiknya kamu memilih lembaga pelatihan yang memiliki fasilitas sertifikasi BNSP, salah satunya adalah Digital Skola. Faktanya, tidak semua bisa lolos tes BNSP, maka dari itu Digital Skola akan membantu kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi tes dan wawancara agar kamu bisa memperoleh sertifikat tersebut. 

Real Experience Internship 

Mengikuti internship akan sangat bermanfaat untuk karier kamu, dengan mengikuti internship kamu akan mendapatkan pengalaman real di industri, mentor yang membimbing, hingga kesempatan untuk membangun professional network. Maka dari itu, saat memilih online bootcamp data science, alangkah baiknya kamu memilih lembaga yang memberikan fasilitas internship, tapi kamu juga memastikan internship yang kamu lakukan nantinya merupakan internship real bukan mengerjakan dummy project saja. 

Di online bootcamp data science Digital Skola, kamu akan mendapatkan fasilitas real experience internship secara remote dengan detail seperti berikut:

  • Internship di bisnis atau client rekanan Digital Skola yang kredibel
  • Peserta internship akan handle project real perusahaan
  • Peserta internship dapat bimbingan dan evaluasi selama intern 
  • Peserta internship dapat kesempatan untuk presentasi hasil magang di depan client dan tutor 

Project dan Portfolio

Untuk bisa bekerja sebagai data scientist, tak hanya dibutuhkan kemampuan teknis, tapi kamu juga harus memiliki portfolio yang menjadi senjata awal dan utama untuk memikat perusahaan. Oleh karena itu, saat mengikuti pelatihan data science, kamu harus memastikan bahwa nanti kamu akan mengerjakan langsung berbagai project data science yang bisa dijadikan bahan untuk portfolio. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat membuat project untuk portfolio:

  • Buatlah project yang beragam mulai dari data visualization, data cleaning, dll untuk menunjukkan keahlian kamu di bidang data science
  • Gunakan real world data dan lebih baik lagi jika kamu membuat project yang sesuai dengan industri yang kamu incar
  • Buatlah project dengan kode yang rapi, terorganisir, dan mudah dibaca
  • Gunakan tools advanced untuk menunjukkan keahlian kamu tidak hanya tools basic saja

Di kelas online bootcamp data science Digital Skola contohnya, kamu akan membuat berbagai project yang bisa dijadikan bahan portofolio seperti:

  • Output Excel dengan library Pandas
  • Project data visualization menggunakan Google Data Studio
  • Price prediction and churn prediction
  • Object segmentation serta demographic atau transaction dataset 

Berikut contoh project yang pernah dibuat oleh alumni Digital Skola:

Professional Branding

Kini media sosial menjadi salah satu tools yang digunakan perusahaan untuk mencari kandidat yang dibutuhkan, selain itu dari sisi job seeker juga media sosial kini digunakan untuk mencari kerja. Bahkan, mengutip Everyone Social 91% dari seluruh perusahaan menggunakan media sosial untuk rekrutmen karyawan. Oleh karena itu, saat mengikuti bootcamp data science, jangan hanya fokus pada pengembangan skill saja tapi kamu juga harus mengimbanginya dengan professional branding. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan professional branding, seperti:

  • Optimasi profil LinkedIn
  • Aktif berinteraksi di konten recruiter, hiring manager, dll
  • Memperluas networking di media sosial dengan recruiter, hiring manager, dll
  • Menunjukkan skill dan portfolio di media sosial

Bagi sebagian orang, melakukan professional branding itu tidak mudah, makanya alangkah baiknya kamu mencari pelatihan yang sekaligus memberikan fasilitas bantuan professional branding untuk setiap peserta.

Baca juga: Riset: Hanya 23% Fresh Graduates Percaya Diri Masuk Dunia Kerja

Personality and Career Assessment

Jika kamu selama ini masih tidak mengetahui kepribadian, minat, keterampilan, hingga kemampuan yang bisa dikembangkan untuk karier, maka kamu harus mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan yang memberikan fasilitas personality and career assessment. Contohnya, di bootcamp data science Digital Skola kamu akan dapat assessment untuk mengetahui:

  • Potensi
  • Karakter
  • Prospek Karier Terbaik

Nantinya dari hasil assesment tersebut kamu juga bisa lebih terbayang untuk menjadi data scientist di industri yang paling sesuai dengan minat dan bakat. 

Career Counseling 

Bagi fresh graduate atau kamu yang switch career ke bidang data science, mungkin akan mengalami perasaan stuck atau bingung untuk menghadapi dunia pekerjaan. Maka dari itu, saat mengikuti online bootcamp data science kamu bisa mencari yang memiliki fasilitas career counseling yang bisa memberi kamu arahan terkait karier. 

Learning Module 

Belajar ilmu baru secara online mungkin tidak mudah untuk semua orang, ada orang yang terbiasa belajar atau mengingat kembali materi yang sudah diajarkan dengan membaca catatan atau buku. Maka dari itu, pastikan bootcamp data science yang kamu pilih menyediakan materi lengkap yang berupa modul atau buku yang bisa diakses selamanya. Sehingga jika nanti kamu lupa atau ingin mempertajam kembali ilmu yang sudah dipelajari, kamu dengan mudah tinggal membuka kembali modul tersebut. 

Learning Performance Report

Pastinya saat mengikuti pelatihan kamu ingin tahu perkembangan belajar kamu. Oleh karena itu, saat mengikuti bootcamp data science kamu harus memilih pelatihan yang menyediakan learning performance report supaya kamu bisa tahu perkembangan belajar kamu secara detail dan bisa jadi bahan evaluasi diri. 

Komunitas Data Science 

Networking merupakan salah satu faktor penting dalam karier yang bisa membantu kamu untuk mengasah soft skills seperti:

  • Komunikasi
  • Teamwork
  • Kolaborasi

Selain itu, networking juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan atau pekerjaan baru. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses berkarier sebagai data scientist kamu harus bisa memastikan bahwa pelatihan yang kamu ikuti akan membantu mengembangkan networking salah satunya adalah dengan fasilitas komunitas data science yang bisa mempertemukan kamu dengan para data enthusiast dari seluruh Indonesia.

Akses Materi Kelas

Jika kamu nanti sudah mendapatkan pekerjaan dan menemukan project yang ternyata pernah kamu kerjakan saat mengikuti pelatihan, maka kamu bisa membuka kembali materi atau rekaman video pelatihan tersebut. Maka dari itu, saat mengikuti bootcamp data science pastikan pelatihan tersebut akan memberikan akses selamanya untuk materi serta rekaman video pembelajaran.

Sertifikat Keikutsertaan

Di antara semua fasilitas yang disebutkan sebelumnya, fasilitas sertifikat keikutsertaan juga tidak kalah penting. Sertifikat partisipasi bisa kamu masukkan ke CV dan LinkedIn untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar pernah mengikuti pelatihan data science. 

Online Bootcamp Data Science dengan Fasilitas Terlengkap

Jika kamu ingin mengikuti online bootcamp data science dengan fasilitas terlengkap seperti yang dijelaskan di atas, maka kamu bisa mengikuti Bootcamp Data Science dari Digital Skola. Di kelas ini, kamu akan belajar skill data science terupdate sesuai kebutuhan industri bersama para tutor expert yang merupakan praktisi ahli di bidangnya. Selain fasilitas yang lengkap, kamu juga akan mendapatkan materi lengkap seperti:

  • Data Science Methodology
  • SQL
  • Programming with Python
  • Analytics with Numpy
  • Basic Statistics
  • Data Visualization
  • Dataframe
  • Machine Learning
  • Git & Version Control System

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!