Tips Optimalkan Algoritma Facebook di 2022

digitalskola

digitalskola

28 Januari 2022

algoritma facebook
Photo by Timothy Hales Bennett on Unsplash

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa beberapa postingan di akun Facebook pribadimu mendapatkan banyak likes, share, dan comment sementara sebagian konten lainnya hanya mendapatkan beberapa aktivitas dari para followers yang paling setia? Semua ini nyatanya bermuara pada algoritma Facebook. Dengan perubahan yang terus terjadi di dunia, Facebook ikut meningkatkan performanya di hadapan para pengguna. Platform ini tergolong luar biasa dalam mencapai berbagai tujuan di berbagai aspek informasi dan teknologi. Dari miliaran pengguna aktif, sebagian tentu punya minat yang sama denganmu. Algoritma yang diusung Facebook telah mengalami perubahan signifikan supaya lebih efisien dan berfungsi lebih baik bagi banyak orang.

Selain perubahan dalam aspek algoritma, Facebook juga terus menantang marketer dengan ads management. Setiap pengguna Facebook tentu memperoleh news feed yang unik berdasarkan behavior dan jenis konten yang berinteraksi dengan mereka. Akibatnya, terasa sulit untuk menjangkau keseluruhan audiens hanya dengan sebuah konten. Rata-rata unggahan Facebook organik hanya mencapai 5% dari followers di akun tersebut (Hootsuite). Untuk memaksimalkannya, kamu perlu memahami serta menerapkan kiat-kiat sukses mencapai kesuksesan bersama kinerja algoritma dalam Facebook.

Tips Optimalkan Algoritma Facebook di 2022

Posting di waktu yang tepat

Sebelum memposting konten, kamu perlu melihat dan memastikan waktu yang tepat. Sangat penting untuk menetapkan jam-jam potensial untuk membagikan konten bagi bisnismu. Lakukan riset dan pemahaman lebih baik terhadap akun Facebook yang bekerja meningkatkan jangkauan bisnismu. Kebanyakan orang beranggapan bahwa posting di pagi hari berpengaruh terhadap waktu audiens bangun dari tidurnya. Namun, manfaatkan waktu di malam hari agar dapat mendapatkan reach lebih baik. Mungkin, kamu juga bisa tergoda untuk membuat postingan ketika muncul feeds terbaru dari audiens yang sedang menikmati malam hari. Kemungkinan pula mereka akan membaca dan menyimak konten Facebook terbaru yang kamu bagikan.

BACA JUGA: Tips Market Research Biar Bisnis Makin Meroket

Berikan inspirasi kepada audiens

Setiap orang pasti menyimpan cerita yang unik dan sudah menjadi tugasmu untuk menginspirasi audiens melakukan peluang storytelling. Sebanyak 46% marketer bahkan telah mengidentifikasi merk yang mereka kerjakan ke dalam kategori inspirasional (Hubspot). Mampu menyampaikan story telling dengan baik dapat kamu lakukan adalah mengingat audiens kemudian menceritakan hal-hal yang sesuai dengan pengalaman mereka. Bangun koneksi yang baik dengan audiens untuk menginspirasi mereka secara jangka panjang. Lakukan juga beberapa upaya berikut untuk menginspirasi audiens melalui konten dan mencapai target algoritma Facebook:

  • Jadilah orisinal melalui pengembangan perspektif dan tawarkan wawasan yang tidak terpikirkan oleh orang lain
  • Tingkatkan engagement dengan mengajukan pertanyaan yang memicu terjadinya percakapan langsung antara brand dengan audiens. Rangsang respons emosional melalui konten yang kamu bagikan
  • Jadilah interaktif dan buka kesempatan bagi audiens untuk memberikan feedback
  • Bersikap otentik dengan memperlihatkan isi pikiran dan emosi yang sebenarnya dari konten tersebut
  • Dukung poin-poin yang disampaikan dengan bukti data atau statistik

Hasilkan konten yang berkualitas

Di masa sekarang, konten mempunyai peranan penting karena banyak orang menuntut wawasan yang relevan dan berhubungan dengan diri mereka. Semakin relevan konten yang dihasilkan, maka semakin besar peluang mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Tidak cukup menghasilkan konten, sesuatu yang kamu bagikan harus berkualitas tinggi. Meskipun terkesan relatif dan tidak terbatas pada ukuran tertentu, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk memastikan kualitas konten tersebut. Beberapa di antaranya sudah termasuk pengecekan tata bahasa dan tanda baca, format yang kurang baik, atau konten cenderung repetitif. Algoritma otomatis berangsur-angsur membaik ketika pelanggan telah melihat suatu brand sebagai tujuan mereka dan memperhatikan kontenmu lebih lanjut.

Buat beberapa ads campaign

Algoritma yang bekerja di dalam Facebook akan berupaya memahami maksud dan tujuanmu membangun kampanye iklan tersebut. Misalnya, ketika kamu ingin membangun komunitas, terlibat dengan lebih banyak orang, atau hanya menjual produk kepada pelanggan. Ketika kamu membuat campaign dengan format beragam, maka yang terjadi adalah algoritma terus belajar untuk memaksimalkannya. Bahkan, kamu dapat mengumpulkan konversi dari custom audience. Dari sini, algoritma bekerja mengetahui orang-orang yang sudah kenal dengan bisnismu dan membuat mereka terlibat secara bertahap.

Optimasi manajemen Facebook Page Community

Apakah laman Facebook kamu sudah menerima banyak interaksi dan terasa terlalu banyak untuk dikelola secara efisien? Gunakan rangkaian fitur inbox untuk menangani feedback tersebut secara cepat sekaligus efektif. Pertama-tama, kamu buka page settings kemudian sambungkan akun Instagram milikmu. Centang opsi untuk allow Instagram messages masuk ke Facebook inbox. Lanjutkan dengan mengklik Automated Response kemudian mulai konfigurasi balasan yang akan diberikan. Beberapa opsi yang bisa diterapkan, antara lain:

  • Instant reply: Tingkatkan performa balasan tim terhadap tanggapan audiens. Instant reply akan terkirim secara otomatis dan menyambut kedatangan audiens menuju bisnismu
  • Away message: Apakah tim cenderung menanggapi pesan pada jam-jam tertentu? Away message mampu mengomunikasikan waktu respons untuk memberikan ekspektasi dan layanan terbaik bagi pelanggan
  • FAQ: Kamu tidak perlu khawatir terus menjawab satu persatu bila menemui pertanyaan yang sama ratusan kali. Pelanggan cukup klik untuk menemukan jawabannya melalui FAQ
  • Appointment reminders: Kirimkan reminders kepada pelanggan untuk meningkatkan appointment rate

Lakukan testing konten organik

Meskipun telah mengelola laman Facebook selama bertahun-tahun, kamu tidak bisa memprediksi konten yang terus berpengaruh atau gagal. Begitu juga di samping ads manager yang bekerja membantumu mengecek masing-masing postingan iklan. Facebook tetap membuka peluang bagi kamu untuk bereksperimen lebih mudah dengan konten organik. Untuk melakukan testing konten organik, kamu bisa masuk ke menu Creator Studio kemudian pilih Posting Testing pada menu Content Library. Pilih laman Facebook kemudian lakukan perbandingan terhadap beberapa konten yang telah dibuat. Pilih metriks yang paling sesuai dan putuskan durasi testing sesuai kebutuhan. Facebook akan mendistribusikan konten terbaik yang telah melewati masa testing. Kamu dapat memantau testing secara real time dan menghentikannya lebih awal sesuai keperluan.

BACA JUGA: 15+ Istilah Email Marketing: Marketer Wajib Hafal!

Pin konten penting di bagian atas dari laman

Apakah kamu juga terbiasa membagikan berita utama di laman Facebook bisnis tersebut? Adakah diskon spesial atau season sale yang harus dibagikan kepada pelanggan? Tentu kamu tidak mau konten yang dimaksud cepat menghilang karena alur timeline lebih cepat. Facebook ingin menyediakan fasilitas terbaik dan sebisa mungkin tidak perlu ada penundaan. Untuk melakukan pin content, kamu cukup membuka dokumen yang ingin disebar lewat Business Suite atau Creator Studio.

Itulah beberapa tips yang wajib kamu terapkan untuk mencapai target terbaik dari algoritma Facebook. Jangan lupakan detail yang harus diperhatikan supaya konten-konten bisnis dapat menjangkau pengguna potensial dengan baik.

Mau belajar kinerja Facebook untuk bisnis secara lebih mendalam? Belajar sekarang di Bootcamp: Digital Marketing dan jadilah marketer andal dalam waktu 3 bulan bersama Digital Skola.

chat