Rekomendasi Platform Belajar Copywriting Gratis

digitalskola

digitalskola

26 Juli 2023

Kini ada banyak sumber untuk belajar copywriting gratis untuk kamu yang tertarik berkarier menjadi copywriter. Tentunya sebelum bisa berkarier jadi copywriter setidaknya kamu harus memiliki ilmu fundamental dan berbagai skill yang bisa menunjang karier. Secara definisi, copywriter adalah penulis yang bertugas untuk membuat copy atau teks untuk keperluan pemasaran dengan tujuan utama menyampaikan ajakan tertentu. Misalnya, mengajak untuk follow akun media sosial perusahaan, berlangganan produk, berdonasi, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi copywriter, minimal kamu harus memiliki beberapa skill yang biasanya ada di requirement lowongan copywriter, diantaranya:

  • Creative writing
  • Proofreading and editing 
  • Content strategy 
  • Social media management 
  • SEO writing 
  • Online riset

Untuk bisa menguasai skill tersebut, kamu harus belajar beberapa teori dan teknik yang berkaitan dengan copywriting, seperti:

  1. Fundamental copywriting mulai dari target pembaca, media yang digunakan, hingga gaya komunikasi brand
  2. Anatomi copywriting dan formula copywriting seperti AIDA, BAB, PAS, dan lain sebagainya
  3. Teknik copywriting mulai dari cara menulis headline yang atraktif hingga membuat call to action yang persuasif

Penasaran di mana tempat belajar copywriting gratis? Simak artikel ini sampai akhir! 

Baca juga: Roadmap Belajar Copywriting Untuk Pemula

Platform Belajar Copywriting Gratis

Platform Belajar Copywriting Gratis
Belajar Copywriting Gratis (Photo by ConvertKit on Unsplash)

Berikut rekomendasi platform belajar copywriting gratis yang bisa kamu gunakan untuk mulai belajar copywriting dari nol:

Blog Untuk Belajar Copywriting Gratis

Jika ingin belajar basic copywriting dengan praktis, kamu bisa menggunakan sumber belajar copywriting gratis di berbagai blog yang tersedia di internet, diantaranya: 

  • Copyblogger =  Blog ini menyediakan banyak tips seputar copywriting, online marketing, cara menulis artikel yang menarik pembaca, cara menulis copy di media sosial, cara menulis artikel SEO, hingga tips dan trik untuk mendapatkan uang dari blogging. Saking disukai oleh banyak orang, blog ini pernah mendapatkan penghargaan dari BusinessWeek dan The Guardian. 
  • Alex Cattoni = Blog yang dikelola oleh Alex Cattoni sejak tahun 2011 ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari ilmu copywriting. Di blog ini kamu bisa mempelajari berbagai materi copywriting seperti brand voice, email list, creative ad, hingga berbagai tips untuk mendapatkan uang secara online. 
  • COPYHACKERS =  Website ini memiliki banyak artikel yang bisa memberikan kamu banyak insight terkait dunia copywriting. Di sini kamu bisa menemukan artikel terkait email marketing, Facebook ads, landing pages, web copy, dan lain sebagainya. 
  • men with pens =  Kamu bisa belajar banyak mengenai berbagai teknik copywriting di website ini. Mulai dari cara menulis copy yang baik hingga headline yang menarik, semua dibahas di artikel-artikel men with pans. 

YouTube Untuk Belajar Copywriting

Jika kamu lebih suka belajar copywriting gratis melalui YouTube, berikut rekomendasi channel YouTube yang cocok untuk belajar copywriting:

  • Matthew Morgan =  Di channel YouTube ini kamu bisa belajar copywriting dan content writing sekaligus. Bahkan, YouTube ini sangat cocok untuk dipelajari oleh pemula karena Matthew Morgan juga banyak menjelaskan mengenai berbagai teknik atau tips copywriting beginner friendly. Menariknya, di YouTube ini juga kamu bisa mendapatkan tips seputar mencari side hustle dari freelance copywriter.
  • Kyle Milligan Copywriter =  Channel YouTube satu ini cocok untuk kamu yang sudah memiliki basic skill copywriting dan ingin upgrade skill mempelajari berbagai teknik kepenulisan. Contohnya, ada satu video yang membahas cara teknik penulisan hook atau pernyataan pembuka yang bisa menarik pembaca supaya mereka tertarik untuk membaca tulisan kita sampai selesai. 
  • Ashlyn Writers =  Channel YouTube ini juga lengkap karena kamu bisa mempelajari berbagai jenis copywriting mulai dari SEO copywriting, website copywriting, hingga email copywriting. 
  • Anam Khan Siddique =  Di channel ini kamu bisa mendapatkan banyak ilmu mengenai copywriting dan content writing beserta bocoran mengenai rekomendasi tools yang banyak digunakan oleh para digital writer. Di channel ini juga kamu bisa mendapatkan ilmu seputar freelancing dan blogging. 
  • Mike Nardi =  Di channel ini kamu bisa mendapatkan insight terkait cara mendapatkan side hustles dari copywriting menggunakan berbagai media atau platform freelance seperti Fiver.

Baca juga: Belajar Formula Copy Writing Menarik Ala Apple

Podcast Untuk Belajar Copywriting

Jika kamu ingin belajar copywriting gratis dengan hanya mendengarkan podcast, berikut rekomendasi podcast yang cocok untuk belajar copywriting

  • Genius of Copywriting =  Dipandu oleh seorang copywriter sukses yaitu Brian Cassingena, podcast ini banyak membahas mengenai ilmu copywriting hingga marketing. 
  • Copywriter Podcast =  Podcast ini juga dipandu oleh seorang penulis buku copywriting yaitu David Garfinkel. Kamu bisa mendapatkan banyak insight mengenai copywriting hingga cerita sukses dari para copywriter. 

Forum Untuk Belajar Copywriting

Tak hanya belajar dari artikel, YouTube, atau podcast aja, kamu juga bisa belajar copywriting dari forum copywriter. Menariknya, di forum copywriter kamu bisa diskuski langsung hingga menambah networking dengan sesama copywriter atau sesama orang yang sedang belajar copywriting. Berikut rekomendasi forum copywriter yang bisa kamu ikuti:

  • Copywriter Forums =  Forum copywriter yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar copywriting, meminta feedback terkait copywriting yang kamu huat, hingga mendapatkan info project terkait copywriting. 
  • Reddit Copywriting = Forum copywriter yang ada di Reddit ini bisa kamu manfaatkan untuk berdiskusi mengenai copywriting bersama para copywriter lainnya

Rekomendasi Tempat Belajar Copywriting dengan Mentor Expert

Biasanya, jika kamu mengandalkan berbagai sumber belajar copywriting gratis saja untuk mempersiapkan karier jadi copywriter itu akan kurang maksimal. Alasannya, karena materi yang kamu pelajari kemungkinan tidak tersusun rapi sesuai dengan roadmap belajar copywriter yang seharusnya. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk berkarier jadi copywriter, alangkah baiknya kamu juga belajar bersama mentor expert yang bisa memberikan materi sesuai kebutuhan industri dan sudah disusun sesuai dengan roadmap belajar yang efektif. 

Kamu bisa belajar copywriting dengan mentor expert di kelas Mini Bootcamp AI-Powered Copywriting + Real Client Experience Digital Skola. Di kelas ini kamu akan mempelajari materi copywriting yang sesuai kebutuhan industri serta dapat sesi khusus untuk Practice AI Prompt Engineering for Copywriting:

  1. Memahami tentang konsep dan kegunaan prompt engineering
  2. Memahami tentang kelebihan dan kekurangan dalam penulisan prompt
  3. Memahami struktur prompt engineering
  4. Tips penulisan prompt engineering untuk copywriting
  5. Memahami penggunaan ChatGPT untuk copywriting
  6. Demo dan praktik membuat prompt engineering menggunakan ChatGPT untuk menulis copywriting

Cari tahu info lengkapnya dengan klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat