Kurikulum Digital Marketing untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

4 Desember 2022

Kurikulum Digital Marketing
Kurikulum Digital Marketing (Photo by Mailchimp on Unsplash)

Digital marketing adalah upaya pengoptimalan pengenalan merek hingga penjualan menggunakan media digital yang bisa menjangkau konsumen secara tepat (Sumber: Marketo). Saat ini, digital marketing menjadi salah satu bidang profesi yang banyak dicari oleh perusahaan. Oleh karena itu, mulai banyak talenta digital yang tertarik terjun berkarier ke bidang ini. Namun, untuk bisa memulai karier, kamu harus belajar dengan mengikuti kurikulum digital marketing yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri. 

Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar. Singkatnya, kurikulum adalah rencana pembelajaran.  Dengan adanya kurikulum, kamu bisa mengetahui kemana tujuan sebuah pendidikan dijalankan. Saat kamu mempelajari digital marketing secara otodidak atau dengan mengikuti pelatihan seperti bootcamp, kamu harus memastikan kurikulum yang kamu pelajari sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh pemula.

Baca juga: Kenali Media Digital Marketing dan Cara Menggunakannya

Lantas, apa saja fungsi kurikulum digital marketing dan apa saja kurikulum digital marketing yang cocok untuk pemula? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Fungsi Kurikulum Digital Marketing

Fungsi Kurikulum Digital Marketing
Kurikulum Digital Marketing (Photo by Alexander Shatov on Unsplash)

Secara umum, fungsi kurikulum adalah untuk mencapai tujuan pendidikan. Umumnya, kurikulum dijadikan alat atau model yang digunakan oleh setiap institusi pendidikan baik itu formal atau non-formal untuk mencapai tujuan pendidikan. Bagi talenta digital yang sedang belajar digital marketing, fungsi kurikulum adalah sebagai sarana untuk mengetahui target pembelajaran yang harus dicapai serta untuk mengukur kemampuan diri dalam proses pembelajaran.

Tak hanya itu, fungsi kurikulum bagi talenta digital yang sedang belajar adalah untuk mempermudah dalam memetakan jadwal dan target belajar yang akan mereka lakukan nantinya dan mempermudah talenta digital dalam memetakan apa yang harus dipelajari dari dari waktu ke waktu. 

Sedangkan bagi lembaga training atau bootcamp kurikulum akan sangat berguna dalam penerapan cara mengajar nantinya, jika kurikulum yang disediakan terstruktur maka tutor yang mengajar juga akan mengikuti struktur yang telah dibuat kepada peserta nantinya.  Oleh karena itu, saat mengikuti bootcamp kamu harus memastikan kurikulum yang disediakan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca juga: Bootcamp Big Data Agar Siap Kerja

Kurikulum Digital Marketing Untuk Pemula

Kurikulum Digital Marketing Untuk Pemula
Kurikulum Digital Marketing (Photo by NordWood Themes on Unsplash)

Digital marketing umumnya menjadi tiga bagian yaitu social media, digital ads, dan SEO (Search Engine Optimization). Masing-masing bagian memiliki kurikulum yang berbeda-beda, diantaranya:

Social Media

Bagian pertama yaitu social media atau biasa disebut social media management. Bagian ini berfokus pada membuat, menerbitkan, hingga menganalisis konten di berbagai social media seperti Twitter, Instagram, Facebook, dll. Untuk menguasai social media management, tak cukup hanya mempelajari cara posting konten saja, tapi kamu juga mengikuti kurikulum yang berkaitan dengan social media seperti: 

  1. Research and strategy for social media
  2. Social media content creation
  3. Creative copywriting for social media content and campaign
  4. Social media campaign and run-through ideation
  5. Creative design for social media content and campaign
  6. KOL and influencers management
  7. Social media analytics

Digital Ads

Digital advertising adalah upaya perusahaan untuk mempromosikan produk atau brand menggunakan berbagai digital channel. Digital ads berfokus pada mengajak target konsumen untuk melakukan pembelian yang dilakukan melalui media sosial, web, atau media digital lainnya. Untuk menguasai digital ads, kamu harus mengikuti kurikulum yang akan menunjang kamu untuk mempersiapkan dan memasang berbagai jenis ads secara digital serta membuat laporan analisis digital ads, diantaranya:

  1. Research and strategy digital ads
  2. Create landing age
  3. Google ads
  4. Facebook ads setup
  5. Search engine marketing setup
  6. Fundamentals of TikTok & Twitter ads
  7. Owned channel & social commerce in organic & paid
  8. Google Analytics for campaign targeting
  9. Marketing analysis for paid ads
  10. YouTube Ads
  11. Reporting and data visualization

SEO

Bagian terakhir yaitu SEO (Search Engine Optimization) yaitu pengoptimalan kinerja website agar muncul di peringkat utama mesin pencari seperti Google dan bersifat organik yang artinya kamu tidak perlu membayar atau menggunakan ads untuk berada di peringkat atas mesin pencari  (Sumber: Neil Patel). Untuk menguasai SEO, kamu harus belajar mengikuti kurikulum:

  1. SEO research
  2. Technical SEO
  3. SEO off-page
  4. SEO utilization
  5. Build a website
  6. Content marketing
  7. SEO strategy
  8. SEO analytics using Google

Baca juga: Cara Kerja Digital Marketing dan Manfaatnya

Rekomendasi Kelas dengan Kurikulum Digital Marketing Terlengkap

Tentunya, cukup sulit untuk bisa mempelajari digital marketing sesuai dengan kurikulum industri secara otodidak. Oleh karena itu, kamu bisa mengambil jalan pintas dengan mengikuti Mini Bootcamp Digital Skola. Dengan belajar bersama Digital Skola kamu akan mendapatkan kurikulum pembelajaran sesuai dengan industri saat ini dan bimbingan dari tutor expert. Tak hanya itu, kamu juga akan dapat fasilitas lain seperti:

  1. Job connector
  2. Certificate of completion
  3. Google Certification
  4. Portfolio
  5. Professional branding
  6. Weekly performance report
  7. Tutor consultation outside of class

Tunggu apa lagi? Mulai karier di bidang digital marketing sekarang! Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya:

Artikel Rekomendasi