In House Training: Contoh Hingga Langkah Perencanaan

digitalskola

digitalskola

1 Juni 2024

In house training adalah
In House Training Adalah (Photo by RF._.studio on pexels)

Di era digital yang terus berkembang, pentingnya training bagi karyawan semakin tidak bisa diabaikan. Perusahaan yang ingin tetap kompetitif dan relevan di pasar harus memastikan bahwa karyawan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang selalu up-to-date. Oleh karena itu, program pelatihan yang efektif seperti in house training adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, hingga inovasi di tempat kerja.   

Faktanya, training karyawan tidak hanya membantu dalam pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga dalam mengasah soft skills seperti manajemen waktu, komunikasi, hingga kepemimpinan. Dengan karyawan yang terlatih dengan baik, maka perusahaan bisa mengurangi kesalahan, meningkatkan kualitas produk layanan, hingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih kolaboratif dan positif. Di samping itu, investasi perusahaan dalam training karyawan juga bisa meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan yang pada akhirnya akan mengurangi biaya turnover perusahaan dan meningkatkan loyalitas karyawan. 

Dari banyaknya jenis training karyawan, in house training adalah pilihan yang banyak perusahaan pilih untuk pelatihan karyawan mereka. Apalagi, di era digital yang dinamis, kebutuhan untuk terus memperbaiki pengetahuan dan keterampilan menjadi sangat mendesak, sehingga in house training jadi solusi yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan ini.  Simak artikel ini sampai akhir untuk penjelasan in house training secara lengkap!

BACA JUGA: Seberapa Penting Corporate Digital Training?

Definisi In House Training

Definisi In House Training
In House Training Adalah (Photo by Tima Miroshnichenko on pexels)

Menurut istilahnya in house mengacu pada kegiatan internal organisasi dan kegiatan yang dilakukan oleh karyawan perusahaan, sedangkan kata training mengacu pada proses pengajaran keterampilan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas karyawan. Bisa disimpulkan, in house training adalah jenis pelatihan yang diberikan secara khusus untuk tim atau karyawan tertentu dari suatu perusahaan, alias pelatihan yang diadakan tidak terbuka untuk umum. In house training juga dibuat lebih eksklusif, seperti materinya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan. 

Umumnya, jika dilakukan secara offline, in house training dilaksanakan di lokasi instansi perusahaan atau di tempat yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Misalnya, perusahaan A mengadakan in house training bersama Digital Skola, maka pengajar dari Digital Skola akan datang langsung ke tempat yang sudah ditentukan oleh perusahaan A. 

Perbedaan Public Training dan In House Training

Perbedaan Public Training dan In House Training
In House Training Adalah (Photo by fauxels on pexels)

Dua jenis pelatihan yang umum dilaksanakan oleh perusahaan adalah in house training dan public training. Meskipun keduanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya:

Lokasi 

  • In house training = Diadakan di dalam perusahaan atau di lokasi yang telah ditentukan perusahaan
  • Public training = Diadakan di luar perusahaan karena peserta yang datang juga dari berbagai perusahaan

Materi Pelatihan

  • In house training = Disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan dan relevan dengan pekerjaan karyawan
  • Public training = Materi pelatihan cenderung lebih umum dan tidak disesuaikan dengan kebutuhan spesifik satu perusahaan

Fleksibilitas Waktu

  • In house training = Perusahaan memiliki kontrol penuh atas penjadwalan pelatihan
  • Public training = Jadwal pelatihan sudah ditentukan oleh penyelenggara, sehingga perusahaan dan karyawan harus menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut

Tujuan In House Training

Tujuan In House Training
In House Training Adalah (Photo by Rebrand Cities on pexels)

Tujuan in house training adalah agar perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas lebih baik dan profesional. Selain itu, in house training juga memiliki beberapa tujuan lainnya seperti:

Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan Karyawan

Tujuan utama in house training adalah untuk meningkatkan keterampilan teknis dan pengetahuan karyawan sesuai dengan tuntutan pekerjaan mereka. Dengan pelatihan yang tepat, maka karyawan juga bisa bekerja lebih efektif dan efisien. 

Mengatasi Masalah Spesifik

Melalui in house training, perusahaan bisa menangani masalah atau tantangan spesifik yang dihadapi karyawan dalam operasional sehari-hari. Pelatihan in house training ini dirancang untuk memberikan solusi terhadap isu-isu internal.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

In house training memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan materi pelatihan dengan kebutuhan spesifik dan strategi bisnis perusahaan, hal ini juga memastikan pelatihan yang diadakan relevan dan memiliki dampak langsung pada kinerja karyawan di perusahaan.

BACA JUGA: Tips Memilih Corporate Training Terbaik Untuk Perusahaan

Meningkatkan Produktivitas

Dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, in house training bisa meningkatkan produktivitas kerja. Karyawan yang terlatih dengan baik akan bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan dengan kualitas yang lebih tinggi.

Meningkatkan Adaptabilitas Terhadap Perubahaan

Kini, di era digital yang sangat dinamis, karyawan dituntut harus terus beradaptasi dengan perubahan teknologi dan pasar. In house training bertujuan untuk membantu karyawan untuk tetap update dengan perkembangan terbaru dan siap menghadapi perubahan.

Mendukung Implementasi Teknologi Baru

Ketika perusahaan mengadopsi teknologi atau sistem baru, in house training bisa memastikan bahwa semua karyawan memahami cara menggunakannya dengan efektif sehingga meminimalkan gangguan operasional.

Keunggulan In House Training

Keunggulan In House Training
In House Training Adalah (Photo by Christina Morillo on pexels)

In house training memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi banyak perusahaan. Berikut beberapa keunggulan utamanya:

Materi Bisa Menyesuaikan Kebutuhan

Materi pelatihan in house training bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dan konteks perusahaan. Tentunya, hal ini memastikan bahwa pelatihan relevan dengan tugas sehari-hari karyawan dan mendukung tujuan perusahaan.

Memberikan Rasa Aman dan Nyaman

Perusahaan yang mengadakan in house training lebih memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawannya karena peserta pelatihan tersebut tidak tergabung dengan karyawan dari perusahaan lainnya. Selain itu, umumnya karyawan juga tidak perlu mengambil cuti dari kantor karena pelatihan ini biasanya menggunakan jam kerja reguler mereka. 

Efektivitas Biaya

In house training juga bisa menghemat biaya dalam jangka panjang karena perusahaan tidak perlu membayar karyawan untuk menghadiri konferensi pelatihan di luar kantor. Ini menjadi solusi yang lebih ekonomis.

Fleksibilitas Waktu

Perusahaan memiliki kontrol penuh atas penjadwalan pelatihan. Ini memungkinkan pelatihan diselenggarakan pada waktu yang paling sesuai dengan ketersediaan karyawan.

Mengatasi Masalah Spesifik 

In house training bisa difokuskan pada masalah atau tantangan spesifik yang dihadapi oleh perusahaan sehingga memungkinkan penyelesaian masalah dengan lebih cepat dan efektif.

Manfaat Jangka Panjang

Dalam jangka panjang, dari segi biaya, hasil, hingga time serta impact, in house training lebih efektif jika dibandingkan dengan pelatihan lainnya seperti public training. 

Contoh In House Training

Contoh In House Training
In House Training Adalah (Photo by MART PRODUCTION on pexels)

In house training bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan dan mencakup berbagai topik yang relevan dengan operasional bisnis dan pengembangan karyawan. Berikut beberapa contoh in house training yang umum dilakukan oleh perusahaan: 

Pelatihan Teknologi

  • Contoh = Pelatihan menggunakan Tableau untuk visualisasi data
  • Tujuan = Membantu data scientist di perusahaan memahami dan menguasai Tableau untuk membantu proses visualisasi data

Pelatihan Kepemimpinan

  • Contoh = Pelatihan kepemimpinan untuk manajer baru yang mencakup keterampilan komunikasi, manajemen waktu, dan pengambilan keputusan strategis
  • Tujuan = Mengembangkan keterampilan kepemimpinan untuk mempersiapkan manajer dalam mengelola tim

Pelatihan Pengembangan Soft Skills

  • Contoh = Pelatihan personal branding, critical thinking, dll untuk seluruh karyawan
  • Tujuan = Meningkatkan keterampilan interpersonal untuk menciptakan lingkungan kerja lebih produktif 

Pelatihan Keterampilan Teknis Khusus 

  • Contoh = Pelatihan pengoperasional tools tertentu yang hanya digunakan dalam industri atau perusahaan tersebut
  • Tujuan = Meningkatkan kompetensi karyawan dalam menjalankan tugas-tugas spesifik yang membutuhkan keahlian khusus

Dengan berbagai contoh ini, perusahaan dapat memilih dan merancang program in house training yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Langkah-langkah Merencanakan In House Training

Langkah-langkah Merencanakan In House Training
In House Training Adalah (Photo by Yan Krukau on pexels)

Jika perusahaan Anda berencana menerapkan program pelatihan in house training. Maka ada beberapa poin penting yang perlu disiapkan sebelum merancang program pelatihan ini:

Penilaian Kebutuhan

Hal pertama yang harus disiapkan saat merancang program in house training adalah penilaian seperti:

  • Kebutuhan yang diperlukan
  • Masalah yang ingin diatasi dengan melakukan kegiatan pelatihan
  • Karyawan atau divisi yang memerlukan pelatihan

Setelah mengetahui kebutuhan yang diperlukan, perusahaan bisa lanjut untuk menentukan rancangan pelatihan

Rancangan Pelatihan

Dalam proses merancang pelatihan in house training ini, perusahaan Anda perlu memutuskan hal-hal yang bisa membantu kelancaran kegiatan, seperti:

  • Sumber daya
  • Tools pendukung
  • Kurikulum
  • Mentor/Vendor pelatihan

Menentukan Materi Pelatihan

Perusahaan Anda bisa fokus memberikan materi yang relevan dan spesifik dengan kebutuhan perusahaan. Pada tahapan ini, perusahaan juga bisa menentukan poin-poin materi dengan trainer atau vendor pelatihan yang bisa Anda undang untuk merancang program.

Validasi Program In House Training 

Sebelum akhirnya melaksanakan in house training, perusahaan wajib memvalidasi program yang sudah direncanakan. Pastikan perusahaan sudah mengevaluasi kekuatan dan kelemahan program pelatihan serta melakukan perubahan bila ada yang perlu diubah.

Finalisasi dengan Vendor Pelatihan

Setelah program divalidasi, langkah selanjutnya adalah melakukan finalisasi dengan vendor pelatihan, perusahaan Anda harus melakukan finalisasi di beberapa aspek seperti:

  • Kurikulum pelatihan
  • Mentor yang akan mengajar
  • Lokasi pelatihan
  • Waktu pelatihan
  • Fasilitas pelatihan
  • Budget pelatihan

Pastikan perusahaan Anda memilih vendor pelatihan yang terbaik agar in house training bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. 

Rekomendasi In House Training 

Rekomendasi In House Training 
In House Training Adalah (Photo by Kindel Media on pexels)

Jika perusahaan Anda saat ini sedang mencari vendor yang bisa mengadakan pelatihan in house training, Digital Skola bisa jadi pilihan. Ada banyak pilihan program yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan seperti:

  • Corporate Training
  • Corporate Social Responsibility
  • Management Trainee
  • Training for Trainers
  • Certification Training
  • Education Institution

Menariknya lagi, pelatihan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan:

  • Analisis dan visualisasi data perusahaan
  • Pengoperasian tools terupdate
  • Penguasaan ads digital (Meta & Google)
  • Evaluasi dan strategi pengelolaan social media
  • Desktop & mobile development sesuai prinsip UIUX
  • Berbagai kebutuhan perusahaan lainnya

Penasaran ingin tahu info lebih lengkap mengenai program ini? Click button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi