Tips Memilih Corporate Training Terbaik Untuk Perusahaan

digitalskola

digitalskola

29 Maret 2024

     Tips Memilih Corporate Training (Photo by Pixabay on Pexels)

Di era digital seperti saat ini, persaingan bisnis antar perusahaan menjadi semakin ketat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan salah satu yang paling dirasakan oleh hampir semua bisnis adalah perkembangan teknologi yang mengharuskan perusahaan untuk terus beradaptasi agar tidak tertinggal oleh pesaing yang lebih inovatif. Perusahaan dituntut untuk memberikan nilai tambah agar bisa mempertahankan posisi di pasar yang semakin kompetitif. Untuk menghadapi situasi ini, perusahaan harus menyiapkan SDM yang terbaik. Oleh karena itu, tips memilih corporate training akan sangat membantu perusahaan untuk menyiapkan SDM yang dimilikinya. 

Di era digital seperti saat ini, persaingan bisnis antar perusahaan menjadi semakin ketat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan salah satu yang paling dirasakan oleh hampir semua bisnis adalah perkembangan teknologi yang mengharuskan perusahaan untuk terus beradaptasi agar tidak tertinggal oleh pesaing yang lebih inovatif. Perusahaan dituntut untuk memberikan nilai tambah agar bisa mempertahankan posisi di pasar yang semakin kompetitif. Untuk menghadapi situasi ini, perusahaan harus menyiapkan SDM yang terbaik. Oleh karena itu, tips memilih corporate training akan sangat membantu perusahaan untuk menyiapkan SDM yang dimilikinya. 

SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan aspek yang sangat penting bagi kesuksesan perusahaan. Bisa dibilang, SDM tidak hanya merupakan tenaga kerja yang menjalankan operasional bisnis sehari-hari, tetapi juga merupakan aset yang berharga yang bisa memberikan nilai tambah melalui:

  • Keterampilan
  • Pengetahuan
  • Kreativitas

SDM yang terampil dan terlatih bisa meningkatkan:

  • Produktivitas
  • Inovasi bisnis
  • Efisiensi perusahaan
  • Membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif

Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan dan pelatihan SDM melalui corporate training merupakan langkah penting bagi perusahaan untuk memastikan pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang bisnis. Tentunya, dalam memilih corporate training tidak bisa sembarangan. Simak artikel ini untuk tahu tips memilih corporate training terbaik untuk perusahaanmu! 

BACA JUGA: Bocoran Materi Big Data Untuk Training Perusahaan

Apa Itu Corporate Training? 

Apa Itu Corporate Training? 
        Apa Itu Corporate Training (Photo by Tran Nhu Tuan on Pexels)

Corporate training adalah aktivitas yang dilaksanakan perusahaan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kepada karyawannya. Dengan corporate training, perusahaan berharap bisa meningkatkan hardskills dan softskills karyawan dan bisa menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari dengan efisiensi dan kualitas yang lebih baik daripada sebelumnya. 

Umumnya pihak yang menyelenggarakan corporate training bisa dari perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja alias pelatihan dilakukan secara internal di lingkungan perusahaan itu saja. Atau, bisa juga dari lembaga lain yang memang ranah kerjanya mengadakan corporate training itu, biasanya lembaga terkait akan mengadakan pelatihan di perusahaan yang membutuhkan.

BACA JUGA: Materi dan Biaya Pelatihan Big Data Untuk Perusahaan

Manfaat Corporate Training Untuk Karyawan

Manfaat Corporate Training Untuk Karyawan
                      Manfaat Corporate Training (Photo by Edmond Dantès on Pexels)

Corporate training membawa banyak manfaat bagi karyawan, berikut beberapa diantaranya:

Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Corporate training memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mempelajari keterampilan baru tau meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki agar bisa diterapkan dalam tugas sehari-hari secara lebih efektif dan efisien.

Pengembangan Diri 

Tidak hanya meningkatkan pengetahuan terkait pekerjaan, corporate training juga membantu karyawan dalam pengembangan pribadi mereka seperti:

  • Kepemimpinan
  • Komunikasi
  • Manajemen waktu

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan memberikan corporate training kepada karyawan, mereka akan mendapatkan pengetahuan baru sehingga mereka akan merasa lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas pekerjaannya.

Meraih Kemajuan Karier

Corporate training juga akan membuka pintu karyawan untuk mendapatkan promosi jabatan karena biasanya karyawan yang terlatih secara profesional akan lebih dihargai perusahaan dan memiliki peluang yang lebih besar untuk kemajuan karier.

Meningkatkan Loyalitas Terhadap Perusahaan

Karyawan yang mendapat dukungan dalam pengembangan keterampilan mereka biasanya cenderung akan merasa lebih terikat dan loyal terhadap perusahaan karena mereka merasa dihargai dan didukung dalam pertumbuhan kariernya.

Membantu Perusahaan Menyesuaikan dengan Industri Terkini

Kini teknologi dan tren industri terus berkembang. Oleh karena itu, corporate training akan membantu karyawan untuk bisa tetap relevan dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerjanya.

Meningkatkan Kesadaran Terhadap Nilai Perusahaan

Dengan memberikan corporate training kepada karyawan, perusahaan bisa meningkatkan kesadaran akan aspek budaya perusahaan, nilai-nilai, dan etika kerja sehingga membantu memperkuat kesadaran perusahaan di antara karyawan,

Manfaat Corporate Training Untuk Perusahaan

Manfaat Corporate Training Untuk Perusahaan
                      Manfaat Corporate Training (Photo by Edmond Dantès on Pexels)

Selain bermanfaat untuk karyawan, tentunya corporate training juga membawa banyak dampak positif terhadap perusahaan. Berikut diantaranya:

Peningkatan Produktivitas

Karyawan yang terlatih biasanya cenderung akan lebih produktif dalam mengerjakan tugas sehari-harinya. Corporate training akan memberikan keterampilan dan pengetahuan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Tim yang Kompeten

Dengan menginvestasikan dalam corporate training, perusahaan bisa menciptakan tim yang kompeten dan siap menghadapi tantangan-tantangan di industri saat ini dan industri di masa depan. 

Meningkatkan Inovasi Bisnis

Karyawan yang mendapatkan pelatihan cenderung akan lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah serta menemukan solusi baru. Oleh karena itu, dengan mengadakan corporate training perusahaan akan mendapatkan banyak insight dari sudut pandang yang berbeda dan mendapatkan ide-ide baru serta inovasi untuk bisnis.

Meningkatkan Daya Saing

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif perusahaan perlu memiliki karyawan yang kompeten yang siap menghadapi tantangan-tantangan industri yang ada. Corporate training bisa membantu menghasilkan tim yang terlatih dan siap bersaing di kondisi pasar.

Tips Memilih Corporate Training

Tips Memilih Corporate Training
   Tips Memilih Corporate Training (Photo by Vlada Karpovich on Pexels)

Tentunya, untuk bisa mendapatkan manfaat corporate training secara maksimal, perusahaan harus memilih corporate training terbaik. Berikut beberapa tips memilih corporate training:

Tips Memilih Corporate Training: Identifikasi Kebutuhan

Tips pertama adalah lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk mengidentifikasi kebutuhan corporate training dari sisi perusahaan dan karyawan, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan seperti:

  • Tujuan strategis perusahaan
  • Kebutuhan keterampilan karyawan
  • Bidang yang perlu dilatih
  • Kebutuhan perusahaan

Tips Memilih Corporate Training: Sesuaikan dengan Strategi Bisnis

Selanjutnya setelah mengidentifikasi kebutuhan, pilih pelatihan yang sejalan dengan strategi bisnis perusahaan. Pastikan juga bahwa pelatihan yang dipilih akan membantu mencapai tujuan jangka panjang perusahaan dan mendukung perkembangan yang berkelanjutan.

Tips Memilih Corporate Training: Perhatikan Ketersediaan Sumber Daya

Tips lain adalah pastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk mendukung pelatihan yang dipilih seperti:

  • Waktu karyawan untuk ikut pelatihan
  • Anggaran untuk biaya pelatihan
  • Infrastruktur yang diperlukan

Tips Memilih Corporate Training: Pilih Lembaga yang Terpercaya

Tips memilih corporate training selanjutnya adalah cari lembaga terpercaya yang memiliki reputasi baik dan pengalaman dalam industri. Pastikan perusahaan memeriksa:

  • Referensi lembaga pelatihan
  • Ulasan lembaga pelatihan
  • Rekam jejak lembaga pelatihan

Tips Memilih Corporate Training: Perhatikan Kualitas Materi dan Instruktur

Selanjutnya, pastikan juga kualitas materi pelatihan dan kualifikasi instruktur yang akan memberi pelatihan tersebut. Pastikan bawah materi yang diberikan:

  • Relevan
  • Sesuai kebutuhan perusahaan dan karyawan
  • Sesuai dengan tren industri terkini
  • Disajikan dengan cara yang efektif

Tips Memilih Corporate Training:: Pertimbangkan Format Pelatihan

Pilih format pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan preferensi karyawan. Ada beberapa format pelatihan yang kini tersedia di banyak lembaga, diantaranya:

  • Pelatihan tatap muka
  • Pelatihan online
  • Kombinasi (Hybrid)

Tips Memilih Corporate Training: Tentukan Indikator Kinerja Pelatihan

Tentukan indikator kinerja yang bisa diukur sebelum dan setelah pelatihan untuk menilai dampaknya terhadap kinerja individu dan perusahaan secara keseluruhan.

Rekomendasi Corporate Training Untuk Perusahaan

Apabila perusahaan Anda sedang mencari lembaga atau penyelenggara corporate training yang berkualitas dan percaya, maka program Corporate Training dari Digital Skola adalah pilihan yang tepat. Di program ini, perusahaan Anda bisa menyiapkan SDM perusahaan untuk transformasi digital dengan training skill digital dan teknologi terbaik dari Digital Skola. Berikut beberapa kelebihan dari Corporate Training Digital Skola:

Tutor Praktisi Bersertifikasi

Tutor program Corporate Training Digital Skola merupakan praktisi berpengalaman di bidangnya dengan sertifikasi keahlian nasional maupun internasional.

Pilihan Waktu Pelatihan

Perusahaan Anda bisa memilih waktu pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan baik itu di dalam jam kerja maupun di luar jam kerja. 

Kurikulum Fleksibel

Kurikulum bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan tujuan perusahaan. Tentunya, kurikulum yang disediakan juga akan relevan dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Harga Terbaik

Perusahaan Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan corporate training dengan budget yang dimiliki perusahaan.

Berikut beberapa pilihan program Corporate Training dari Digital Skola:

  • QA Engineering
  • Social Media Strategy
  • Copywriting
  • Digital Marketing 
  • Data Science
  • Cyber Security
  • UI/UX Design
  • Data Engineering
  • Data Science
  • Digital Marketing 

Selain itu, ada juga pilihan program lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Penasaran ingin tahu info lengkapnya? Klik button di bawah!

chat