Fresh Graduates Adalah: Definisi dan Panduan Karier

digitalskola

digitalskola

1 Januari 2023

fresh graduates adalah
Fresh Graduates Adalah (Photo by MD Duran on Unsplash)

Momen kelulusan setelah mengenyam bangku pendidikan mungkin menjadi masa yang paling ditunggu-tunggu. Berhasil lulus dengan gelar yang diperjuangkan selama kurang lebih empat tahun, kini kamu resmi menjadi fresh graduates! Bisa disimpulkan, fresh graduates adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang baru saja lulus dari pendidikan formal seperti perguruan tinggi dan belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan di industri. 

Biasanya, setelah lulus kuliah, pertanyaan paling pertama yang akan muncul adalah ‘Bagaimana menentukan fresh graduates career journey-mu di dunia kerja?’. Pertanyaan ini muncul karena faktanya setelah lulus dari kuliah bukan akhir dari perjalanan, melainkan menjadi sebuah awalan untuk membuka gerbang kehidupan yang sesungguhnya. Kedepannya, mungkin kamu akan sering berurusan dengan berkas keperluan kerja, seperti CV, resume, cover letter, portofolio, hingga persiapan interview kerja. 

Tak heran, terkadang bagi sebagian orang berada di fase fresh graduates adalah fase yang seringkali membuat cemas akan masa depan, tapi tidak perlu khawatir, lewat artikel ini kamu bisa mengetahui hal yang harus disiapkan ketika mulai memasuki dunia kerja. Simak terus! 

BACA JUGA: Wajib Diasah! Ini Cara Meningkatkan Softskill untuk Jobseeker

Batas Waktu Fresh Graduates Adalah

Batas Waktu Fresh Graduates Adalah
           Fresh Graduates Adalah (Photo by Vasily Koloda on Unsplash)

Seperti penjelasan sebelumnya, fresh graduates adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikan diploma atau sarjana dan belum memiliki pengalaman kerja yang signifikan. Umumnya seseorang dianggap sebagai fresh graduates selama beberapa tahun setelah menyelesaikan pendidikannya, biasanya sekitar 1 hingga 3 tahun. 

Jika sudah melewati waktu tersebut dan sudah memiliki pengalaman kerja yang signifikan, maka kamu tidak lagi dianggap sebagai fresh graduates. Namun, tentunya hal ini bukan merupakan aturan yang mutlak, karena penggunaan istilah ini berbeda di berbagai sektor dan perusahaan. 

Keuntungan Fresh Graduates Adalah

Keuntungan Fresh Graduates Adalah
     Fresh Graduates Adalah (Photo by Charles DeLoye on Unsplash)

Sebagai fresh graduates, kamu memiliki banyak keuntungan dan peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan yang mencari fresh graduates karena dianggap memiliki potensi besar untuk berkembang dan mudah diarahkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa dinikmati seorang fresh graduates seperti:

Keuntungan Fresh Graduates Adalah: Potensi Pertumbuhan Karier

Fresh graduate memiliki kesempatan untuk memulai karier dari awal dan membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan karier di masa depan. 

Keuntungan Fresh Graduates Adalah: Kesempatan Untuk Belajar

Sebagai fresh graduates, kamu memiliki kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kamu bisa memanfaatkan waktu sebagai fresh graduate untuk eksplorasi skills sesuai latar belakang pendidikan dan skills yang tidak relevan dengan latar belakang pendidikan. 

Keuntungan Fresh Graduates Adalah: Kesempatan Untuk Memperluas Networking 

Memulai karier sebagai fresh graduates memberikanmu kesempatan untuk membangun networking profesional yang luas baik melalui rekan-rekan sekelas, alumni, hingga profesional di industri yang relevan. 

Keuntungan Fresh Graduates Adalah: Kesempatan Untuk Eksplorasi Berbagai Bidang 

Sebagai fresh graduate, kamu bisa mencoba berbagai jenis pekerjaan dari bidang industri yang beragam untuk membantu menentukan minat dan bakat yang sesuai. Saat jadi fresh graduates, kamu bisa coba mengikuti internship di perusahaan dari berbagai industri untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas. 

Keuntungan Fresh Graduates Adalah: Kesempatan Untuk Mendapat Bimbingan

Umumnya, banyak perusahaan yang memberikan mentorship atau pelatihan khusus untuk para karyawannya yang statusnya fresh graduates. Perusahaan memberi fasilitas pelatihan untuk membantu kamu mengatasi berbagai tantangan awal dalam karier dan mempercepat perkembangan karier.

BACA JUGA: Gaji Ketinggian Jadi Alasan Fresh Graduate Susah Dapat Kerja

Panduan Memulai Karier Fresh Graduates Adalah

Panduan Memulai Karier Fresh Graduates Adalah
               Fresh Graduates Adalah (Photo by Good Free Photos on Unsplash)

Sebagai fresh graduates, memulai karier menjadi keputusan penting yang harus dilalui dan ditentukan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, berikut panduan memulai karier sebagai fresh graduates

Mengenal Diri sendiri

Rasa bingung dan gelisah muncul karena kamu yang masih belum mengenal dirimu dengan baik. Hal ini menjadi langkah pertama kamu sebelum mengambil langkah-langkah berikutnya demi mencapai kehidupan yang kamu impikan. Terdapat dua faktor utama, yaitu karier dan masa depan, yang selalu menghantui pikiranmu setiap hari. 

Hal ini mulai terjadi ketika kamu sudah berapa di semester akhir perkuliahan, lulus dan berstatus fresh graduate, dan fokus mencari pekerjaan pertamamu sebagai pencari kerja. Kamu dapat mengatasi kegelisahan, kebingungan, serta kehilangan arahmu dengan mulai melakukan:

  • Identifikasi diri
  • Mengenali diri
  • Mengetahui hal yang sebenarnya kamu inginkan

Salah satu cara yang dapat membantumu untuk mengenal dan mengidentifikasi diri mengenai passion dan ketertarikanmu dengan menggunakan tes potensi diri online yang bisa kamu lakukan di sini.

Riset List Pekerjaan

Setelah mengenal diri sendiri, maka saatnya kamu untuk mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat. Kamu bisa riset dan eksplorasi jenis pekerjaan yang saat ini banyak dicari di industri dan memiliki prospek serta kisaran gaji yang menjanjikan. Kamu bisa mulai dengan membaca job description dari berbagai pekerjaan, kemudian identifikasi pekerjaan tersebut apakah sesuai dengan:

  • Latar belakang pendidikan
  • Value 
  • Tujuan karier 
  • Pengalaman
  • Kompetensi

Analisis List Pekerjaan yang Paling Sesuai

Selanjutnya, setelah kamu eksplorasi berbagai jenis pekerjaan, coba kamu lakukan riset yang lebih mendalam mengenai kecocokan profesi tersebut dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Kamu bisa coba mengulik lebih dalam terkait:

  • Gaya kerja 
  • Work culture
  • Kompensasi
  • Peluang karier
  • Penempatan kerja

Jika kamu saat ini adalah fresh graduates yang ingin mencoba menjajaki perusahaan dan profesi dengan kontrak kerja yang tidak terlalu lama, maka lebih baik kamu ambil jenis pekerjaan internship, freelance, atau part time. Namun, jika kamu ingin memiliki stabilitas karier, gaji, dll maka kamu bisa langsung melamar sebagai karyawan tetap.

BACA JUGA: Cara Membalas Email Interview Bahasa Inggris

Pelajari Skills

Setelah mengenal diri dan mengetahui minat dan passion serta memiliki profesi impian yang sesuai minat dan bakat, sekarang selanjutnya yaitu meningkatkan keterampilan yang dapat membantu kamu untuk mencapainya. Terlebih, masih banyak tantangan yang harus dihadapi setelah kamu masuk ke dunia baru tersebut, kamu harus cepat beradaptasi dan terus meningkatkan kemampuan agar dapat bertahan.

Saat ini, kamu sudah sangat mudah untuk dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan, bahkan kamu bisa melakukannya di dalam kamar secara online melalui berbagai macam platform seperti Digital Skola. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan dapat membantu kamu untuk mencapai kualifikasi yang dibutuhkan pada karier impianmu sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mencapainya.

Temukan dan ikuti kelas-kelas dan kursus yang memiliki sertifikasi resmi agar bisa kamu cantumkan di CV,  portofolio, maupun profil LinkedIn sebagai personal branding-mu.

Ikut Internship 

Sebagai fresh graduates, kamu akan menerima banyak manfaat ketika mengikuti program magang. Kamu akan memperoleh banyak pelajaran dan keterampilan yang tidak hanya berguna untuk kehidupan kariermu, tapi juga bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut College Raptor, beberapa hal yang dapat kamu dapatkan dari menjalani program magang adalah sebagai berikut:

  1. Paham ara berkomunikasi secara profesional = Melalui pengalaman yang kamu hadapi ketika magang, kamu akan mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan atasan, klien, atau rekan kerja di lingkungan kerja
  2. Membangun relasi dan koneksi = Program magang akan mempertemukanmu dengan berbagai macam orang yang telah berpengalaman di bidangnya tersendiri untuk membangun network yang berharga
  3. Belajar menentukan prioritas = Kamu akan terlatih dalam menentukan prioritas dan mengatur berbagai tugas dan tanggung jawab yang akan diberikan

Membangun Portofolio

Portofolio adalah dokumen yang berisi riwayat pengalaman organisasi atau kerja, pencapaian (achievement), hingga kumpulan hasil karya yang pernah kamu buat. Membuat portofolio akan sangat mudah bila kamu sudah memiliki pengalaman kerja. Tapi, bagaimana dengan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja? 

Tidak perlu bingung atau berkecil hati karena cara membuat portofolio lamaran kerja untuk fresh graduates bisa diakali dengan mencantumkan tugas selama sekolah atau kuliah. Tapi, bagaimana jika selama masa kuliah atau sekolah, tidak ada materi praktikal yang bisa jadi bahan portofoliomu?

Jangan khawatir, kamu bisa mengasah skill sekaligus membuat portofolio kerja yang berbasis real project dengan mengikuti program pelatihan seperti Digital Skola.

Cari Bantuan Profesional

Selain berusaha sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan para profesional yang berpengalaman dalam dunia karier untuk mendapatkan bimbingan dan pendampingan dalam memilih karier yang tepat. Biasanya, setelah lulus kuliah pihak universitas memiliki fasilitas konsultasi untuk mahasiswa yang ingin mulai mencari kerja. Namun, jika tidak ada, kamu bisa mengikuti pelatihan yang memiliki fasilitas career mentoring yang bisa membantu kamu menentukan pilihan karier dan pekerjaan yang tepat. 

Bangun Networking 

Bagi seorang fresh graduates, membangun networking memiliki manfaat yang sangat penting untuk memulai karier, seperti:

  1. Kesempatan kerja = Membuka pintu untuk kesempatan kerja yang tidak ada di situs pencarian pekerjaan atau proses perekrutan formal
  2. Mendapatkan insight terkait industri = Mendapatkan wawasan terkait industri, tren, dan perubahan terbaru yang terjadi di dunia kerja yang bermanfaat untuk mempersiapkan diri lebih baik untuk terjun ke dunia kerja
  3. Dapat bimbingan = Mendapatkan saran, bimbingan, hingga dukungan dalam menghadapi tantangan awal dalam karier
  4. Dapat feedback = Membantu kamu untuk mendapatkan nasihat dari rekan-rekan yang bisa membantu kamu untuk menuju kesuksesan karier 

Persiapkan Diri Sebagai Fresh Graduate Bersama Mentor Expert 

Persiapkan Diri Sebagai Fresh Graduate Bersama Mentor Expert 
            Fresh Graduates Adalah (Photo by Stephanie Hau on Unsplash)

Memulai karier sebagai fresh graduates adalah fase yang terasa sangat menantang. Namun, jika kamu melaluinya dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, maka kamu pasti bisa meraih kesuksesan. Jika kamu saat ini tertarik untuk upgrade skills sekaligus dapat bimbingan karier dari expert yang merupakan praktisi ahli di bidangnya, maka kamu bisa bergabung di kelas Digital Skola. Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ikuti sesuai dengan impian karier kamu seperti:

  • Data engineer
  • Data science
  • Data analyst
  • Social media specialist
  • QA engineer
  • DevOps engineer
  • KOL specialist
  • Digital writer
  • Virtual assistant
  • SEO specialist
  • Data entry specialist
  • Host live streaming 

Penasaran ingin tau info lengkap dari masing-masing kelas? Klik button di bawah!

chat