Kegunaan Utama Big Data Analytics Training

digitalskola

digitalskola

25 April 2023

Big data merupakan istilah untuk kumpulan data terstruktur dan tidak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar dan tidak bisa diolah dengan metode konvensional (Sumber: Datamation). Sama seperti data pada umumnya, big data bisa bermanfaat bagi bisnis jika sudah dilakukan analisis atau biasa disebut big data analytics training, yaitu proses pengolahan atau pengujian set data yang besar untuk menemukan korelasi data dan banyak informasi lainnya yang berguna untuk keputusan bisnis. Big data pada dasarnya terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Data terstruktur = Data yang bisa digunakan dalam bentuk aslinya. Contoh: Data gaji pegawai 
  2. Data tidak terstruktur = Data dengan format yang tidak tepat dan butuh proses konversi data yang lebih lama dibanding data terstruktur. Contoh: Hasil penelusuran Google
  3. Data semi terstruktur = Data yang mengandun format data terstruktur dan tidak terstruktur. Contoh: File dalam zipped folder

Sederhananya, big data seperti perpustakaan yang menyediakan banyak informasi mulai dari data gaji pegawai, hasil penelusuran di internet, foto, video, file dll. Sedangkan, big data analytics adalah proses yang dilakukan perusahaan untuk mengolah data-data tersebut menjadi insight yang bermanfaat. Lantas, apa saja jenis dan kegunaan big data? Dan di mana big data analytics training terbaik dengan materi dan fasilitas yang lengkap? Simak lengkapnya di artikel ini!

Big Data Analytics Training: Jenis 

Secara umum, ada 4 jenis big data analytics yaitu:

Big Data Analytics Training: Diagnostic

Jenis big data analytics training pertama adalah diagnostic analytics yaitu fokus mempelajari cara menganalisis alasan suatu hal terjadi. Diagnostic analytics mengambil lebih banyak input data yang beragam untuk menemukan fakta dan membuat hipotesis. Ada beberapa proses yang dilakukan saat melakukan diagnostic analytics seperti pemulihan data, data mining, dan penelusuran.

Big Data Analytics Training: Descriptive

Jenis big data analytics training kedua adalah descriptive analytics yaitu fokus mempelajari cara membuat ringkasan data sebelumnya ke dalam bentuk yang mudah dibaca. Descriptive analytics berisi penjelasan mengenai hal yang terjadi pada periode waktu tertentu seperti laporan pengeluaran, pendapatan, dll.

Baca juga: 3 Kunci Utama untuk Jadi Digital Talent

Big Data Analytics Training: Prescriptive

Jenis big data analytics training ketiga adalah prescriptive analytics yaitu fokus mempelajari cara menggabungkan informasi yang sudah didapatkan dari hasil analisis sebelumnya untuk memberikan insight kepada perusahaan. Biasanya, dalam proses prescriptive analytics perusahaan akan memanfaatkan teknologi artificial intelligence dan machine learning.

Big Data Analytics Training: Predictive

Jenis big data analytics training terakhir adalah predictive analytics yaitu fokus mempelajari cara memprediksi kemungkinan yang akan terjadi dalam waktu dekat, misalnya prediksi tren pasar. 

Kegunaan Big Data Analytics Training

Big data analytics training memberi banyak manfaat bagi perusahaan, diantaranya: 

Meningkatkan Produktivitas

Big data analytics training bisa membantu SDM perusahaan agar bisa mengumpulkan dan mengolah sejumlah data besar dengan lebih baik agar insight yang didapat bisa meningkatkan produktivitas perusahaan. Big data analytics juga bekerja secara otomatis menggunakan machine learning dan artificial intelligence sehingga bisa mengurangi risiko terjadi kesalahan pada pengolahan data. 

Mempercepat Pengambilan Keputusan

Dengan memanfaatkan berbagai big data analytic tools, perusahaan bisa mengolah data dengan jumlah besar dalam waktu yang sangat singkat, termasuk ketika ada sumber data baru. Hal ini akan membantu perusahaan untuk menemukan sumber masalah dengan cepat sehingga pengambilan keputusan selanjutnya juga akan lebih efisien. 

Mengetahui Kondisi Pasar

Salah satu fungsi dari big data analytics adalah menganalisis data pasar beserta tren yang sedang berkembang. Dengan input data yang real-time tersebut, perusahaan bisa menghasilkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Mengurangi Biaya

Training big data analytics juga akan mengasah skill karyawan dalam penggunaan cloud yang memiliki penyimpanan tidak terbatas, sehingga perusahaan bisa mengurangi biaya penggunaan banyak perangkat penyimpanan. Selain itu, dengan bantuan machine learning perusahaan juga bisa memprediksi biaya yang diperlukan.

Rekomendasi Big Data Analytics Training

Setelah mengetahui jenis dan kegunaan big data analytics training, kini saatnya kamu mencari big data analytics training yang memberikan materi dan fasilitas lengkap. Rekomendasi big data analytics training terbaik di Indonesia adalah Digital Skola. Selama mengikuti kelas, kamu akan mendapatkan materi lengkap seperti:

  1. Basic programming
  2. Database basic SQL
  3. Hadoop Fundamentals & Operations
  4. Machine Learning
  5. Object-Oriented Programming (OOP)

Selain itu, kamu juga akan dapat fasilitas lengkap mulai dari sertifikat, weekly performance report, portofolio, professional branding, dan masih banyak lagi. Penasaran dan ingin konsultasi lebih lanjut mengenai big data analytics training? Klik button di bawah ini!

Artikel Rekomendasi