Bagaimana Prospek Lowongan Data Engineer?

digitalskola

digitalskola

18 Mei 2023

Lowongan Data Engineer
Lowongan Data Engineer (Photo by Sigmund on Unsplash)

Kini perusahaan banyak yang menggantungkan masa depan bisnisnya kepada data. Sebab, data menjadi modal utama yang bisa memberikan insight mengenai berbagai keadaan yang sedang dihadapi perusahaan. Bahkan, kini perusahaan mengambil suatu keputusan atau kebijakan berdasarkan hasil dari data yang sudah diolah sedemikian rupa oleh berbagai profesi di bidang data seperti data scientist, data analyst, dan data engineer. Diantara tiga profesi ini lowongan data engineer kini semakin banyak bermunculan dan minat akan profesi ini juga semakin tinggi. 

Data engineer merupakan salah satu profesi yang diyakini akan bersinar mengikuti perkembangan digitalisasi dunia. Profesi ini bertanggung jawab untuk merancang, memelihara, hingga mengoptimalkan infrastruktur data untuk pengumpulan, pengelolaan, transformasi, dan akses data (Sumber: striim). Peran data engineer di perusahaan adalah membantu organisasi menyusun dan mengakses data mereka dengan kecepatan dan skalabilitas sesuai yang dibutuhkan dan menyediakan infrastruktur agar tim terkait di perusahaan bisa memberikan insight dan analitik yang sesuai dengan kebutuhan dari data yang dimiliki. 

Untuk kamu yang sudah mengincar profesi data engineer sebagai pilihan karier sekarang atau di masa depan, kamu bisa membaca artikel ini sampai lengkap untuk mengetahui prospek lowongan kerja data engineer

Prospek Terkini Lowongan Data Engineer

Data engineer merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun di era digitalisasi teknologi saat ini. Jika kita lihat ke belakang ada banyak report yang membuktikan bahwa data engineer pada masa itu menjadi profesi yang banyak dibutuhkan. Dice’s 2020 Tech Job Reports juga menyebut bahwa karier di ranah data engineering merupakan salah satu karier yang paling banyak diminati di seluruh dunia, bahkan data engineer berada pada posisi nomer satu dengan pertumbuhan sebesar 50% dibandingkan dengan profesi lainnya di bidang data seperti data analyst, data scientist, dan lain sebagainya. 

Kini, profesi data engineer juga masih sangat dibutuhkan bahkan lowongan data engineer kini masih booming, Indeed juga menyebut jumlah lowongan data engineer meningkat hingga lebih dari 400% di waktu lima terakhir. Menariknya, hasil studi The New Stack, posisi data engineer memiliki tingkat persaingan yang lebih sedikit dibandingkan profesi lain yang berhubungan dengan teknologi, untuk setiap lowongan yang dipublikasikan di Indeed dan Linkedin, lowongan pekerjaan data science memiliki tingkat keketatan sebesar 4,76% artinya satu posisi setidaknya diperebutkan oleh lima pelamar, sedangkan lowongan data engineer memiliki tingkat keketatan sebesar 2,53% yang artinya satu posisi diperebutkan oleh tiga pesaing saja (Sumber: Universitas Multimedia Nusantara). 

Jika kita lihat di beberapa job platform, kini lowongan data engineer juga banyak tersedia di berbagai perusahaan mulai dari nasional, multi nasional, hingga internasional. Di bulan Mei 2023 statistik lowongan data engineer di berbagai job platform seperti ini:

  1. Linkedin = Sekitar 658 lowongan data engineer 
  2. Indeed = Sekitar 796 lowongan data engineer 
  3. Tech in Asia = Sekitar 30 lowongan data engineer
  4. Glints = Sekitar 3422 lowongan data engineer

Secara gaji juga lowongan data engineer menawarkan gaji yang menggiurkan, Forbes mengklaim bahwa data engineer merupakan profesi yang sangat bergengsi dengan high salary dan permintaan tenaga profesional di yang tinggi di seluruh dunia. Berdasarkan laporan dari Indeed, rata-rata gaji data engineer di Indonesia per bulan adalah Rp 11.212.930 atau sekitar Rp 158.371.017 per tahunnya. Sementara, berdasarkan laporan dari Glassdoor, rata-rata gaji data engineer di Indonesia per bulan adalah Rp 10.000.000 gaji pokok dan sekitar Rp 14.000.000 dengan intensif tambahan. 

Baca juga: Kurang Dilirik, Gaji Data Engineer Ternyata Menggiurkan

Prospek Lowongan Data Engineer di Masa Depan

Prospek lowongan data engineer di masa sekarang memang masih sangat menjanjikan, menariknya prospek lowongan data engineer di masa depan juga ternyata masih sama menjanjikan. Hal ini dikarenakan pertumbuhan big data yang semakin berkembang, mengutip dari HEXAGON big data berkembang dengan sangat pesat dan diprediksi di tahun 2025 jumlah data yang dihasilkan akan mencapai 175 zettabytes. Dapat disimpulkan dari data ini, bahwa selama data terus berkembang maka lowongan data engineer di berbagai perusahaan juga akan terus ada. 

Rekomendasi Pelatihan Data Engineer di Indonesia

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa profesi data engineer bisa jadi pilihan karier yang menjanjikan. Menariknya, untuk bisa terjun berkarier di bidang ini kamu tidak perlu memiliki background di bidang IT. Kamu bisa memiliki skill hingga portofolio untuk berkarier jadi data engineer dengan mengikuti Bootcamp Data Engineer dari Digital Skola. 

Di program ini kamu akan diajarkan oleh mentor expert dari perusahaan ternama selama 3 bulan secara intensif menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kelas ini juga berfokus pada praktis sehingga kamu bisa lebih siap saat nanti terjun berkarier jadi data engineer. Untuk pembayarannya juga kamu bisa lakukan secara cicilan hingga 12 kali pembayaran dan kamu juga akan dapat fasilitas penunjang lain seperti:

  1. Job Connector
  2. 7 personal projects
  3. 1 portofolio end-to-end 
  4. Professional branding
  5. Personality & career assessment

Klik tombol di bawah ini untuk mulai langkah menjadi seorang data engineer sekarang juga!

Artikel Rekomendasi