Training Big Data: Tujuan dan Rekomendasi

digitalskola

digitalskola

1 April 2023

Training big data menjadi salah satu jenis pelatihan karyawan yang banyak dicari oleh perusahaan di berbagai industri. Salah satu alasannya, saat ini hampir semua bisnis sudah melakukan digitalisasi dan menjadikan data sebagai salah satu aset penting. Bahkan, tak sedikit perusahaan besar yang mulai berinvestasi untuk menyimpan dan mengolah seluruh datanya untuk berbagai kepentingan bisnis. Semakin besar perusahaan, data dan informasi yang dimiliki pun akan sangat besar, inilah yang disebut dengan big data. 

Mengutip GURU99 big data adalah kumpulan data yang sangat besar volumenya dan terus berkembang secara eksponensial seiring berjalannya waktu, kumpulan data tersebut berisi data dengan ukuran dan kompleksitas yang sangat besar sehingga tidak ada alat manajemen data tradisional yang bisa menyimpan atau memprosesnya secara efisien. Untuk bisa mengoptimalkan big data perusahaan juga harus memastikan SDM yang dimiliki sudah memiliki kompetensi yang sesuai. Salah satu cara meningkatkan kompetensi di bidang big data adalah dengan mengikuti training big data.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan perusahaan jika mendaftarkan karyawannya untuk mengikuti training. Diantaranya:

  1. Memastikan tenaga kerja yang dimiliki ahli dan terampil
  2. Memastikan tenaga kerja yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan industri
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja
  4. Meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan
  5. Mengurangi biaya dari berbagai risiko atau kesalahan

Sedangkan, untuk karyawan sendiri pelatihan akan membawa banyak manfaat seperti:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai kebutuhan industri
  2. Meningkatkan rasa percaya diri
  3. Mengurangi waktu yang digunakan untuk trial and error sendiri
  4. Meningkatkan inovasi dan kreatifitas
  5. Meningkatkan skill adaptasi terhadap perubahan
  6. Meningkatkan kualitas layanan
  7. Meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja

Lantas, apa tujuan dari mengikuti training big data untuk perusahaan? Di mana rekomendasi training big data yang biayanya kompetitif? Simak lengkapnya di artikel ini!

BACA JUGA: Snowflake Data Engineer: Definisi & Fungsi

Apa Itu Training Big Data?

Apa Itu Training Big Data?
                        Training Big Data (Photo by Mimi Thian on Unsplash)

Training big data adalah pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang dibutuhkan untuk bekerja dengan data dalam skala besar. Biasanya, training big data meliputi pemahaman terkait data yang dihasilkan, cara menyimpan hingga menganalisis data dalam volume besar. Training big data biasanya mencakup berbagai topik, seperti:

Pemrosesan Data

Memahami berbagai teknologi dan platform pemrosesan data yang digunakan untuk menangani volume data yang besar seperti:

  • Apache Hadoop
  • Apache Spark
  • Apache Flink

Penyimpanan Data

Memahami berbagai metode penyimpanan data seperti:

  • Basis data NoSQL
  • Penyimpanan data terdistribusi
  • Penyimpanan data berbasis cloud

Analisis Data

Mempelajari teknik dan alat untuk menganalisis big data seperti:

  • Analisis prediktif
  • Analisis statistik
  • Machine learning
  • Artificial intelligence

Visualisasi Data

Memahami cara menggambarkan dan mengkomunikasikan temuan dari big data secara efektif melalui visualisasi data yang tepat.

Keselamatan dan Keamanan Data

Mempelajari cara mengamankan data besar, termasuk:

  • Perlindungan privasi
  • Keamanan jaringan
  • Deteksi ancaman

Pemahaman Bisnis

Memahami cara big data dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis dan strategi perusahaan.

Tujuan Training Big Data Untuk Perusahaan

Tujuan Training Big Data Untuk Perusahaan
        Tujuan Training Big Data (Photo by The Climate Reality Project on Unsplash)

Umumnya, ada beberapa tujuan perusahaan mengadakan training big data, diantaranya:

Menentukan Penyebab Masalah Bisnis 

Tujuan pertama mengikuti training big data adalah agar perusahaan bisa melakukan analisis dan menentukan berbagai sebab dari suatu masalah yang terjadi di sistem atau bisnis. Secara bersamaan, karyawan bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses penyimpanan data.

Membantu Mengambil Keputusan

Umumnya big data akan dikombinasikan dengan berbagai smart device, internet of things, dan artificial intelligence. Nantinya kombinasi tersebut bisa memberikan berbagai informasi yang diperlukan bisnis untuk mengembangkan suatu produk. 

Training Big Data: Mendeteksi Anomali

Perusahaan skala kecil atau besar pasti pernah mengalami berbagai gangguan teknis atau non teknis. Salah satu tujuan training big data adalah agar bisa mendeteksi anomali atau hal-hal yang menyimpang secara cepat dan tepat. Selain itu, karyawan juga nantinya akan bisa membuat perencanaan dan memberikan beberapa insight berdasarkan data untuk mengurangi anomali yang terjadi. 

BACA JUGA: Manfaat dan Cara Mendapatkan BNSP Data Science

Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Tujuan training big data selanjutnya adalah agar bisnis bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih efisien terutama saat mengumpulkan sejumlah data besar. Nantinya, data yang dimiliki bisa dianalisis dan diinterpretasikan untuk menjadi insight yang bermanfaat dengan tepat dan juga cepat. 

Selain itu, dengan menggunakan big data juga memungkinkan karyawan untuk bekerja secara otomatis dan membantu mereka agar lebih proaktif saat membuat keputusan berdasarkan analisis data agar terhindar dari kesalahan yang bisa merugikan. 

Training Big Data: Menekan Biaya Pemasaran

Setelah mengikuti training big data, nantinya karyawan akan bisa memanfaatkan big data analytic untuk mengidentifikasi aktivitas pemasaran agar bisa lebih efisien dan hemat biaya. Selain itu, nantinya menggunakan bantuan machine learning dan artificial intelligence karyawan juga bisa memprediksi analisis yang nantinya membantu mengetahui biaya yang diperlukan untuk pemasaran.

Prediksi Pasar

Selanjutnya, tujuan training big data adalah agar karyawan bisa menggunakan analisis big data untuk membantu mengklasifikasi konsumen baik secara demografis hingga pemenuhan kebutuhan mereka agar bisa memberikan hasil analisis yang lebih solid dan bisa diterapkan dalam bisnis. Nantinya hasil analisis tersebut bisa mendatangkan potensi pelanggan baru hingga memungkinkan bisnis untuk bisa berkompetisi dan lebih unggul di pasar. 

Meningkatkan Reputasi Bisnis

Reputasi bisnis berpengaruh pada keinginan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan big data, perusahaan bisa mengetahui berbagai hal yang dibincangkan oleh konsumen mengenai layanan atau produk yang ditawarkan darn nantinya bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan reputasi bisnis hingga customer experience. 

BACA JUGA: Manfaat Big Data di Balik Kesuksesan Indomaret

Tujuan Training Big Data Untuk Karyawan

Tujuan Training Big Data Untuk Karyawan
        Tujuan Training Big Data (Photo by Headway on Unsplash)

Dalam penyelenggaraan training big data, tidak hanya terbatas pada tujuan untuk perusahaan saja. Tapi juga ada tujuan untuk karyawannya, berikut diantaranya:

Peningkatan Keterampilan Teknis

Karyawan akan memperoleh keterampilan teknis yang diperlukan untuk bekerja menggunakan tools dan teknologi terkait big data seperti:

  • Apache Hadoop
  • Apache Spark

Atau platform analitik lainnya. Hal ini akan meningkatkan daya saing karyawan di pasar kerja yang semakin terhubung dengan teknologi. 

Peningkatan Karier 

Dengan memperoleh pemahaman yang lebih dalam terkait big data, karyawan nantinya bisa menerima peran atau tanggung jawab yang lebih khusus di perusahaan yang memegang tugas krusial di bidang analisis big data. 

Meningkatkan Kualitas Pengambilan Keputusan

Karyawan yang terlatih dalam big data bisa menggunakan analisis data untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dan berbasis bukti. Ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis.

Meningkatkan Produktivitas 

Dengan memiliki kemampuan untuk memproses dan menganalisis data dengan lebih efisien, karyawan bisa meningkatkan produktivitas mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari. Karyawan bisa menemukan cara baru untuk mengotomatiskan proses atau mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi.

Meningkatkan Inovasi 

Karyawan yang terlatih dalam big data akan lebih mampu mengidentifikasi peluang inovasi berdasarkan analisis data. Mereka dapat:

  • Menemukan pola atau tren yang tidak terlihat sebelumnya
  • Membantu pengembangan produk atau layanan baru
  • Meningkatkan proses bisnis yang ada

BACA JUGA: Penerapan Apache Hadoop di Perusahaan Top Dunia

Kesiapan Menghadapi Perubahan

Dengan memahami big data, karyawan dapat menjadi lebih siap untuk menghadapi perubahan dalam lingkungan kerja yang semakin terhubung dengan data. Mereka dapat dengan cepat beradaptasi dengan teknologi baru atau perubahan kebutuhan bisnis.

Pertimbangan Saat Memilih Training Big Data 

Pertimbangan Saat Memilih Training Big Data 
          Pertimbangan Memilih Training Big Data (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Memilih training big data tentunya memerlukan pertimbangan yang cermat. Berikut beberapa pertimbangan yang perlu perusahaan Anda pertimbangkan saat memilih training big data: 

Tujuan dan Kebutuhan Training Big Data

Tentukan tujuan perusahaan Anda dalam mengadakan training big data. Apakah perusahaan Anda ingin memperdalam pemahaman tentang konsep-konsep dasar, atau apakah perusahaan Anda ingin mengembangkan keterampilan teknis tertentu dalam pemrosesan atau analisis big data? Pastikan training yang perusahaan Anda pilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan.

Kurikulum dan Materi Training Big Data

Tinjau kurikulum dan materi pelatihan. Pastikan bahwa topik yang diajarkan mencakup aspek-aspek yang relevan dan penting dalam big data seperti:

  • Pemrosesan data
  • Analisis data
  • Penyimpanan data
  • Keamanan data

Pengalaman Mentor 

Ketahui latar belakang dan pengalaman mentor yang akan mengajar selama training big data. Pastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang luas dan pengalaman praktis dalam bidang big data.

Reputasi dan Penyelenggara

Periksa reputasi penyelenggara training big data. Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik dalam menyelenggarakan pelatihan berkualitas dan membantu peserta mencapai tujuan pembelajaran.

Biaya

Pastikan biaya yang dikeluarkan sepadan dengan nilai yang perusahaan Anda terima. Bandingkan biaya dengan manfaat yang akan perusahaan Anda dapatkan dari pelatihan, termasuk peningkatan keterampilan dan nilai tambah lainnya.

Rekomendasi Training Big Data Harga Kompetitif

Rekomendasi Training Big Data Harga Kompetitif
        Rekomendasi Training Big Data (Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash)

Jika saat ini perusahaan kamu masih ragu untuk mengikuti training big data karena takut biayanya yang mahal. Tak perlu khawatir lagi, karena Digital Skola memiliki program Corporate Training yang bisa memberikan perusahaan Anda training untuk membangun infrastruktur big data agar dapat menjadi value bagi perusahaan yang akan membantu menyiapkan sumber daya manusia perusahaan sesuai dengan kebutuhan dengan biaya yang kompetitif. Kelebihan program Corporate Training Digital Skola diantaranya:

  1. Harga kompetitif sesuai budget perusahaan
  2. Mentor merupakan praktisi ahli
  3. Materi bisa disesuaikan 
  4. Kurikulum bisa disesuaikan
  5. Waktu training bisa disesuaikan

Perusahaan juga bisa memilih program sesuai kebutuhan, jika perusahaan membutuhkan training eksklusif maka bisa mengikuti program in house training. Namun, jika perusahaan membutuhkan training singkat, maka bisa mengikuti program seminar online atau webinar. Tutor yang akan mengajar di training big data dari Digital Skola juga sudah dipastikan memiliki sertifikasi keahlian yang kredibel seperti:

  • Google Certified Professional – Data Engineer (Google)
  • AWS Certified Cloud Practitioner (Amazon Web Services (AWS)

Penasaran ingin tahu info lengkapnya? Klik button di bawah!

Artikel Rekomendasi