7 Alasan Kamu Harus Mengikuti Digital Marketing Course

digitalskola

digitalskola

15 April 2022

Digital marketing course
Digital marketing course (Photo by Dominika Roseclay from Pexels)

Seiring dengan meningkatnya pengguna internet di seluruh dunia, tak mengherankan jika jumlah industri berbasis web atau online juga mengalami lonjakan secara signifikan. Tak hanya itu saja, bisnis yang sebelumnya berkutat dengan cara-cara konvensional juga telah beralih ke cara digital, termasuk dalam memasarkan brand-nya. Di sinilah digital marketing alias pemasaran digital dibutuhkan. Kamu juga bisa ikut terjun menjadi salah satu praktisinya dengan belajar lewat digital marketing course, yang bisa membantumu memulai langkah berkarier sebagai seorang digital marketer andal. Akan tetapi, mengapa kamu harus belajar digital marketing, ya? Berikut tujuh alasannya:

7 Alasan Ikut Digital Marketing Course

Alasan yang bisa jadi pertimbanganmu untuk ikut kelas digital marketing meliputi poin-poin penting berikut ini.

Bidang digital marketing akan terus berkembang di masa depan

Kalau kamu adalah orang yang senang belajar hal-hal baru, belajar digital marketing jelas merupakan pilihan yang sangat layak buat kamu pertimbangkan. Soalnya, pada dasarnya digital marketing merupakan sebuah bidang di mana kamu akan terus menemukan hal-hal baru yang bisa kamu pelajari dan ikuti.

Dengan memelajari dan menggeluti dunia digital marketing, kamu juga akan menemukan kebebasan terutama dalam mengasah kreativitasmu untuk membuat sebuah marketing plan. Karena teknologi dan perilaku manusia akan terus mengalami perubahan, kamu akan dituntut untuk terus berpikir kreatif dan inovatif. Artinya, kamu tidak dipaksa untuk terpaku pada satu pakem tertentu saja.

Meningkatnya pertumbuhan pasar kerja di bidang digital marketing

Dunia digital marketing merupakan bidang yang berkembang dengan sangat pesat. Dilansir dari Edureka, data statistic juga menunjukkan bahwa bidang yang satu ini akan mengalami peningkatan signifikan dalam hal peluang kerja. Dengan begitu, belajar digital marketing mulai dari sekarang adalah waktu yang pas. Sebab, bidang ini tidak akan jadi topik tertinggal dalam  beberapa tahun ke depan.

Peluang karier yang sangat luas dan beragam

Dengan memelajari digital marketing, kamu juga akan diuntungkan berkat banyaknya pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih nantinya. Jika kamu cek di berbagai portal lowongan kerja seperti LinkedIn, Indeed.com hingga Jobstreet, kamu bisa temukan puluhan ribu tawaran pekerjaan terkait digital marketing. Tak hanya itu, peluang karier di bidang digital marketing juga bisa dinikmati oleh freelancer, fresh graduate, maupun profesional yang berpengalaman. Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau kamu akan kalah saing hanya karena kamu masih pemula.

Fleksibilitas dalam berkarier

Begitu kamu menguasai keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh seorang digital marketer andal, kamu pun bisa temukan lebih banyak keahlian lainnya. Hal ini juga akan membantumu menentukan apa fokus atau konsentrasi karier yang kamu rasa lebih cocok buat kamu di masa depan, terutama jika kamu memutuskan untuk beralih ke spesialisasi yang berbeda.

Tak hanya itu, kamu bahkan bisa terus mengasah skill digital marketing yang saat ini sudah kamu punya sambil belajar skill baru dalam bidang yang sama. Dengan begitu, kamu bisa menikmati banyak opsi serta peluang belajar yang terus-menerus, dan bahkan mengombinasikan skill yang berbeda-beda untuk menjadikanmu digital marketer yang lebih andal.

Kemudahan dalam memulai proyek bisnis kreatif yang baru

Sambil mengasah skill, kamu juga bisa dengan mudah memulai proyek barumu sendiri dengan menggunakan berbagai platform digital seperti blog, YouTube, atau affiliate marketing. Apalagi, platform-platform tersebut juga merupakan bagian dari digital marketing.

Begitu kamu paham cara kerjanya, kamu akan tahu di titik mana yang pas jadi pijakanmu, bidang digital marketing mana yang pas untuk jadi fokusmu, channel pemasaran mana yang lebih kamu suka, dan sebagainya.

Memenuhi gap keahlian digital di dunia kerja

Kalau kelima alasan di atas lebih berkaitan dengan keuntungan digital marketing secara umum bagi bisnis, alasan keenam dan seterusnya akan lebih banyak berkaitan dengan skill-mu sebagai calon tenaga kerja berkualitas dan andal.

Tingginya permintaan akan profesional di bidang digital marketing sayangnya masih belum diimbangi dengan ketersediaan tenaga kerja dengan skill yang mumpuni. Inilah yang disebut sebagai gap keahlian alias skills gap, yaitu kesenjangan antara skill yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan dengan skill yang dimiliki seseorang.

Apabila terdapat skills gap, fungsi sesungguhnya dari sebuah pekerjaan pun jadi tidak bisa terpenuhi. Dan dengan mengikuti digital marketing course, kamu bisa tingkatkan skill-mu dan terus mengikuti perkembangan teknologi terkini agar keahlianmu selalu relevan.

Sertifikasi kredibel yang bisa bantu kamu memulai karier

Alasan lainnya kamu perlu ikut digital marketing course adalah sertifikasi. Dengan memiliki sertifikat pelatihan atau kelas digital marketing, peluangmu untuk berkarier di bidang ini jadi lebih besar. Bahkan, tak jarang sertifikasi ini jadi salah satu kunci penentu seseorang bisa langsung mendapatkan pekerjaan sebagai digital marketer setelah menyelesaikan program.

Tentunya, pilihlah program digital marketing course yang sudah terbukti kredibel dan mampu meningkatkan skill peserta, ya! Contohnya Kelas Digital Marketing dari Digital Skola, yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan keahlian dan menjadi digital marketer siap kerja hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Klik tombol di bawah ini untuk mendaftar sekarang juga!

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat