Rekomendasi Kursus Digital Marketing (Gratis & Berbayar)

digitalskola

digitalskola

31 Oktober 2021

kursus digital marketing
Photo by Merakist on Unsplash

Di dunia yang penuh dengan tren internet, gadget, dan teknologi masa kini, digital marketing masih menjadi salah satu industri yang tidak pernah sepi. Keterampilan ini tidak hanya penting dimiliki oleh para profesional, tetapi juga para pemilik bisnis maupun pengusaha. Industri digital marketing juga terus berubah seiring munculnya tren-tren baru. Para tenaga profesional harus tetap update dan relevan dengan perkembangan teknologi yang satu ini. Kursus digital marketing adalah alternatif yang bisa diupayakan agar kamu mampu mengikuti strategi serta tren terbaru supaya tidak kalah saing dengan kompetitor di luar sana.

Digital marketing adalah aspek yang sangat kompleks. Praktiknya lebih dari sekadar memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan jasa. Digital marketing memiliki berbagai strategi berbeda untuk menampilkan bisnis ke depan para pelanggan. Selain itu, digital marketing juga tetap berorientasi pada hasil. Tujuannya adalah menyampaikan pesan menuju target, waktu, serta tempat yang tepat.

Hubspot telah merangkum serangkaian statistik marketing di 2021. Di sana, kamu dapat melihat betapa luasnya perkembangan dunia digital marketing, terutama dalam hal tren terbaru dan peningkatannya di tahun ini. Hal inilah yang dapat memacu kamu untuk menguasai keterampilan teknis digital marketing yang terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan berbagai model kursus di bidang digital marketing. Apalagi, sudah banyak kursus gratis maupun berbayar yang bisa diakses dengan mudah secara online.

Rekomendasi Kursus Digital Marketing Gratis

Google Digital Garage – Google Digital Marketing Course

Merupakan kursus digital marketing gratis yang menawarkan pembelajaran untuk membantu para peserta mengembangkan bisnis mereka secara online. Kursus ini terbuka bagi setiap orang yang ingin meningkatkan keahlian digital marketing, baik blogger, pebisnis, maupun marketer profesional. Setelah menyelesaikan materi pembelajaran dan mengikuti ujian pelatihan online ini, kamu akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara global.

Selain itu, kursus ini juga punya daya tarik akreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University. Ada 26 modul yang siap kamu pelajari dan dikemas dalam bentuk latihan praktis sekaligus contoh studi kasus dari dunia nyata. Selain fleksibel, kursus ini juga sudah dirancang secara personal demi pemahaman belajar yang lebih baik. Terasa lengkap dengan akses menuju kuis dan latihan yang menunjang pemahaman serta keberhasilan dari strategi pembelajaran yang ada.

LinkedIn Learning – Free Digital Marketing Courses

Lynda atau LinkedIn Learning menawarkan berbagai kursus dan sertifikasi digital marketing untuk individu dari seluruh tingkatan. Mulai dari kursus dengan durasi pendek hingga pembelajaran yang ditargetkan kepada para profesional berpengalaman. Sekumpulan kursus ini juga sudah meliputi bermacam-macam aspek pemasaran, seperti content marketing, SEO, web analytics, brand marketing, social media marketing, e-mail marketing, dan lain-lain. Tujuan dari banyaknya pilihan kursus ini adalah sebagai titik awal dalam membangun pengetahuan dan memajukan keterampilan seputar digital marketing. Berikut daftar kursus yang dapat kamu akses melalui LinkedIn:

  • Online Marketing Foundations oleh Brad Batesol: Kursus ini akan mengajarkan cara untuk mempromosikan bisnis secara online. Kamu akan belajar cara membangun digital marketing campaign yang sukses melalui seluruh digital channel
  • Marketing Tools: Digital Marketing oleh Anson Alexander: Peserta kursus dapat menemukan bermacam-macam tools yang bermanfaat di berbagai bidang digital marketing
  • Digital Marketing Trends oleh Martin Waxman: Kamu akan mempelajari tren terbaru dalam digital marketing sehingga dapat memanfaatkannya bagi kemajuan serta kesuksesan bisnis
  • Social Media Marketing: Strategy and Optimization oleh Martin Waxman: Pelajari perkembangan terbaru dari Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, Snapchat, serta TikTok. Tujuannya untuk memahami positioning brand secara tepat menggunakan masing-masing platform
  • Building an Integrated Online Marketing Plan oleh Matt Bailey: Melalui kursus ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut cara menyusun perencanaan dan strategi digital marketing yang terintegrasi bagi sebuah bisnis
  • Brand and Marketing Integration oleh Dina Shapiro: Pelajari lebih dalam mengenai pendekatan brand and marketing integration yang komprehensif. Tujuannya untuk menjangkau seluruh stakeholders dan touchpoints dalam lingkup internal maupun eksternal.
  • Advanced Product Marketing oleh Jonathan Chang: Kursus ini mengajarkan teknik lanjutan yang dirancang untuk membantu product marketer dalam menentukan audiens kemudian mencocokkan produk berdasarkan kebutuhannya

BACA JUGA: 5 Softskill Digital Marketer yang Tidak Boleh Diabaikan

edX – Professional Certificate in Digital Marketing by Wharton

Program ini dirancang secara khusus oleh profesor di bidang ilmu marketing Wharton School. Kamu akan belajar banyak keterampilan seputar tren marketing masa kini. Beberapa diantaranya adalah omni-channel marketing, marketing analytics, social media strategy and analysis, serta data-driven customer-centric approaches. Wawasan dan informasi baru mengenai materi-materi terkait mampu melatih kamu untuk mempraktikkan dan mengambil keputusan marketing secara lebih baik. Program ini dapat kamu selesaikan rata-rata dalam durasi waktu selama 6 minggu.

Program ini cocok untuk para profesional muda yang ingin terjun ke industri kerja di bidang marketing. Selain itu, kursus ini juga direkomendasikan bagi kamu yang ingin meningkatkan keterampilan marketing lebih relevan dan bermanfaat di tempat kerja baru. Satu materi menarik yang akan kamu pelajari adalah memilih metrics paling tepat untuk memberikan pengukuran serta panduan berdasarkan upaya customer-centric.

Kursus ini memberikan fasilitas lengkap untuk memulai latihan di industri digital marketing secara intensif. Hal ini juga meliputi berbagai real project dan simulasi virtual memakai Mimic Pro untuk memberikan domain experience. Ada 40 tools digital marketing yang akan dipelajari dan dipraktikkan secara langsung. Program ini dapat menjadi sarana persiapan terbaik untuk mengikuti macam-macam ujian tingkat tinggi dari Online Marketing Certified Associate (OMCA), Google Analytics, Google Ads, Facebook, YouTube, dan sebagainya.

BACA JUGA: 7 Langkah Memulai Karier sebagai Digital Marketer

Berbagai pelatihan gratis di atas memang menguntungkan dalam hal biaya, namun tentu memiliki berbagai kekurangan. Beberapa kelemahan dari pelatihan gratis di atas diantaranya adalah kelas berupa video learning sehingga tidak interaktif, bahasa pengantar bahasa Inggris yang mungkin sulit dipahami dan tidak adanya fasilitas untuk berdiskusi dengan tutor atau sesama peserta. Untuk menghadapi hal ini, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengikuti kelas berbayar dengan fasilitas yang lebih lengkap, salah satunya adalah Bootcamp Digital Marketing di Digital Skola.

Kursus Digital Marketing di Digital Skola

Kamu kesulitan jika mengikuti pelatihan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris? Jika iya, kamu dapat memilih pelatihan yang diadakan oleh bootcamp dalam negeri, salah satunya adalah Bootcamp Digital Marketing di Digital Skola. Dalam program ini, kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran intensif dan efektif. Bersama Digital Skola, kamu bisa memperoleh banyak manfaat berikut:

  • Project implementation: Kamu berkesempatan membangun portofolio terbaik melalui proyek oleh bimbingan para tutor.
  • Professional branding: Sebelum terjun ke lapangan kerja, sangat penting untuk mempersiapkan diri dan membangun image profesional. Oleh karena itu, kamu akan dibantu dengan fasilitas profesional branding supaya profilmu makin menarik bagi para rekruter.
  • Internship program: Digital Skola juga menghadirkan program magang sebagai bentuk implementasi dari ilmu-ilmu yang telah kamu pelajari. Program ini sekaligus membantu kamu membangun portofolio sebagai seorang profesional.
  • Connecting the Jobs: Setelah kamu menyelesaikan pelatihan dengan baik, Digital Skola secara aktif merekomendasikan kamu kepada hiring partners, perusahaan rekanan, serta job platform.

Belajar sekarang di Bootcamp Digital Marketing untuk menyiapkan diri sebagai seorang marketer profesional hanya dalam tiga bulan bersama Digital Skola.

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat