SEO Specialist Gaji: Junior hingga Senior Level

digitalskola

digitalskola

27 Februari 2023

Di era serba digital, mulai banyak bermunculan pekerjaan baru yang berbasis IT. Salah satunya adalah SEO Specialist, namun meski terdengar baru, profesi ini sebenarnya sudah cukup lama ada di dunia internet, khususnya di bidangweb development dan search engine. Profesi ini juga disebut-sebut punya bayaran yang cukup tinggi lho. Tapi berapa sebenarnya SEO Specialist gaji dari mulai level junior hingga senior? Cari tahu penjelasan lengkapnya lewat artikel ini ya!

seo specialist gaji
Gaji SEO Specialist di Indonesia (Photo by Hao Pan on Unsplash)

Beberapa start up dan agensi yang bergerak di bidang digital umumnya membutuhkan jasa SEO specialist untuk menangani website perusahaan atau klien. Pasalnya, di era digital seperti sekarang website menjadi representasi untuk brand atau perusahaan agar mudah ditemukan oleh calon konsumen. Sebab itu, SEO specialist banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Profesi ini masuk ke dalam ruang lingkup digital marketing, dengan tujuan dapat membantu meningkatkan penjualan secara organik.

Agar lebih paham tentang profesi ini, simak penjelasan SEO specialist, SEO specialist gaji, hingga rekomendasi bootcamp SEO specialist.

Definisi SEO Specialist

seo specialist gaji
Definisi SEO specialist (Photo by Sincerely Media on Unsplash)

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization, sedangkan SEO specialist adalah seseorang yang ditugas untuk mengoptimasi website di search engine atau mesin pencarian. Untuk mengoptimasi sebuah website di laman Google, seorang SEO specialist tidak hanya memahami cara penulisan artikel SEO friendly, tapi harus memahami juga soal teknik web development seperti index, crawling, dan ranking.

Jenjang Karier SEO Specialist

SEO Specialist Gaji: SEO Specialist Junior

Tahun pertama sebagai SEO specialist junior kamu akan berkolaborasi erat dengan tim pengembangan web (web developer) untuk memastikan bahwa praktik terbaik SEO digunakan untuk semua komponen halaman website.

Tanggung jawab pekerjaan kamu akan mencakup keyword research, on page & off page optimization, pengoptimalan konten artikel (bekerja sama dengan content writer), link building, dan SEO reporting. Fokus utama pada trafik organik di dalam website. 

Baca juga: Keuntungan Ikut Data Science Bootcamp Job Guarantee

SEO Specialist Gaji: SEO Specialist Executive

Berlanjut di tahun selanjutnya, saat sudah memperoleh pengalaman substansial dalam praktik dan analitik SEO, kamu dapat menjadi SEO Executive dan fokus melakukan analisis on-site dan off-site dari website kompetitor bisnis perusahaan yang kamu pegang.

Menggunakan tools seperti Google Analytics, AHREFS, SEMRush, atau SEO Tools lain untuk membuat Website Performance Report. Membantu tim konten dalam pembuatan konten artikel yang SEO friendly, informatif dan berkualitas tinggi. Fokus utamanya selain traffic organik di dalam website, juga fokus menganalisa website kompetitor sebagai acuan improvement.

SEO Specialist Gaji: SEO Specialist Manager

Setelah dua atau tiga tahun bekerja sebagai SEO Executive, jenjang karier selanjutnya adalah SEO Specialist Manager, kamu akan bertanggung jawab untuk merencanakan, menerapkan, dan mengelola strategi SEO perusahaan secara keseluruhan. Biasanya mencakup berbagai tugas seperti web marketing, web analysis, content strategy planning, link building, and keyword strategy.

Di tahap ini biasanya kamu sudah memiliki anggota tim seperti Content Writer, SEO Specialist, dan juga Graphic Designer untuk melengkapi divisi.

SEO Specialist Gaji: Head of Digital

Bertahun-tahun berjalan di bidang ini, kamu sampai di jenjang karier Head of Digital. Tanggung jawab lebih besar dan lebih kompleks dibanding jenjang karier sebelumnya. Sebagai Head of Digital, kamu bertanggung jawab memastikan praktik dan proses terbaik di seluruh tim digital sehingga hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Mengelola, memonitor, dan melakukan approval segala aktivitas tim digital. Mencari solusi dan membuat rekomendasi untuk perbaikan sistem dan infrastruktur digital perusahaan. Di sini kamu menerima report organik maupun paid dari SEO Specialist ataupun Digital Marketing Specialist, dan bisa menentukan dan menyarankan langkah lanjutan yang harus dilakukan.

SEO Specialist Gaji

Gaji SEO Specialist sangat kompetitif dan bervariasi tergantung dari tanggung jawab yang diberikan. Beberapa perusahaan mempekerjakan SEO specialist untuk melakukan praktik SEO yang relatif mudah untuk mengoptimalkan website bisnis kecil dengan tingkat persaingan yang rendah. Sedangkan sebagian perusahaan yang lain merekrut SEO specialist yang bertanggung jawab untuk mengawasi strategi komprehensif SEO sekaligus mengelola tim SEO yang besar.

Sebagai gambaran, berikut ini kisaran SEO specialist gaji dari beberapa perusahaan besar di Ibu Kota, yang diambil dari Glassdoor. 

  1. Gaji SEO Specialist Junior sekitar Rp4.000.000 sampai Rp6.000.000.
  2. Gaji SEO Specialist Executive sekitar Rp7.500.000 sampai Rp9.000.000
  3. Gaji SEO Specialist Manager sekitar Rp10.000.000 sampai Rp12.000.000
  4. Gaji Head of Digital sekitar Rp12.000.000 sampai Rp18.000.000

Jika kamu tertarik berkarier sebagai SEO specialist, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan mengikuti Bootcamp. Kamu juga tidak perlu memiliki latar belakang di bidang IT untuk menjadi SEO specialist. 

Kamu bisa ikut di program Mini Bootcamp SEO Specialist Digital Skola, dengan program intensif yang dirancang untuk mempersiapkanmu meraih karier SEO specialist. Melalui 10 sesi intensif, 11 mini projects, 1 portofolio end to end serta bimbingan karier, kelas ini akan mampu mengantarmu menjadi SEO Specialist profesional.

Cari tahu selengkapnya di sini.