Sukses Jadi Digital Writer Berkat Writing Camp Digital Skola

digitalskola

digitalskola

12 Oktober 2024

Writing camp
Writing Camp (Photo by Ketut Subiyanto on Pexels)         

Menjadi seorang digital writer kini jadi peluang karier yang semakin menjanjikan di tengah pesatnya perkembangan dunia digital, dan salah satu cara terbaik untuk memulai adalah dengan mengikuti writing camp. Kini, seiring dengan semakin berkembangnya bisnis yang beralih ke platform online, kebutuhan akan konten yang informatif dan menarik terus menarik. Baik itu perusahaan e-commerce, media sosial, hingga website bisnis semuanya butuh tulisan yang bisa menyampaikan pesan efektif kepada audiens. 

Di sinilah peran digital writer menjadi sangat penting, mereka tidak hanya sekadar menulis, tetapi juga bertugas untuk menciptakan konten relevan dan engaging sesuai kebutuhan perusahaan. Menariknya, ada banyak jenis pekerjaan penulisan yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menjadi seorang content writer yang bertanggung jawab menulis artikel, blog, atau konten media sosial. Atau, mungkin kamu lebih tertarik menjadi seorang copywriter, yang fokus pada penulisan teks untuk iklan atau materi promosi yang memikat audiens. Selain itu, permintaan untuk SEO writer juga semakin tinggi, di mana seorang penulis tidak hanya menulis konten, tetapi juga memastikan bahwa tulisannya dioptimalkan untuk mesin pencari agar mudah ditemukan. 

Tak kalah menarik, posisi sebagai UX writer juga mulai banyak dicari, di mana penulis bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik melalui tulisan yang jelas dan informatif di dalam aplikasi atau website. Tertarik untuk mulai berkarier di bidang writing? Simak artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Digital Writing Camp Digital Skola?

Apa Itu Digital Writing Camp Digital Skola?
Writing Camp (Photo by Ron Lach on Pexels)         

Digital Writing Camp dari Digital Skola adalah writing camp pertama di Indonesia. Di kelas ini, kamu akan dapat bimbingan langsung dari 6 mentor expert mengenai 4 profesi writing dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri selama 8 sesi. Berikut kurikulum masing-masing sesi:

DAY 1: Introduction to Digital Writer Career

Pada sesi pertama ini, kamu akan diperkenalkan dengan profesi di dunia Digital Writing. Sesi ini akan membahas ruang lingkup peran penulisan dalam industri digital, termasuk bagaimana penulis digital berkontribusi dalam menciptakan konten yang efektif dan relevan untuk audiens. 

Kamu juga akan mempelajari perbedaan jenis role dalam profesi digital writing, seperti content writer, copywriter, SEO writer, dan UX writer. Setiap peran memiliki fokus dan keahlian yang berbeda, dan pemahaman tentang ini akan membantumu menentukan jalur karier yang paling sesuai. Selanjutnya, sesi ini akan mengupas skills dasar yang diperlukan untuk memulai karier di digital writing. Mulai dari kemampuan menulis yang baik, pemahaman tentang teknik SEO, hingga pengetahuan dasar mengenai pemasaran konten.

Terakhir, kamu akan belajar tentang pentingnya professional branding sebagai digital writer. Membangun citra diri yang kuat dan menarik dapat membantu kamu dalam menarik perhatian calon klien atau perekrut di dunia yang semakin kompetitif ini.

DAY 2: Copywriting

Di sesi kedua ini, kamu akan diajarkan secara mendalam tentang copywriting. Sesi ini akan dimulai dengan pengenalan copywriting, lalu, kami perbedaan antara copywriting dan content writing. Kamu juga akan mempelajari pilar-pilar fundamental dalam copywriting, yang mencakup elemen-elemen kunci yang harus ada dalam setiap teks yang ditulis.

Selain itu, sesi ini akan membahas anatomi copywriting, di mana kamu akan mempelajari struktur dasar dari sebuah copy yang efektif. Membuat headline yang menjual dan dikenalkan dengan berbagai pendekatan dan formula copywriting. Terakhir, sesi ini akan memberikan kesempatan untuk praktik langsung dalam membuat copywriting. Setelah itu, kamu akan mendapatkan review langsung dari mentor, yang dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk portofolio kamu.

DAY 3: Content Writing

Di sesi ini, kamu akan mempelajari konsep dasar content writing dan perannya dalam pemasaran digital. Selanjutnya, kamu akan mempelajari manfaat dan berbagai jenis content writing, termasuk artikel, deskripsi produk, dll. Kami juga akan membahas job description seorang content writer, serta perbedaan antara trending content dan evergreen content. 

Selain itu, kamu akan belajar prinsip dasar tipografi yang penting dalam penulisan. Tiga elemen kunci dalam content writing, diikuti dengan teknik storytelling untuk membuat konten lebih menarik. Sesi ini juga akan memperkenalkan berbagai tools dan website yang berguna untuk content writer, serta melakukan studi kasus terhadap beberapa contoh content writing terbaik. Lalu, di akhir  kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih membuat konten yang akan di-review oleh mentor.

DAY 4: SEO Content Writing

Di pertemuan ke 4, akan dimulai dengan mengenal dasar-dasar SEO dan memahami perannya dalam meningkatkan visibilitas bisnis secara online. Kamu akan belajar tentang pentingnya SEO writing untuk bisnis serta cara melakukan riset keyword dan mengimplementasikannya ke dalam artikel. Sesi ini juga akan membahas struktur artikel yang SEO friendly, termasuk tips untuk membuat headline yang menarik dan sesuai dengan praktik SEO. 

Proses menulis artikel SEO friendly akan dijelaskan secara mendetail, mencakup langkah-langkah mulai dari mencari keyword, membuat kerangka, melakukan riset, implementasi, hingga proses upload. Selain itu, sesi ini akan membahas mindset yang diperlukan dalam menulis artikel SEO untuk memastikan konten yang dihasilkan relevan dan berkualitas. 

Kamu juga akan menganalisis studi kasus beberapa contoh SEO content writing terbaik, diakhiri dengan latihan menulis artikel SEO friendly yang akan direview oleh mentor.

DAY 5: UX Writing

Di sesi 5, kamu akan mempelajari framework UX writing, serta tugas dan tanggung jawab seorang UX writer. Sesi ini juga akan membahas skillset yang diperlukan untuk menjadi UX writer yang efektif, serta prinsip dasar UX writing yang harus dipegang. Selain itu, kamu akan belajar tentang komponen UI yang relevan dalam konteks UX writing dan mengenal berbagai tools yang dapat digunakan oleh UX writer. 

Workflow seorang UX writer akan dijelaskan untuk memberikan gambaran jelas tentang proses kerja di bidang ini. Kamu juga akan mendapatkan panduan tentang persiapan karier sebagai UX writer, termasuk belajar skenario UX writing yang berbeda. Sesi ini akan ditutup dengan studi kasus beberapa contoh UX writing terbaik, serta tips untuk memulai karier sebagai UX writer profesional.

DAY 6: Portofolio as a Digital Writer

Selanjutnya, di hari keenam kamu akan belajar menyusun portofolio digital writer:

  • Panduan praktis untuk menyusun portofolio yang efektif sebagai langkah awal karier
  • Cara memilih dan menampilkan karya terbaik agar menarik bagi calon klien
  • Rekomendasi platform yang memungkinkan kamu untuk membuat portofolio dengan cepat dan sederhana
  • Contoh portofolio yang inspiratif dari freelance writer yang sukses
  • Daftar sumber dan platform untuk mencari pekerjaan atau proyek yang relevan
  • Strategi dan tips untuk sukses dalam karier sebagai freelance writer
  • Penjelasan tentang berbagai situs pencarian kerja yang khusus ditujukan untuk freelance writer

DAY 7: Digital Writing Career Specialization

Lalu, di pertemuan ke 7 kamu akan:

  • Proses pengisian form assessment untuk membantu kamu menemukan jalur karier writing yang paling sesuai
  • Sesi mentoring untuk memberikan bimbingan dan nasihat terkait pengembangan karier di bidang penulisan digital
  • Penjelasan mengenai berbagai profesi dalam dunia penulisan digital, termasuk tugas dan tanggung jawab masing-masing
  • Strategi dan kiat praktis untuk sukses dalam setiap jenis profesi penulisan digital
  • Contoh portofolio yang dibuat oleh tutor sebagai inspirasi

DAY 8: HR Expert Sharing

Di sesi akhir, kamu akan mendapatkan persiapan karier dan proses rekrutmen sebagai digital writer:

  • Panduan untuk membuat CV yang efektif, baik untuk sistem ATS (Applicant Tracking System) maupun versi kreatif yang menarik perhatian perekrut
  • Strategi untuk menulis cover letter yang menarik dan sesuai dengan posisi yang dilamar
  • Penjelasan mengenai tahapan dalam proses rekrutmen untuk posisi digital writer, mulai dari pengajuan lamaran hingga wawancara
  • Kiat dan trik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi proses hiring, termasuk persiapan untuk wawancara dan cara menonjol di antara pelamar lain

BACA JUGA: Mengenal Profesi Data Entry Clerk

Kenapa Harus Ikut Writing Camp Digital Skola?

Kenapa Harus Ikut Writing Camp Digital Skola?
Writing Camp (Photo by RDNE Stock project on Pexels)        

Mengikuti Digital Writing Camp Digital Skola adalah langkah cerdas bagi kamu yang ingin memantapkan kemampuan menulis. Kelas ini tidak hanya menawarkan materi yang komprehensif, tetapi juga berbagai fasilitas penunjang karier seperti:

  • Pembuatan 4 portofolio digital writing dengan bimbingan dan review tutor
  • Kolaborasi dengan 2 real client terkait study case copywriting
  • Assessment untuk menentukan writing career terbaik untukmu
  • Publikasi 10 artikel terbaik karya peserta di website Digital Skola
  • Sesi mentoring eksklusif bersama expert
  • Bantuan penyaluran kerja melalui Talent Management Digital Skola
  • Template portofolio untuk digital writer
  • Review project dan portofolio secara 1-on-1 oleh tutor
  • Bantuan professional branding sebagai digital writer
  • Sesi sharing dan konsultasi karier dengan HR Expert tanpa batas waktu
  • Akses selamanya untuk Materi PPT dan rekaman video
  • Tutor yang siap membantu dan menjawab pertanyaan kapan saja
  • Report detail progres dan performance individual
  • Kelas fokus pada praktik skill-skill sesuai kebutuhan industri
  • Komunitas digital writer dan writing enthusiast di Discord
  • Sertifikat dari Digital Skola untuk setiap peserta

Peluang Karier Setelah Lulus Writing Camp Digital Skola

Peluang Karier Setelah Lulus Writing Camp Digital Skola
Writing Camp (Photo by MART PRODUCTION on Pexels)        

Setelah ikut Writing Camp Digital Skola, kamu bisa berkarier sebagai:

Peluang Karier Setelah Lulus Writing Camp Digital Skola: Copywriter

Dengan keterampilan menulis persuasif yang kamu pelajari, kamu siap membuat teks pemasaran yang menarik perhatian. Dari tagline hingga konten media sosial, semuanya bisa kamu tangani. Kisaran gaji: 6-13 juta/bulan (Sumber: Glassdoor).

Peluang Karier Setelah Lulus Writing Camp Digital Skola: UX Writer

Kamu akan mahir menulis microcopy yang memandu pengalaman pengguna dengan mulus di web atau aplikasi. Dari menu hingga error message, teks kamu akan membantu pengguna dengan lebih efektif. Kisaran gaji: 10-20 juta/bulan (Sumber: Glassdoor).

Peluang Karier Setelah Lulus Writing Camp Digital Skola: SEO Content Writer 

Siap menulis artikel berbasis SEO yang meningkatkan visibilitas website? Kamu akan tahu cara memilih keyword yang tepat untuk mendongkrak traffic. Kisaran gaji: 6-11 juta/bulan (Sumber: Glassdoor).

Peluang Karier Setelah Lulus Writing Camp Digital Skola: Content Writer

Dari blog, artikel, hingga konten edukatif, sebagai Content Writer kamu akan menguasai teknik penulisan yang menyampaikan pesan dengan jelas dan menarik. Kisaran gaji: 6-12 juta/bulan (Sumber: Glassdoor).

BACA JUGA: Switch Career: Definisi Hingga Panduan Lengkap

Yuk, Join Writing Camp Digital Skola!

Siap Menghasilan Cuan dari Kerja Online Mengetik?
Writing Camp (Photo by Yan Krukau  on Pexels)        

Ingin berkarier sebagai digital writer yang andal? Mulai langkahmu dengan bergabung di Digital Writing Camp dari Digital Skola! Di sini, kamu akan belajar langsung dari para profesional, mempelajari teknik menulis untuk berbagai kebutuhan digital seperti copywriting, UX writing, SEO content, hingga content writing.

Dengan bimbingan intensif dan materi yang uptodate, kamu akan dipersiapkan untuk menjadi penulis digital yang siap bersaing di industri. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperkuat keterampilan menulismu dan memperluas peluang karier! Ayo join sekarang dan wujudkan impianmu menjadi digital writer sukses!

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat