Ketahui 10 Manfaat Big Data Untuk Bisnis

digitalskola

digitalskola

5 Oktober 2022

Manfaat Big Data Untuk Bisnis
 Manfaat Big Data untuk Bisnis (Photo by Chris Liverani on Unsplash)

Manfaat big data untuk bisnis bisa dirasakan di berbagai industri mulai dari kesehatan, pemasaran, retail, perbankan, dll. Fungsi utama yang ditawarkan big data adalah perusahaan dapat mengelola informasi dari berbagai sumber dan hasilnya bisa langsung didapatkan perusahaan untuk mengetahui kondisi pasar, mengenal lebih jauh data konsumen, hingga bisa membantu perusahaan untuk memutuskan strategi atau keputusan bisnis yang efektif.  

Berbicara mengenai big data dalam bisnis, bisa digambarkan seperti sekumpulan data yang sangat besar dengan bentuk yang terstruktur dan tidak terstruktur, namun bisa diolah dengan kecepatan dan ketepatan yang optimal sehingga data tersebut bisa disajikan secara terorganisir untuk keperluan berbagai analisis bisnis. Hal ini menjadi salah satu alasan banyak perusahaan mulai mengadopsi big data untuk memberikan kemudahan perusahaan dalam menganalisis dan merumuskan strategi secara masif dan otomatis. 

Fakta menariknya, segala jenis aktivitas bisnis dapat ditingkatkan dengan menggunakan big data. Bahkan, big data bisa membantu perusahaan mengoptimalkan semua proses bisnis untuk membantu penghematan biaya, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kepuasan pelanggan, dll (Sumber: Tech Target). Selama beberapa tahun terakhir, big data sudah terbukti mengubah cara perusahaan beroperasi, big data juga mampu membantu operasional bisnis skala kecil, menengah, hingga besar (Sumber: business.com). Penasaran apa saja manfaat big data untuk bisnis? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Apa Itu Data: Mengenal Jenis-Jenis Data di Era Digital

Definisi Big Data

Manfaat Big Data untuk Bisnis
 Manfaat Big Data untuk Bisnis (Photo by Mika Baumesiter on Unsplash)

Big data adalah kumpulan data yang besar, kompleks, dan berasal dari berbagai sumber untuk membantu bisnis mengambil keputusan yang lebih baik. Faktanya, konsep big data tercipta karena banyaknya kebutuhan bisnis untuk menganalisis dan memahami tren, preferensi, dan pola pembeli dalam database besar. Pada dasarnya, big data merupakan hasil pengembangan dari teknologi sistem database. Namun, bedanya database memiliki tingkat kecepatan, volume, dan variasi jenis data yang jauh lebih tinggi. 

Bukan tentang seberapa besar data yang dimiliki, big data adalah bagaimana cara mengumpulkan data secara tepat dan signifikan sehingga hasil pengolahannya bisa dijadikan referensi atau acuan untuk keputusan bisnis. Singkatnya, big data adalah konsep tentang kemampuan bisnis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengerti berbagai data yang datang setiap hari dari traffic internet, data transaksi penjualan, aktivitas pengguna media sosial, dll.

Manfaat Big Data Untuk Bisnis

Manfaat Big Data untuk Bisnis
 Manfaat Big Data untuk Bisnis (Photo by Markus Spiske on Unsplash)

Big data bisa memberikan dampak positif di berbagai aspek dalam bisnis. Apabila kamu sedang mengembangkan status bisnis atau perusahaan, maka setidaknya kamu harus tau apa saja manfaat big data untuk kemajuan bisnis atau perusahaan, diantaranya:

Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Analisis big data terbukti bisa mengurangi biaya kegagalan bisnis hingga 35% (Sumber: Business Wire). Artinya, perusahaan bisa menghemat biaya olah data dan database secara signifikan. Apalagi, jika kamu memanfaatkan big data menggunakan platform seperti Amazon Web Services, Hadoop, dan Tableau bisa memberi keuntungan biaya yang signifikan dalam hal penyimpanan data. Tak hanya itu, teknologi tersebut juga bisa mengidentifikasi cara berbisnis yang lebih efisien.

Memahami Tren Pasar

Informasi mengenai tren pasar bisa membantu bisnis untuk mengembangkan produk atau jasa yang sedang populer dan disukai oleh konsumen. Keberadaan big data bisa membantu pebisnis untuk menganalisis jenis produk atau jasa apa yang bisa memancing ketertarikan konsumen. 

Saat ini kegiatan marketing sangat bergantung pada data untuk menganalisis dan memahami perilaku konsumen sekaligus memberikan informasi yang jelas mengenai tren kepada pebisnis. Alhasil, bisnis akan bisa mengambil keputusan lebih cepat dan tepat jika memahami tren pasar. 

Mengidentifikasi Kekurangan Kompetitor

Manfaat big data untuk bisnis lainnya adalah bisa membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kekurangan kompetitor. Big data bisa memberikan manfaat kepada perusahaan untuk mengembangkan produk dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kompetitor dan tentunya sesuai dengan keinginan pasar.

Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen

Peran big data selanjutnya adalah mengumpulkan data konsumen mulai dari nomor telepon, email, dan sebagainya. Tujuannya, agar perusahaan bisa melakukan berbagai pendekatan langsung kepada konsumen seperti memberikan hadiah sebagai apresiasi kepada konsumen saat mereka ulang tahun. 

Selain itu, data konsumen yang dikelola menggunakan big data juga digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui profil konsumen secara real-time agar bisa menyesuaikan tawaran berdasarkan preferensi dan ketertarikan konsumen.

Baca juga: Big Data Bootcamp: Apa Manfaat untuk Karier?

Menganalisis Risiko

Menggunakan big data, perusahaan bisa melakukan analisis prediktif untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Hal ini bisa dilakukan karena big data berukuran besar dan bersifat real-time, sehingga hasil prediksi akan lebih spesifik dan kemungkinan kesalahannya akan lebih rendah. Tools yang dimiliki sistem big data juga mampu menempatkan seluruh data sesuai tujuan agar bisa membantu pemilik bisnis atau perusahaan untuk menganalisis keberadaan ancaman dari internal perusahaan.

Alhasil, keamanan informasi yang dimiliki perusahaan akan terjaga dengan adanya password untuk mengakses data penting. Oleh karena itu, perusahaan biasanya fokus pada penggunaan big data untuk memastikan keamanan dan perlindungan data perusahaan, hingga data konsumen.

Data Sharing

Ketika bisnis mulai berkembang, biasanya perusahaan akan memperhatikan produk hingga situasi yang akan datang. Data sharing yang dikelola big data akan membantu perusahaan untuk melakukan proses inovasi secara cepat, yaitu dengan menghubungkan bisnis pada kumpulan data yang dibutuhkan untuk menghasilkan inovasi yang baru.

Memaksimalkan Customer Service

Big data juga bisa membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan panduan dan membantu merancang produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari data yang dikumpulkan customer service, bisnis bisa menganalisis dan mengetahui fitur-fitur yang paling disukai oleh konsumen dan fitur yang perlu dihilangkan. Menggunakan big data kamu juga bisa mengelola data survey, history, atau teknologi tracking.

Mendorong Inovasi

Perusahaan besar seperti Netflix menggunakan big data untuk mewujudkan keinginan konsumen. Menggunakan big data, mereka melihat kebiasaan konsumen saat memakai Netflix kemudian dikembangkan menjadi inovasi baru untuk produk dan layanan mereka. Kehadiran big data bisa membantu kamu berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, entitas, dan berbagai proses lainnya hingga akhirnya kamu bisa menentukan inovasi baru.

Baca juga: Data Engineer: Gaji di Perusahaan Dunia dan Indonesia

Menentukan Strategi Marketing

Dengan data yang dimiliki, kamu bisa dengan mudah membangun strategi marketing yang efektif dan bisa menjangkau setiap konsumen sesuai dengan target pasar. Menggunakan hasil analisis big data, perusahaan bisa mengerti cara konsumen membeli suatu produk dan apa yang menjadi alasan mereka membeli produk, data tersebut akhirnya akan dimanfaatkan perusahaan untuk menerapkan strategi marketing yang sesuai.

Pengoptimalan Media Sosial

Terakhir yang tak kalah menarik, manfaat big data untuk bisnis adalah pengoptimalan media sosial. Melalui media sosial, perusahaan mampu mengidentifikasi kebiasaan konsumen saat menggunakan media sosial hingga mengidentifikasi produk apa yang sering mereka gunakan, hasil identifikasi ini bisa membantu perusahaan untuk mengetahui tingkat kebutuhan konsumen berdasarkan media sosial yang mereka gunakan.

Setelah mengetahui manfaat big data untuk bisnis, apakah kamu semakin tertarik menggunakan big data untuk membantu mengoptimalkan bisnis? Jika iya, kamu bisa mempelajari lebih banyak ilmu mengenai big data di Bootcamp Data Engineer Digital Skola. 

Tak hanya untuk kamu yang tertarik terjun berkarier di bidang big data, Digital Skola juga menyediakan pelatihan big data untuk kebutuhan training perusahaan agar bisa mengoptimalkan bisnis dengan lebih baik. Bantuan tutor expert, kurikulum komprehensif, dan fasilitas lengkap lainnya dijamin akan membantu kamu menguasai ilmu terkait big data walaupun tidak punya latar belakang linier. Penasaran?

Artikel Rekomendasi