Cari Lowongan Data Science di 7 Job Portal Ini

digitalskola

digitalskola

20 Desember 2021

lowongan data science
Lowongan Data Science (Photo by Kevin Bhagat on Unsplash)

Beberapa tahun terakhir, berbagai data menyebut Data Scientist sebagai pekerjaan dengan peminat dan peluang gaji tinggi. Peran pekerjaan ini terkait langsung dengan kebutuhan dan akselerasi pengolahan data untuk memperoleh wawasan berharga dalam pembuatan keputusan bisnis yang cerdas. Tidak heran, dari waktu ke waktu kebutuhan perusahaan terhadap peran ini juga terus meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan persebaran lowongan data science melalui beragam job portal dari seluruh dunia.

Di Indonesia, permintaan digital talents di bidang data science dan AI juga ikut meningkat (Jakarta Globe). Hal ini terjadi akibat perbandingan lurus dengan peningkatan pengguna e-commerce selama pandemi berlangsung. Sebaliknya, tingginya permintaan tenaga kerja data science nyatanya belum didukung dengan sumber daya yang mumpuni. Tidak hanya bekerja memenuhi kebutuhan data, kesempatan kerja sebagai Data Scientist juga menawarkan gaji yang menggiurkan. Meskipun demikian, kamu harus cerdas dalam menemukan peluang terbaik di waktu yang tepat.

Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang ini, dari manakah kamu bisa memperoleh informasi mengenai kesempatan kerja atau internship yang sesuai? Mungkin kamu menyebutkan LinkedIn, namun platform tersebut bukanlah satu-satunya. Ada berbagai job portal yang bisa kamu gunakan untuk membangun profil yang menonjol dan berkesan.

BACA JUGA: Fantastis! Ini Gaji Data Scientist Fresh Graduate

Rekomendasi Job Portal untuk Cari Lowongan Data Science

Rekomendasi Job Portal untuk Cari Lowongan Data Science
                   Lowongan Data Science (Photo by Kevin Bhagat on Unsplash)

Kini ada banyak job portal yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari lowongan data science di Indonesia atau di luar negeri, berikut rangkuman rekomendasi job portal yang bisa kamu manfaatkan:

AngelList

AngelList
                    Lowongan Data Science (Source: AngelList)

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di dunia startup? Jika ya, maka AngelList dapat menjadi alternatif job portal untuk menemukan lowongan data science dalam lingkup startup. Platform yang satu ini memfasilitasi startup dari seluruh dunia agar lebih mudah terhubung langsung dengan investor dan calon karyawan. Sebagai job seeker, kamu cukup mengikuti tiga langkah mudah hingga memperoleh pekerjaan impian menjadi seorang Data Scientist

  1. Buat akun profil gratis yang mampu menunjukkan keterampilan serta pengalaman kerjamu
  2. Lanjutkan dengan menelusuri berbagai pekerjaan dan pilih pekerjaan yang kamu minati
  3. Setelah mengirimkan application, tunggu sampai perusahaan mengirim e-mail berisi feedback terhadap application dan kelanjutan proses rekrutmen

AngelList memiliki sistem khusus yang mampu menjelajahi resume kandidat secara lebih mendalam. Assessment yang ditawarkan kepada recruiter telah dirancang untuk memberikan informasi unik mengenai kandidat yang tidak bisa diambil dari resume tradisional. Kinerja rekrutmen ini juga memanfaatkan teknologi data untuk membantu perusahaan menemukan kandidat terbaik.

BACA JUGA: Portofolio Data Scientist: Rekomendasi untuk Job Seeker

Stack Overflow

Stack Overflow
                    Lowongan Data Science (Source: Stack Overflow)

Melalui Stack Overflow Careers, job seeker akan merasakan mudahnya melamar pekerjaan melalui proses rekrutmen memakai sistem ATS. Tidak hanya itu, kamu dapat memilih untuk melamar pekerjaan yang berbasis:

  • Remote
  • Freelance
  • Work From Office
  • Work From Home

Kamu juga dapat melakukan beberapa upaya untuk memaksimalkan potensi lebih cepat memperoleh kerja seperti:

  • Aktif untuk bertanya maupun berkomentar melalui halaman community member untuk meningkatkan reputasi di Stack Overflow
  • Menyiapkan CV 
  • Melamar secara pribadi

Glassdoor

Glassdoor
                    Lowongan Data Science (Source: Glassdoor)

Glassdoor merupakan salah satu situs rekrutmen terbesar di dunia. Situs ini mencakup ribuan informasi penting yang bermanfaat bagi job seekers. Selain ada jutaan deskripsi maupun lowongan pekerjaan, ada juga berbagai wawasan yang bermanfaat bagi job seekers seperti:

  • Review perusahaan
  • CEO approval ratings
  • Salary reports
  • Interview review
  • Benefit review
  • Foto lokasi kantor

Dengan mendalami perusahaan dan lowongan kerja data science yang ada, kamu dapat memilah dan memilih tempat untuk memasukkan lamaran secara bijaksana. Maksimalkan juga sesi interview dengan mempelajari ratusan pertanyaan wawancara data science yang mudah kamu temukan di Glassdoor. Selain mendapatkan informasi rekrutmen terkini, kamu juga bisa memperoleh berbagai tips lolos seleksi kerja melalui artikel-artikel yang tersedia. 

Analytics Vidhya

Analytics Vidhya
                       Lowongan Data Science (Source: Analytics Vidhya)

Platform yang satu ini merupakan online analytics community terbesar yang berasal dari India. Kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan data scientist berdasarkan skill dan lokasi secara spesifik. Selain lowongan data science, ada juga berbagai peluang kerja di bidang machine learning hingga artificial intelligence

Tidak hanya berperan sebagai job portal, ternyata kamu juga mampu memperoleh banyak wawasan dalam berbagai bentuk informatif, antara lain:

  • Courses and programs = Membantu meningkatkan keterampilan dalam analytics dan data science
  • Hackathons = Kontes mengenai masalah industri melalui real-life case study
  • Blog = Pembahasan dan wawasan ter-update seputar data science yang ditulis oleh pakar serta pegiat komunitas
  • Aplikasi = Akses platform ini melalui aplikasi di Google Play Store maupun App Store
  • DSAT = Akses pengetahuan menggunakan adaptive test

Linkedln

Linkedln
                     Lowongan Data Science (Source: Linkedln)

Meskipun Linkedln dikenal sebagai situs jaringan profesional, salah satu manfaat besarnya adalah menyediakan banyak informasi mengenai lowongan kerja. Banyak perusahaan yang sekaligus mengiklankan open position kemudian menerima lamaran dari kandidat secara langsung. 

Kamu dapat menemukan berbagai informasi dan kualifikasi berbagai lowongan data scientist dari seluruh dunia. Untuk mendapatkan update lowongan data science yang baru saja dibuka, kamu dapat mengaktifkan fitur career interests dan job alert. Setiap hari, kamu akan menerima notifikasi melalui e-mail maupun aplikasi seputar lowongan data scientist terbaru.

BACA JUGA: Mau Jadi Data Scientist? Bootcamp adalah Jawabannya!

JobStreet

JobStreet
                     Lowongan Data Science (Source: JobStreet)

Selanjutnya platform untuk mencari lowongan data science yang bisa kamu gunakan adalah JobStreet yaitu platform yang menyediakan lowongan pekerjaan di berbagai negara, terutama di Asia Tenggara. Ada beberapa fitur unggulannya yang bisa membantu job seeker seperti:

  • Pencarian pekerjaan = Pencarian pekerjaan berdasarkan industri, posisi, lokasi, dan gaji
  • Pengaturan profil = Membuat profil pribadi yang mencakup riwayat pekerjaan, kualifikasi, keahlian, dan informasi lain yang relevan untuk membantu menarik perhatian perusahaan
  • Notifikasi pekerjaan = Berlangganan notifikasi pekerjaan terbaru yang sesuai dengan kriteria yang kamu tentukan
  • Pencocokan Otomatis = Menghubungkan profil pencari kerja dengan lowongan pekerjaan yang cocok
  • Tinjauan Perusahaan = Informasi tentang perusahaan yang posting lowongan pekerjaan di JobStreet terkait budaya kerja, lingkungan, dan reputasi perusahaan
  • Pembaruan Karir = Artikel, berita, dan tips tentang tren karir, gaji, interview, dan pengembangan profesional 

Indeed

Indeed
                             Lowongan Data Science (Source: Indeed)

Terakhir, platform yang bisa kamu gunakan untuk mencari lowongan data science adalah Indeed yaitu job platform yang menyediakan lowongan pekerjaan secara global. Ada beberapa fitur unggulannya yang bisa membantu job seeker seperti:

  • Filter Pencarian = Menyaring hasil pencarian berdasarkan kriteria tertentu seperti tanggal posting, tipe pekerjaan, dan gaji 
  • Upload Resume = Mengunggah resume ke Indeed, sehingga bisa diakses oleh perusahaan yang sedang merekrut
  • Rekomendasi Pekerjaan = Rekomendasi lowongan berdasarkan profil dan riwayat pencarian 
  • Informasi Gaji = Informasi mengenai gaji yang ditawarkan di berbagai posisi dan industri
  • Pesan Langsung = Fitur pesan untuk berkomunikasi langsung dengan perekrut atau perusahaan yang mengunggah lowongan pekerjaan
  • Sumber Daya Karir = Artikel, tips, dan sumber daya lainnya untuk membantu para pencari kerja 

Yuk, Raih Karier Data Scientist!

Yuk, Raih Karier Data Scientist!
                               Lowongan Data Science (Photo by charlesdeluvio on Unsplash)

Itulah berbagai job portal yang bisa kamu akses untuk menemukan berbagai lowongan data science. Selain mencari lowongan kerja, platform job portal di atas juga punya fitur-fitur bermanfaat untuk menyediakan wawasan paling update dalam menyiapkanmu sebagai data scientist profesional. Sebagian besar juga sudah menggunakan sistem yang terintegrasi dengan teknologi data dalam mengolah proses rekrutmen yang maksimal.

Ingin menyiapkan diri sebagai tenaga kerja andal dan berkualitas di bidang data science? Belajar sekarang di Bootcamp Data Science dan raih karier impian sebagai Data Scientist profesional hanya dalam tiga bulan bersama Digital Skola. Berikut fasilitas yang akan kamu dapatkan:

  • Kurikulum sesuai kebutuhan industri
  • Job connector
  • Real experience internship
  • 6 personal projects
  • 1 portfolio end-to-end dari final project
  • Professional branding
chat