Tips Search Engine Optimization: Piramida SEO 

digitalskola

digitalskola

10 Juni 2022

Tips Search Engine Optimization
          Tips Search Engine Optimization (Photo by Campaign Creators on Unsplash)

Saat kamu melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di search engine Google, kamu akan melihat daftar konten website yang sesuai dengan kata kunci yang sedang kamu cari. Semakin tinggi peringkat website di halaman pencarian, maka semakin relevan isi website tersebut dengan kata kunci yang kamu tulis. Hal ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO) dan menjadi hal krusial dalam pengembangan website perusahaan. Tidak heran, banyak pengelola website yang mencari tips Search Engine Optimization untuk website maupun blog mereka.

Faktanya, Google tidak sembarangan mengurutkan peringkat website pada mesin pencariannya, ada banyak faktor SEO yang memengaruhi peringkat website di halaman mesin pencari. Nah, website yang muncul di halaman pertama itu adalah contoh dari website yang berhasil mengoptimasi tips search engine optimization. Dengan kata lain, SEO akan memudahkan website kamu ditemukan di halaman pencarian.

SEO juga menjadi skill yang wajib dikuasai oleh seorang digital marketer. Ada banyak faktor yang bisa kamu pelajari untuk memaksimalkan kesuksesan SEO. Apa saja tips search engine optimization yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimalkannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu SEO?

Search engine optimization adalah seni dan ilmu untuk membuat halaman website menempati peringkat tinggi di mesin pencarian seperti Google (Sumber: Optimizely). Jika halaman website bisa menempati posisi tinggi di mesin pencarian, maka otomatis pengunjung situs website kamu juga akan bertambah.

Selain menempati peringkat tinggi di mesin pencarian, ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan apabila berhasil mengoptimalkan SEO, mulai dari mendatangkan traffic ke dalam website secara organik, meningkatkan brand awareness, membuat website semakin up to date, hingga meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Riset: Ada 7 Langkah Memulai Karier Digital Marketer

Apa Saja Jenis SEO?

Secara umum, search engine optimization dibagi menjadi dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. Faktanya, baik itu SEO on page ataupun SEO off page sama-sama bermanfaat untuk membantu website kamu mendapatkan posisi yang tinggi di mesin pencarian, namun dua jenis SEO ini memiliki metode yang berbeda untuk mencapainya.

SEO on page

SEO on page adalah teknik optimasi yang dilakukan di dalam website dengan cara mengoptimalkan konten dan hal teknis pada halaman website yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian  (Sumber: MOZ). SEO on page lebih fokus pada bagaimana cara membuat konten agar mampu mengalahkan kompetitor website kamu. Dari segi audiens, SEO on page akan mempermudah mereka ketika mencari informasi tertentu melalui mesin pencarian. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoptimalkan SEO on page, diantaranya meta description, URL title, alt text untuk gambar, tag title, internal link, dan site speed (Sumber: Digital Marketing Institute)

SEO off page

Kebalikannya dengan SEO on page, SEO off page adalah teknik optimasi yang dilakukan di luar website dengan cara mengoptimalkan domain authority atau nilai yang diberikan kepada website mengenai seberapa terpercaya website kamu dibandingkan website lainnya (Sumber: MOZ). SEO off page lebih fokus pada pengoptimalan domain authority dan link yang diberikan website dari domain lain ke domain kamu atau biasa disebut backlink.

Jika dibandingkan dengan SEO on page, SEO off page memiliki keuntungan untuk meningkatkan konten-konten website kamu agar berada di posisi teratas. Bahkan meskipun konten kamu tidak selengkap konten di website lain, SEO off page tetap bisa membantu konten website kamu ada di posisi teratas.. 

Baca juga: 5 Teknologi Baru dalam SEO dan Cara Mengaplikasikannya

Tips Search Engine Optimization 

Setelah mengetahui apa definisi SEO dan apa saja jenis dari SEO, kamu juga harus mengetahui tips search engine optimization agar website kamu bisa lebih optimal. Jika diibaratkan, SEO sama seperti sebuah piramida, di mana lapisan dasarnya terdiri dari konten, lapisan berikutnya terdiri dari keyword research & targeting, lapisan ketiga terdiri dari link building, dan lapisan puncak terdiri dari social. 

Konten

Lapisan pertama dari piramida kesuksesan SEO adalah konten, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada konten SEO, diantaranya:

Struktur URL

Untuk mengoptimalkan SEO, kamu harus menggunakan struktur URL yang SEO friendly. Ada beberapa hal yang harus kamu terapkan saat membuat URL yang SEO friendly, diantaranya adalah gunakan deskripsi yang menjelaskan konten secara singkat dan jelas, masukkan kata kunci yang disesuaikan dengan artikel yang kamu buat, hindari typo, hindari penambahan huruf atau karakter yang tidak diperlukan, dan hindari mengganti URL setelah konten sudah dipublikasikan. 

Waktu Respons Server

Waktu respons server adalah seberapa lama waktu yang diperlukan untuk merespons permintaan web browser untuk menampilkan atau membuat halaman website. Untuk memaksimalkan SEO, kamu bisa menargetkan waktu respons server kurang dari 200 ms, ada beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan waktu respons server, seperti GTmetrix, Google PageSpeed Insight, dan Pingdom Speed Test. Selain mengurangi kesuksesan SEO, waktu respons server yang lambat juga akan berdampak negatif kepada audiens yang membuka website kamu.

Pasang plugins SEO

Kamu bisa mengunduh berbagai plugins yang bisa membantu memaksimalkan SEO website, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan seperti Yoast WP SEO, SEO Friendly Image, Google XML, Sitemaps, dll.

Unique Text Content

Terakhir dan tak kalah penting, buatlah konten yang mencakup frasa yang tepat dan menarik. Saat kamu membuat konten, kamu perlu ingat bahwa salah satu tujuan dibuatnya konten tersebut adalah supaya konten muncul di halaman utama mesin pencarian, oleh karena itu tulislah konten dengan semenarik mungkin.

Keyword Research and Targeting

Lapisan kedua dari piramida kesuksesan SEO adalah keyword research and targeting, kamu bisa memulai dengan brainstorm ide keyword yang kemungkinan besar akan dicari oleh audiens, kamu bisa menggunakan bantuan tools untuk mencari keyword yang efektif, seperti Ahrefs, SEMrush, Google Keyword Planner, dan masih banyak lagi. Perlu diingat, keyword yang sudah kamu tentukan harus kamu masukan ke on-page targeting yaitu judul, meta, URL, dan internal anchor text

Link Building

Lapisan selanjutnya dari piramida kesuksesan SEO untuk tips search engine optimization yang optimal adalah link building. Link building adalah strategi SEO yang bertujuan untuk mendapatkan link dari situs lain. Faktanya, semakin banyak link website lain yang mengarah ke website kamu, maka mesin pencarian akan memberikan penilaian yang baik untuk website

Link building biasa dikenal dengan sebutan backlink, hal yang menunjukan kualitas backlink website adalah seberapa kredibel, relevan, dan stabil traffic backlink website. Untuk memaksimalkan link building, kamu bisa memaksimalkan beberapa cara seperti membuat konten yang berkualitas, guest blogging, dan share kontenmu di forum online. 

Social

Lapisan puncak dari piramida kesuksesan SEO adalah aspek social. Setelah kamu memaksimalkan konten, keyword, hingga link building. Sekarang waktunya kamu untuk memaksimalkan engagement di media sosial untuk menarik audiens mengunjungi website kamu. Kamu juga bisa menggunakan beberapa trik marketing untuk lebih memaksimalkannya lagi, contohnya kamu bisa menggunakan strategi viral marketing, membuat konten yang mencakup CTA untuk audiens membaca lebih lanjut di website kamu, hingga membuat campaign yang bisa membantu menaikan traffic website.

Baca juga: Pentingkah Digital Marketing untuk Bisnis?

Setelah kamu melakukan semua tips search engine optimization, jangan lupa untuk terus konsisten menerapkannya, dan teruslah up to date mencari informasi tips search engine optimization untuk membantu memaksimalkan SEO.

Bagaimana? Setelah membaca tips search engine optimization apakah kamu jadi lebih tertarik untuk mempelajari lebih banyak mengenai Digital Marketing? Kamu bisa memulai belajar ilmu digital marketing lebih lengkap dengan ikut bootcamp Mini Bootcamp SEO Specialist di Digital Skola, dengan harga terbaik, kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, dan fasilitas penunjang lainnya, kamu akan siap mewujudkan mimpimu menjadi seorang digital marketing andal. Mulai perjalanan kariermu dengan mengklik tombol di bawah ini:

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat