5 YouTube Belajar Excel untuk Pemula

digitalskola

digitalskola

11 Agustus 2021

belajar excel untuk pemula
Photo by Alexander Shatov on Unsplash

Mempelajari Excel mungkin terasa membingungkan bagi sebagian besar pemula. Ada berbagai variasi fungsi, keyboard shortcuts, hingga jenis penghitungan yang perlu dikuasai dengan baik. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, kini sudah banyak sumber belajar Excel untuk pemula yang dapat diakses secara instan dan gratis.

Salah satu media belajar yang dapat dimanfaatkan adalah YouTube. Platform yang satu ini menawarkan pengalaman belajar secara audio visual bagi segala jenis topik, termasuk Microsoft Excel. Kamu dapat menonton sembari mempraktikkan tutorial video belajar yang muncul setelah mengisi kolom pencarian.

Tidak hanya itu, beberapa channel YouTube bahkan juga menyediakan tips dan trik mudah agar kamu dapat menguasai detail Excel secara praktis. Supaya tidak kebingungan, tentu sebagai pemula kamu perlu mengetahui daftar rekomendasi channel YouTube terbaik untuk belajar Excel, mulai dari konsep sederhana sampai ke tahapan yang lebih kompleks.

BACA JUGA: 4 Langkah Efektif Belajar Excel

5 YouTube Belajar Excel untuk Pemula

TeachExcel

Sejak 2008, TeachExcel telah hadir untuk mengusung video tutorial pembelajaran Excel yang terstruktur. Selain itu, setiap langkah-langkah yang diberikan dapat menjadi acuan praktik secara langsung. Channel YouTube ini akan memandu penonton untuk melaksanakan tugas yang berkaitan dengan data, mulai dari fungsi sederhana sampai konsep yang  lebih rumit. Beberapa topik yang akan kamu temui, antara lain pembuatan grafik, format, worksheet security, formula, panduan makro, dan sebagainya. Kamu dapat mengakses berbagai playlist berdasarkan suatu topik yang diperbarui secara berkala.

Leila Gharani

Channel YouTube yang satu ini fokus pada pembelajaran Excel tingkat lanjut yang tetap ramah pemula . Tidak hanya itu, Leila juga memberikan wawasan seputar produk-produk Office, keuangan, dan akuntansi. Topik-topik tersebut dirangkum menjadi satu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tips dan trik Excel pada masing-masing video dapat memperbaiki performa pelaporan dan analisis data secara signifikan. Dua materi menarik lainnya yang wajib kamu ikuti adalah visualization dan VBA automation. Leila juga menghadirkan kursus lengkap yang dapat diakses di sini.

MotionTraining

Merupakan channel yang direkomendasikan bagi pemula karena mereka memandu kamu sejak awal dengan video berdurasi 9 menit. Visualisasi kursus ini menampilkan Excel secara langsung dan dapat kamu praktikkan sembari menontonnya. Untuk memudahkan belajar Excel untuk pemula, MotionTraining telah memecah materi menjadi beberapa bagian yang efektif dan mudah dipahami. Bila menyukai konsep belajar yang ditawarkan, kamu dapat masuk ke website MotionTraining untuk mengunduh 60 tutorial pembelajaran, file latihan, dan materi eksklusif seputar Excel.

ExcelIsFun

Sampai hari ini, channel YouTube ExcelIsFun memiliki sekitar 3300 video Excel. Seluruhnya tersedia bagi para pemula maupun sebagian diantara kamu yang tergolong mahir sebagai expertise. Kamu berkesempatan memperoleh file latihan untuk mengasah kemampuan mengoperasikan Excel. Setiap menyelesaikan satu materi di YouTube, kamu juga bisa memperoleh rangkuman terkait topik yang telah dipelajari. Terdapat lebih dari 100 playlist yang siap ditonton dan dipelajari secara berurutan sebagai langkah awal untuk menguasai Microsoft Excel.

Excel Campus

Jon Acampora sebagai founder dari Excel Campus akan membimbing sekaligus meningkatkan kemampuanmu dalam menggunakan Excel. Beberapa materi yang akan kamu temukan adalah pemakaian formula, tabel pivot, macros, VBA, charts, dashboards, Power Query, Power Pivot, Power BI, dan sebagainya. Selain belajar Excel dari YouTube milik Excel Campus, kamu juga dapat menambah ilmu lewat kumpulan artikel melalui website resmi sembari berlangganan newsletter di sini.

Itulah lima rekomendasi channel di YouTube yang dapat menjadi sarana belajar Excel untuk pemula. Masing-masing telah merangkum pembelajaran dengan cara yang menarik dan mudah untuk dipraktikkan. Teruslah berlatih agar kemampuan kamu juga terus meningkat dan cepat mahir dalam pemakaian Excel di lingkungan pribadi maupun pekerjaan.

Mau belajar analisis data dengan Excel dengan kurikulum terarah bersama tutor ahli di bidangnya? Daftar Short Course Learn Data Analysis with Excel dan jadilah seorang yang mahir mengoperasikan pengolahan data di Excel hanya dalam 4 hari.

Artikel Rekomendasi

Konsultasi GRATIS
sekarang!

chat