Rekomendasi Situs untuk Latihan Interview

digitalskola

digitalskola

6 September 2021

latihan interview
Photo by Alex Green from Pexels

Proses interview dalam proses seleksi pekerjaan adalah sebuah proses yang krusial dan menegangkan. Tahapan ini hanya akan berhasil kamu capai jika berhasil lolos proses screening berkas. Berdasarkan pentingnya tahap tersebut, apakah kamu tipe pelamar yang suka dengan persiapan spontan atau membutuhkan latihan interview sebelum menghadapinya?

Setiap calon pegawai sudah pasti berharap interview yang dijalani menghasilkan kesan yang memuaskan. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik agar lebih siap menjalani tahap ini. Sebab, menurut Legal Jobs, seorang kandidat hanya punya waktu selama 7 detik untuk menimbulkan kesan yang kuat. Pastikan kamu telah siap secara materi maupun mental agar dapat menghadapi pewawancara dengan lebih berani dan percaya diri. Perlu kamu ketahui, 68% kandidat gagal melalui tahap interview karena tidak mampu melakukan eye contact (Simplilearn).

Nah, sampai sini, kamu tentu sudah mengerti bahwa mempersiapkan interview adalah tahapan yang sangat krusial dalam keberhasilan mendapatkan pekerjaan. Tidak perlu khawatir lagi, baca lebih lanjut rekomendasi situs untuk latihan interview di bawah ini.

Rekomendasi Situs untuk Latihan Interview

InterView Buddy

Situs ini memberikan kesempatan kepada kamu untuk melakukan uji coba interview secara face to face secara virtual. Menariknya, proses interview akan dilakukan bersama expert di bidang industri HR. Setiap orang yang menggunakan InterView Buddy tidak perlu mengunduh software apa pun, asalkan tersambung dengan internet. Kamu juga berkesempatan memperoleh scorecard dengan matriks performance-based dan feedback yang komprehensif berdasarkan kelebihan serta kekurangan kamu. 

Selain itu, sistem  akan merekam video secara otomatis supaya kamu dapat menontonnya kembali kapan saja. Sebagai catatan, maksimal durasi perekaman adalah selama 2 jam. Situs ini memasang harga yang cukup terjangkau melalui beberapa penawaran paket, mulai dari $18.99 atau setara dengan Rp 270 ribu.

Interview.io

Merupakan sebuah situs yang menawarkan praktik wawancara teknis secara anonim bersama para insinyur aktual dari berbagai perusahaan ternama. Beberapa diantaranya termasuk Microsoft, Google, Facebook, dan sebagainya. Situs ini juga bersedia menunggu peserta hingga memperoleh pekerjaan jika saat ini mereka belum sanggup membayar jasa praktik interview. Selain sesi interview, fasilitas lain yang ditawarkan adalah mentoring dan kursus intensif bagi kamu yang serius mengejar karier di Google atau Facebook.

Kamu bisa mendapatkan feedback yang rinci untuk kamu praktikkan secara langsung. Pemberi interview akan merangkum hal-hal yang perlu dilakukan atau ditingkatkan menjadi lebih baik. Penawaran harga yang diberikan oleh Interview.io mulai dari $100 atau sekitar Rp 1,4 ribu.

BACA JUGA: Tips Interview Secara Remote agar Berjalan Lancar

Exponent

Jika ingin masuk ke jenjang karier di bidang teknologi, pastikan kamu mengikuti sesi latihan interview melalui Exponent. Situs ini juga menawarkan mentor dari perusahaan terkemuka, seperti Google, Facebook, sampai Uber. Selain itu, pengguna situs ini juga dapat mengikuti berbagai kursus untuk menunjang persiapan interview. Terdapat fitur Video Library yang menyimpan rekaman dari para ahli dalam menjawab berbagai pertanyaan interview nyata. Sebagai member, kamu juga berkesempatan bergabung dengan komunitas Exponent di Slack.

Sebagai pengguna, kamu dapat memilih pemberi interview secara mandiri berdasarkan profil masing-masing expert atau memilih akses peer-to-peer interview. Exponent memberikan harga berlangganan sebesar $17 atau sekitar Rp 242 ribu per bulan. Bila ingin mengikuti coaching bersama mentor-mentor terbaik, biaya yang harus kamu siapkan adalah $349 atau Rp 4,9 juta ke atas.

Preplaced

Merupakan platform situs persiapan interview yang membuka peluang bagi para penggunanya untuk mengikuti kursus dan memperoleh mentor dari industri profesional. Kamu akan didampingi oleh pemberi interview yang berasal dari perusahaan besar dari seluruh dunia. Sebagai kandidat, kamu akan memberikan latar belakang, pengalaman, dan karier yang ingin dituju. Preplace akan memproses pencarian mentor yang terbaik serta mampu menyesuaikan kebutuhanmu. Setelah mendapatkan feedback, kandidat mampu meningkatkan persiapan sekaligus pola pikir baru sebelum interview yang nyata.

Terdapat tiga paket penawaran yang dapat dipilih, yaitu uji coba interview, sesi konsultasi, dan bundling persiapan interview. Sesi konsultasi dibanderol dengan harga $29 atau Rp 413 ribu dan latihan interview seharga $49 atau Rp 697 ribu.

Pramp

Situs ini membuka sesi belajar interview teknis secara gratis dan fleksibel bagi calon tenaga kerja teknik. Sesi interview yang akan kamu lakukan berbasis peer-interview, berbeda dengan layanan latihan berbayar. Meskipun demikian, kamu sudah bisa mendapatkan lingkungan yang kolaboratif dan kondusif ketika praktik secara online. Masing-masing dapat melemparkan pertanyaan serta memberikan feedback dalam jangka waktu 30 sampai 45 menit.

Beberapa tipe interview yang tersedia, antara lain product management, behavioral, system design, data science, front end, hingga data structures dan algoritma. Lewat feedback dari seorang peer, lakukan evaluasi dan tingkatkan kepercayaan untuk melampaui tahapan interview.

BACA JUGA: Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Data Science

Prepbunk

Situs ini membantu para pencari kerja dalam mempersiapkan interview coding dan design system. Interview akan dilakukan melalui Skype dengan feedback secara langsung setelah sesi pencobaan berakhir. Sebelum benar-benar melakukan latihan interview, pengguna baru berkesempatan mencoba 20 menit coba gratis. Selain melayani interview bersama profesional, kamu dapat menggunakan fitur self-assessment yang tidak menawarkan feedback.

Biaya yang ditawarkan juga cenderung terjangkau. Kebutuhan uji coba interview coding ditawarkan seharga $20 atau kisaran Rp 280 ribu. Sedangkan, interview system design dipatok dengan harga $25 atau sekitar Rp 350 ribu.

Itulah beberapa rekomendasi website untuk latihan interview yang bisa kamu coba. Beberapa dapat menunjang persiapan kamu di dunia kerja yang bersifat teknis. Namun, percobaan interview non-teknis dapat memberikan evaluasi dan perbaikan kerangka berpikir lebih kritis selama berkomunikasi dengan interviewer.

Artikel Rekomendasi