Belajar Full Stack Developer: Sumber Gratis & Berbayar

digitalskola

digitalskola

20 September 2021

belajar full stack developer
Emile Peron via Unsplash

Berdasarkan 2020 Developer Study dari Stack Overflow, setidaknya 50% developer mengidentifikasi dirinya sebagai Full Stack Developer profesional. Profesi ini memang mengalami perkembangan peluang yang terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga banyak orang mengincar berkarier di bidang ini. Namun, menjadi seorang Full Stack Developer tidak sesederhana menguasai pemrograman. Ada banyak keterampilan penunjang yang harus dikuasai agar dapat mengoptimalkan kemampuan saat terjun ke lapangan pekerjaan. Hal tersebut membuat rekomendasi sumber belajar full stack developer masih terus banyak dicari.

Seiring berkembangnya waktu, kamu sudah bisa memperoleh banyak sumber belajar melalui buku maupun internet. Semuanya dapat diakses secara gratis dan berbayar, tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing. Jika kamu masih bingung sumber belajar yang perlu dituju, ketahui daftarnya melalui penjelasan berikut ini.

Sumber Belajar Full Stack Developer Gratis

YouTube

Traversy Media

Channel YouTube ini menampilkan berbagai tutorial programming dan development secara online. Kamu dapat mempelajari berbagai teknologi web terbaru, seperti HTML, CSS, JavaScript. Selain itu, kamu dapat menemui berbagai pembelajaran soal front end, seperti Vue dan React. Sedangkan, video seputar back end terdiri dari Python, PHP, serta Node.js. Traversy Media merupakan salah satu rekomendasi sumber belajar karena telah membagikan ilmu-ilmu developer sejak 2009. Dalam memudahkan proses pembelajaran, setiap video telah dimasukkan ke dalam playlist topik-topik sesuai kebutuhanmu.

TechWorld with Nana

Kamu ingin belajar topik pembelajaran praktis yang sebenarnya rumit, namun dikemas lebih baik agar mudah dipahami? Cobalah untuk menonton dan mempraktikkan video tutorial dari TechWorld with Nana. Channel YouTube ini mengunggah video baru setiap minggu kedua dan dominan membahas seluk beluk DevOps. Beberapa topik yang akan kamu temui, terdiri dari Kubernetes, Docker, Python, Jenkins, Terraform, YAML, dan sebagainya. Nana, si pembawa acara, juga meliput video perbandingan mengenai berbagai layanan yang berguna bagi para developer.

BACA JUGA: Full Stack Developer Job Description yang Perlu Kamu Tahu

Clever Programmer

Salah satu pembuat konten YouTube hebat yang wajib kamu tahu sebagai Full Stack Developer adalah Clever Programmer. Kamu akan mempelajari bahasa pemrograman yang terkenal dipakai secara luas di seluruh dunia. Kunci utama dari pembelajaran melalui channel YouTube ini adalah tutorial contoh nyata dan pembahasan secara langsung. Terkadang, Clever Programmer membuat video selama 7 sampai 10 jam untuk mempraktikkan pembuatan tampilan antarmuka dari web populer, seperti Spotify, Instagram, Slack, dan lain-lain.

Web Dev Simplified

Melalui channel ini, kamu akan belajar berbagai teknik dan keterampilan web development melalui cara-cara praktis serta efisien. Terdapat berbagai pemilihan tools lengkap berdasarkan kebutuhan untuk mempelajari teknologi baru dan populer. Kamu juga berkesempatan mendalami topik advanced menggunakan praktik terbaik terbaru dari para praktisi berpengalaman. Channel ini juga mengusung slogan “From No Stack to Full Stack” untuk meningkatkan semangat belajar dari para penontonnya. Web Dev Simplified telah berkembang sejak 2018, namun sudah kaya akan wawasan berbobot bagi developer di luar sana.

The Coding Train

Melalui The Coding Train sebagai sumber belajar Full Stack Developer, kamu akan menikmati perjalanan menyenangkan dalam dunia coding. Dengan pembawaan yang kreatif, kamu jadi mudah memahami berbagai bahasa pemrograman, seperti JavaScript hingga seni algoritma. Selain itu, channel ini juga diperkaya dengan video menarik lainnya dengan topik machine learning, simulasi, sampai generative poetry. Mereka juga mengadakan sesi live secara teratur untuk membantu mengatasi masalah nyata mengenai coding dan meningkatkan skill di bidang-bidang pemrograman tertentu.

Buku

Modern Full Stack Development

Frank Zammetti sebagai penulis telah membangun dasar pengetahuan dan pengembangan secara kokoh ketika mengatasi pembangunan aplikasi secara nyata. Dengan penulisan yang mudah diikuti, kamu akan mendapatkan materi-materi berikut:

  • Memulai proyek kemudian menyusunnya secara logis
  • Membangun antarmuka memakai React dan Material-UI
  • Memanfaatkan WebSockets untuk berkomunikasi secara real-time antara server dengan klien
  • Membangun REST API menggunakan Node serta Express
  • Pemahaman kuat mengenai pembangunan aplikasi dengan React, Node.js, serta TypeScript

The Full Stack Developer

Buku ini ditulis oleh Chris Northwood yang memberikan wawasan lebih jauh seputar kemampuan teknis. Ada banyak pengetahuan dasar mengenai serangkaian keterampilan development yang lebih modern. Buku ini juga membantu menunjang pembangunan konsep dan prinsip terbaik dalam dunia Full Stack Developer. Berikut hal-hal yang akan kamu pelajari:

  • Menerjemahkan UX ke dalam kode
  • Merancang arsitektur sistem
  • Meninjau pola API, seperti SOAP, AJAX, dan REST
  • Pola desain front end yang perlu kamu ketahui
  • Teknik penyimpanan data, pertimbangan keamanan, penerapan, produksi, dan sebagainya

Hands-on Full Stack Development with Spring Boot 2 and React

Juha Hinkula akan menampilkan panduan komprehensif untuk membangun aplikasi full stack yang meliputi front end, server, manajemen data, dan keamanan web. Langkah-langkah yang ditunjukkan telah dirancang khusus mengikuti kondisi modern user. Berikut yang akan kamu hasilkan setelah membaca buku ini:

  • Membuat layanan web RESTful dengan Spring Boot
  • Memahami dasar-dasar dependency dan penggunaannya dalam pengembangan back end
  • Pemahaman pemakaian React untuk pemrograman front end
  • Menjelajahi UI Material libraries dalam menyusun interface yang ramah pengguna

BACA JUGA: Tren Full Stack Development di 2021

Podcast

Syntax

Podcast ini dipandu oleh para Full Stack Developer berpengalaman, yaitu Wes Bos dan Scott Tolinski. Berbagai pembahasan yang dibawakan mencakup topik pengembangan web, cara kerjanya, sekaligus diskusi seputar pengalaman mereka masing-masing. Akan dibahas pula framework JavaScript, mulai dari React sampai CSS dalam penggunaannya mengikut tren terkini serta penyederhanaan dalam teknologi web.

Full Stack Radio

Adam Wathan akan menemanimu belajar Full Stack Developer melalui Full Stack Radio. Ia telah menghasilkan karya-karya yang dapat kamu lihat berupa Laravel, Vue, serta desain web. Setiap pendengar pada setiap episode akan dikenalkan dengan proses desain hingga testing. Kamu akan belajar untuk mengenali dan mengatasi masalah nyata kemudian berproses untuk menyelesaikannya.

Front End Happy Hour

Podcast ini memberikan berbagai informasi sumber dan libraries terbaru, paling tidak seminggu terakhir di dunia developer. Front end adalah dasar yang diperlukan dalam setiap upaya pembangunan developer. Podcast mingguan bernama Front End Happy Hour mengundang bintang tamu pakar dari perusahaan-perusahaan besar yang akan membahas tren terbaru dalam pertumbuhan front end.

Berbagai sumber belajar Full Stack Developer di atas merupakan rekomendasi terbaik untuk memperkuat penguasaan skill dan wawasan dalam berkarier. Entah gratis maupun berbayar, seluruhnya dapat menyokong prinsip serta meningkatkan kemampuan kamu dalam memecahkan masalah developer di dunia nyata. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih banyak mengenai Full Stack Developer dengan bantuan bimbingan tutor dan kurikulum berbasis industri, kamu bisa belajar bersama Bootcamp Digital Skola.